3 Cara Merawat Kaos Kaki Supaya Tidak Cepat Rusak

0 325

3 Cara Merawat Kaos Kaki Supaya Tidak Cepat Rusak

Kaos kaki merupakan salah satu fashion yang berfungsi sebagai penghangat kaki, terutama saat musim hujan. Kaos kaki yang paling sering digunakan oleh pelajar, mahasiswa dan sebagian besar pekerja kantoran juga akan menambah kesan rapi pada pemakainya.

Tapi, meskipun kaos kaki memiliki fungsi yang penting bagi kaki, banyak orang yang kadang malas mencuci kaos kaki yang membuat fashion item ini lebih cepat melar. Untuk itu, kita perlu mencoba cara merawat kaos kaki agar tidak mudah rusak dan cepat melar.

Proses Pencucian

Cara merawat kaos kaki yang pertama agar kaos kaki tetap awet adalah gunakan air dingin saat mencuci kaos kaki. Karena penggunaan air dingin untuk mencuci kaos kaki bermanfaat untuk membuat kaos kaki tidak cepat melar dan kendor.

Sedangkan penggunaan air panas akan membuat kaos kaki cepat melar dan mudah rusak, meskipun air panas berfungsi mempercepat larutnya kotoran. Tetapi, semua bahan konveksi elastis lebih cocok menggunakan air dingin dalam proses pencuciannya.

Saat mencuci kaos kaki, hindari menggunakan sikat baju. Karena penggunaan sikat baju pada kaos kaki akan membuat kaos kaki lebih cepat melar, berbulu, dan berlubang. Cukup gunakan tangan untuk mengucek kaos kaki.

Mengucek kaos kaki dengan tangan adalah cara merawat kaos kaki yang sangat efektif agar kaos kaki tetap awet. Gunakan pula sabun cuci yang lembut dan jangan gunakan pemutih secara berlebihan. Pemutih pakaian akan menyebabkan kaos kaki mudah robek.

Proses Pengeringan dan Pemakaian

Dalam mengeringkan kaos kaki, hindari kaos kaki dari paparan sinar matahari secara langsung. Pilihlah tempat yang cukup teduh atau jika memungkinkan cukup keringkan kaos kaki dengan diangin-anginkan. Jangan biarkan kaos kaki terlalu lama di bawah sinar matahari.

Saat ingin memakai kaos kaki, jangan menariknya dengan kencang, gunakan kaos kaki dengan lembut dan perlahan-lahan. Cara merawat kaos kaki dengan pengeringan dan pemakaian yang baik akan membuat kaos kaki terhindar dari kondisi melar dan rusak.

Jika anda orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk merawat kaos kaki anda, solusi yang paling mudah adalah memiliki stok kaos kaki yang lebih atau banyak. Jadi, saat kaos kaki anda rusak atau melar, anda dapat menggunakan kaos kaki yang lainnya.

Selain itu, memiliki kaos kaki yang banyak dengan beragam warna akan mempermudah anda dalam menyelaraskan kaos kaki dengan pakaian yang akan anda gunakan. Penerapan cara merawat kaos kaki membuatnya dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Hati Hati 5 Cara Yang Salah Untuk Merawat Baju

Cara yang salah untuk merawat baju memang terdengar seperti hal yang sangat sepele. Namun siapa sangka masih banyak masyarakat yang sering melakukan kesalahan dalam merawat baju. Sehingga sudah seharusnya kita lebih berhati-hati dalam merawat baju agar baju lebih awet dan terjaga.

Apalagi sekarang ini kebanyakan orang menggunakan mesin cuci untuk melakukan kegiatan mencuci pakaian yang mana notabene pakaian akan lebih cepat rusak jika anda tidak bisa merawatnya. Dan berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam merawat baju yang sering dilakukan oleh masyarakat tanpa disadari.

Perhatikan Petunjuk Pencucian

Cara yang salah untuk merawat baju yang pertama yaitu anda tidak memperhatikan petunjuk perawatan pakaian yang tertera pada label atau merk baju. Padahal dalam petunjuk tersebut sudah tertera kandungan dalam pakaian serta cara merawat yang benar.

Seperti misalnya salah satu baju tidak seharusnya dikucek hanya perlu untuk direndam saja karena mengandung serat yang sangat halus, maka dari itu jika pakaian dengan jenis semacam itu dimasukkan ke dalam mesin cuci tentu akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Jangan Menggunakan Detergen Terlalu Banyak

Cara yang salah untuk merawat baju yang kedua yaitu menggunakan detergen yang terlalu banyak. Siapa sangka menggunakan detergen yang terlalu banyak ternyata memiliki pengaruh yang buruk terhadap pakaian. Kebanyakan orang berpikir dengan menggunakan detergen yang lebih banyak maka akan membuat pakaian menjadi lebih bersih.

Ternyata pemikiran yang semacam itu salah dan sebaiknya anda mengikuti petunjuk yang telah ditetapkan pada kemasan detergen. Untuk cara yang salah dalam merawat baju yang ketiga yaitu tidak memisahkan antara pakaian putih dengan yang warna atau bahan yang keras dengan bahan yang lembut.

Balik Pakaian Saat Menjemur

Cara yang salah untuk merawat baju yang keempat yaitu tidak membalik pakaian saat menjemur pakaian. Dengan membalik pakaian pada saat menjemur maka akan membuat kualitas warna dan bahan pakaian menjadi lebih awet.

Dan kesalahan dalam merawat baju yang selanjutnya yaitu salah dalam menyetrika pakaian. Maksudnya adalah tidak semua pakaian bisa disetrika menggunakan suhu yang panas sehingga anda harus berhati-hati saat menyetrika pakaian.

4 Tips Hilangkan Noda Tinta Pada Pakaian

Kita memang tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya tinta. Apalagi bagi kita yang sering melakukan kegiatan tulis menulis. Dan karena itulah noda tinta menjadi hal yang tidak bisa kita hindari. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda tinta pada pakaian dengan mudah dan tanpa menggunakan pemutih pakaian?

Berikut ini adalah 4 tips hilangkan noda tinta pada pakaian dengan mudah. Yang pertama yaitu anda tidak boleh menggosok-gosok noda tersebut. Karena jika anda menggosok-gosokkan noda tinta tersebut maka noda justru akan semakin menyebar pada pakaian anda. Jadi sebaiknya cukup ditepuk-tepuk saja.

Air Susu

Untuk tips hilangkan noda tinta pada pakaian yang kedua yaitu anda bisa memanfaatkan air susu. Air susu mengandung zat laktosa yang bisa meluruhkan noda tinta sedikit demi sedikit. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah.

Yaitu anda hanya perlu untuk merendam baju anda yang terkena noda tinta ke dalam air susu. Biarkan terendam selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya anda angkat dan kucek sebentar. Setelah itu anda rendam lagi ke dalam air susu yang baru lalu kemudian anda bisa cuci dengan air dingin. Dengan cara ini noda tinta anda sedikit demi sedikit akan berkurang.

Aceton

Dan tips hilangkan noda tinta pada pakaian yang ketiga yaitu dengan menggunakan aceton. Aceton ini merupakan cairan yang sering kita gunakan untuk menghilangkan cat kuku. Cara menggunakan aceton untuk menghilangkan noda tinta pada baju anda adalah dengan meneteskan cairan aceton secukupnya pada bagian baju anda yang terkena noda tinta lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit.

Jika noda tinta tersebut sangat kecil maka anda bisa menggunakan cotton bud yang telah diberi aceton lalu tinggal digosok-gosokkan saja. Selanjutnya anda bisa kucek bagian bernoda tersebut hingga bersih. Dan setelah itu anda bisa lanjutkan dengan mencuci menggunakan detergen seperti biasanya.

Hair Spray (Aerosol)

Dan untuk tips hilangkan noda tinta pada pakaian yang keempat yaitu anda bisa menggunakan cairan hairspray. Penggunaan hairspray ini bisa anda terapkan jika noda tinta tersebut sudah lama dan sudah membandel.

Caranya sangat mudah yaitu anda hanya tinggal menyemprotkan hairspray yang mengandung aerosol pada sebuah lap kering lalu anda tinggal menggosok-gosokkannya pada baju yang bernoda. Namun bisa saja zat aerosol ini meninggalkan residu pada pakaian anda.

Gambar Hari Ini:

Akuarium

3 Cara Merawat Kaos Kaki Supaya Tidak Cepat Rusak