Baca Nih Cara-Cara Mujarab Menghilangkan Bau Badan!

0 98

Baca Nih Cara-Cara Mujarab Menghilangkan Bau Badan!

Bau badan ga cuma ngurangin rasa pede, tapi juga bisa bikin reputasi kita turun di mata orang lain. Haduhh,, apalagi kalo si bau badan ini nyengat bhangat dan udah parah baunya! Meski udah mandi juga kadang tetep kecium baunya.

Sista pasti pernah ato mungkin sering kan ngalamin yang namanya bau badan? Hehehee…
Karena ga cuma cowok yang ngalamin bau badan, cewek juga suka banyak yang badannya kadang bau lho!

Bau badan itu disebabin sama keringet juga bakteri yang bercampur. Padahal, keringet itu ga nimbulin bau sebenernya. Keringet cuma bantu memperbanyak jumlah bakteri penyebab bau badan, makanya kalo orang keringetan rata-rata suka bau badan juga. Apalagi kalo aktivitas yang kita lakuin lagi banyak-banyaknya.

Biasanya buat ngatasin hal ini, banyak diantara kita sering pakai deodorant biar badan ga terlalu bau, khususnya pas lagi keringetan. Deodorant emang sekarang udah banyak bhangat jenis sama variannya, merknya juga macem-macem. Dan pastinya wangi-wangi dong, jadi bisa pilih sesuai selera.

Tapi sis deodorant yang dijual di pasaran itu kan udah banyak mengandung bahan kimianya, jadi kadang suka bikin kulit iritasi. Apalagi kalo ga cocok di kulit kita dan kulit emang sensitive. Jangan cepet kepincut sama iming-iming iklan yang nawarin hasilnya bisa putih mulus dan blablabla kayak model iklannya.

Karena itu mah biar produk mereka laku aja, tapi hasil nihil. Malah ketiak suka jadi hitam kalo keseringan pakai.

Emang sih deodorantnya harum, bisa ngatasin baunya karena keringet berlebih di ketek berkurang, dah gitu praktis juga bisa dibawa kemana-mana. Tapi efeknya itu yang ga bagus sis. Makanya mending beralih ke deodorant alami aja yuk, yang aman, efektif dan ga bakal bikin kulit ketiak iritasi. Cara-caranya sendiri ada perawatan dari luar dan dalemnya juga sis, yaitu:

Perawatan dari luar

1. Deodorant dari buah lengkeng

Selama ini mungkin sista pasti taunya kalo buah lengkeng itu buah yang enak dimakan dan juga mantap dijadiin campuran minuman. Padahal ternyata didalam lengkeng itu ada kandungan nutrisinya juga yang bermanfaat bhangat buat tubuh.

Dan salah satu manfaat penting buah lengkeng adalah bisa jadi bahan deodorant alami yang bisa ngejaga bau badan biar tetep seger, ga bau asem, dan ga berbau segak.

Cara bikin ramuan deodorant dari buah lengkeng ini juga gampang bhangat. Biji lengkeng dicampur sama cabe hitam secukupnya, ditumbuk sampai hancur, terus olesin ke ketiak. Lakuin perawatan ini tiap hari supaya bau badan ga sedap cepet hilang.

Dengan pakai deodorant dari buah lengkeng, sista ga perlu takut nanti baju pas bagian ketiaknya jadi kuning ato ada bekas-bekasnya. Karena deodorant alami ini sama sekali ga bakal ninggalin bekas ke baju kita.

2. Deodorant dari baking soda

Sifat basa di baking soda bisa ngilangin bau badan yang cenderung sifatnya asam, khususnya di bagian ketiak. Cara penggunaannya juga gampang, cukup dengan ngolesin baking soda sama beberepa tetes minyak esensial yang sista suka.

Terus olesin ke ketiak sebagai pengganti deodorant. Cara ini udah lama dipercaya ampuh buat ngilangin bau badan.

Perawatan dari dalam

Biasanya, perawatan dari luar cuma pakai deodorant aja ga cukup. Lebih bagus lagi harus didukung juga sama perawatan dari dalam biar hasilnya lebih efektif.

1. Ngonsumsi jamu kunyit asam

Jamu kunyit asam udah terkenal turun temurun dari dulu sebagai obat alami buat ngilangin bau badan, khususnya di kalangan orang-orang Jawa. Ga perlu bingung kalo emang ga ada tukang jamu yang jual di sekitar rumah. Karena sista bisa ngeracik jamu ini sendiri di rumah.

Caranya, siapin 1/2 kg kunyit, 1/4 gula jawa, 1/2 kg asam jawa, sama 1 sendok teh garam. Parut kunyit terus ambil sarinya, rebus perasan kunyit, tambahin asam, gula jawa, dan garam. Aduk sampai rata terus masak sampai mendidih.

Setelah itu, minum ramuan kunyit asam ini seenggaknya sehari sekali. Kalo masih ada sisa, bisa disimpen di lemari es dan diminum besoknya.

2. Ngonsumsi buah sawo kecik

Kalo sista udah lakuin berbagai usaha buat ngilangin bau badan mulai dari mandi sampai sering pakai deodorant, tapi hasilnya tetep nihil. Coba deh rutin ngonsumsi buah sawo kecik ato sawo Jawa. Karena buah yang satu ini punya khasiat yang bisa bikin tubuh harum alami.

Selain itu, keringet, nafas bahkan air kencing orang yang rutin makan buah ini juga bisa harum lho! Makanya ga aneh kalo putri-putri keraton zaman dulu suka bhangat makan buah sawo kecik.

3. Ngonsumsi buah burahol

Buah burahol ato sering disebut buah kepel, merupakan salah satu tanaman khas Jawa yang terkenal juga di kalangan putri keraton karena khasiatnya yang baik bhangat buat kecantikan. Dan salah satu khasiatnya itu adalah nyegerin bau badan.

Buah burahol mengandung banyak antioksidan yang bakal bikin kulit jadi tetep awet muda, dan selalu seger. Burahol ini juga baunya harum bhangat. Beberapa pendapat bilang kalo harumnya mirip sama bunga mawar yang dicampur sawo. Dan keharuman inilah yang biasanya bakal keluar dari tubuh setelah sista ngonsumsi buah ini.

Cuma sayang, sekarang udah jarang bhangat ditemuin buah burahol. Salah satu penyebabnya adalah karena dulunya buah ini dianggap sebagai buah keraton, jadi masyarakat awam ga berani nanam buah ini. Kalo sekarang orang males nanamnya karena dianggap ga bisa ngasih nilai ekonomis yang tinggi.

4. Ngonsumsi daun kemangi

Daun kemangi kaya akan kandungan minyak atsiri dan bahan antiseptiknya yang bisa bantu ngilangin bau badan. Caranya gampang bhangat, sista tinggal rajin konsumsi daun kemangi sebagai lalapan pas makan. Daun kemangi ini cocok juga dikonsumsi sama wanita yang lagi datang bulan, karena daun kemangi efektif buat ngurangin bau kurang sedap di area kewanitaan.

Oke sis, itulah beberapa cara ngilangin bau badan alami. Biar hasil lebih optimal, usahain mandi teratur minimal 2x sehari, pagi sama sore dan pakai pakaian yang bisa nyerep keringet juga biar bau badan berkurang.

Gambar Hari Ini:

Jembatan Dan Terowongan

Baca Nih Cara-Cara Mujarab Menghilangkan Bau Badan!

Sumber: @kimdaoblog

Baca Nih Cara-Cara Mujarab Menghilangkan Bau Badan!