Bahaya Gak Sih Kalo Si Kecil Minta Pelihara Hewan?

0 73

peliharaan

Bunda, aku pengen kucing dong!

Nah, kira-kira kalo denger anak bilang gitu reaksi Bunda gimana? Haduh, apalagi si Dede minta kucing lagi! Udah ketebak deh apa yang pertama kali muncul di benak Bunda ketika anaknya minta itu.

Pelihara hewan? Alamak nanti anak gw takut dicakar, ketularan penyakit, bulunya, kotorannya, air liurnya. No, enggak deh!

Bunda yang ga biasa perlihara hewan awalnya pasti bakal langsung nolak mentah-mentah keinginan anaknya kalo minta itu. Padahal sebenernya pelihara hewan itu ga bahaya lho Bun. Justru bagus, karena bisa ngelatih otak dan cara berpikir si kecil.

Mau apapun itu jenis hewan peliharaannya asalkan kita sebagai orang tua pinter-pinter ngurusnya, gak bakalan bahaya kok.

Masih gak percaya? Mending simak langsung aja deh manfaat-manfaat positifnya apa aja buat si kecil.

1. Mendorong interaksi anak

Selain faktor genetik dan gizi, kecerdasan anak juga didorong sama interaksi yang bagus. Meski Ayah dan Bundanya udah sukses dalam karir ataupun kehidupannya, kecerdasan anak itu gak akan nurun gitu aja kalo dari kecil si anak gak distimulus dengan kegiatan-kegiatan yang interaktif.

Maka dari itu nih, kalo anak ngerengek minta hewan peliharaan, gak ada salahnya kok kalo kita turutin. Karena si hewan peliharaan bisa ngebantu anak biar belajar berkomunikasi dan berinteraksi sama lingkungan.

Lebih baik lagi jika hewan itu dari hasil adopsi (nemu di lingkungan sekitar) bukan beli dari toko hewan. Karena hewan yang di adopsi awalnya ga akan terlalu bagus. Nah, anak akan terdorong untuk membuat hewan perliharaannya menjadi lebih bagus dan terawat dari waktu di adopsi. Jadi ada percapaian yang membuat anak punya target tertentu.

2. Belajar bertanggung jawab

Si kecil perlahan-lahan bakalan mau belajar bertanggung jawab sama hewan peliharaannya, misal mau mandiin, ngasih makan, bersihin kandang, dan ngajak main. Hal ini otomatis secara gak langsung buat ia peduli sama makhluk hidup dan ngerasa bertanggung jawab ngurusin hewan peliharaannya.

3. Sikap empati dan kasih sayang

Pelihara hewan ini pastinya ngajarin anak jadi punya rasa empati dan kasih sayang yang tinggi. Hewan kan juga makhluk hidup yang punya perasaan dan bisa ngerasain sakit, lapar, haus, seneng ataupun sedih.

Liat dari tingkah laku si hewan peliharaannya itu, anak bakalan belajar mahamin gimana harusnya bersikap empati dan kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup. Berguna banget kan Bun buat persiapin mental anak yang nantinya bakal bergaul di sekolah dan di masyarakat?

4. Si kecil bakalan lebih aktif

Selain numbuhin rasa empati dan kasih sayang, pelihara hewan bisa bikin anak jadi lebih aktif ketimbang anak kebanyakan maen games, gadget ataupun nonton tv. Dan faktanya menurut para ahli, anak yang punya hewan peliharaan itu lebih banyak terhindar dari obesitas alias kegemukan. Mungkin bisa jadi karena mereka lebih aktif dan gak banyak diem kali yah makanya jadi sehat.

5. Belajar sabar

Anak bakalan dilatih biar lebih sabar waktu ngerawat hewan peliharaannya. Karena pasti kan namanya hewan tingkahnya itu ga kayak manusia yang masih bisa dikendaliin. Contohnya waktu hewan buang pup atau pipis sembarangan, anak bisa belajar sabar bantu bersihin.

6. Belajar disiplin jaga kebersihan

Si kecil harus diajarin cara ngerawat hewan peliharaannya sebelum Bunda mau kasih dia hewan peliharaan. Contoh kalo kandang udah mulai keliatan kotor dan bau harus cepet-cepet dibersihin, gimana cara mandiin hewan, dan hewan harus rutin dikasih makan supaya tetep hidup.

Kalo anak dah biasa dan faham, nantinya dia bakalan ngerti sendiri kalo ternyata kesehatan dan kebersihan itu penting banget baik buat hewan kesayangannya maupun buat dia sendiri.

Maka dari itu Bun, gak perlu khawatir lagi yah kalo emang mau kasih hewan peliharaan buat si Dede. Yang penting kitanya harus rajin ngawasin. Dan satu lagi, jangan lupa rajin kontrol si hewan juga ke dokter biar semua tetep sehat.

Gambar Hari Ini:

Hewan Lucu Gemesin

Bahaya Gak Sih Kalo Si Kecil Minta Pelihara Hewan?