Bedak Dingin, Solusi Perawatan Kecantikan Tradisional Paling Aman

0 209

Bedak Dingin, Solusi Perawatan Kecantikan Tradisional Paling Aman

Dengan makin banyaknya produk kecantikan modern yang muncul sekarang ini, bikin sebagian wanita jarang banget yang ngelirik produk perawatan kecantikan tradisional. Padahal, produk perawatan kecantikan tradisional itu jauh lebih aman dan bagus dari produk kecantikan modern. Dan salah satu produk tradisional itu adalah bedak dingin.

Tau ga sis, bedak dingin ternyata udah dipakai sama kaum wanita buat ngerawat dan nyejukkin kulit wajah dari dulu lho! Bahkan bedak tradisional ini juga bisa ngatasin berbagai masalah kulit, kayak kulit kusam dan jerawat. Makanya, wanita dulu itu rata-rata kulitnya pada mulus-mulus dan putih alami dibanding wanita zaman sekarang.

Oia, sista perlu tau nih, bedak dingin itu beda sama bedak yang sering kita pakai buat ngerias wajah. Jadi jangan sampai dipaduin sama make up. Bedak dingin itu persisnya kayak masker wajah. Bahan-bahannya sendiri juga tradisional alias alami sis, jadi ga usah khawatir mikirin efek sampingnya. Bahan-bahan bedak dingiin tradisional terdiri dari beras, bengkoang, ditambah juga bunga-bungaan buat pengharumnya.

Buat dapetin bedak dingin ini juga gampang kok, sista bisa bikin sendiri dirumah, ato beli di toko-toko kecantikan. Tapi.. lebih aman sih mending bikin sendiri aja ya di rumah. Dan sebelum coba perawatan pakai bedak dingin, alangkah baiknya sista harus tau dulu tentang apa aja detail khasiat bedak dingin dibawah ini. Nanti ada penjelasan cara bikinnya juga kok.

Oke, langsung aja yuk!

Khasiat bedak dingin

– Ngejaga kelembapan dan bisa ngehalusin kulit. Beras yang merupakan bahan utama dalam pembuatan bedak dingin ini mengandung segudang nutrisi buat kulit. Salah satunya yaitu vitamin B dan thiamin yang mampu ngejaga kesegaran dan kelembapan kulit wajah.

Selain itu, penggunaan bedak dingin bakal ngasih efek sejuk ke wajah, apalagi kalo sista abis beraktivitas seharian di luar rumah dan abis panas-panasan. Dengan pakai bedak dingin, wajah jadi sueger benerr deh! Kalo penggunaannya rutin, wajah bakal keliatan lebih cerah dan sehat alami dibanding kalo pakai masker ato bedak wajah yang diproses secara kimia.

– Ngilangin jerawat. Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah ukuran lobang pori-pori yang gede. Jadi bekas make up ato debu gampang masuk ke dalam pori-pori wajah dan ngakibatin timbulnya jerawat. Dengan rutin pakai bedak dingin, pori-pori wajah yang ukurannya guede itu dijamin bakal ngecilin. Selain itu, bedak dingin juga bisa bantu proses penyembuhan jerawat yang udah terlanjur muncul dan ngilangin bekasnya.

– Anti penuaan dini. Kayak yang udah dijelasin tadi di poin pertama, bedak dingin itu bisa ngejaga kelembapan kulit. Kalo kulit lembap, otomatis kulit ga bakal kering dan garis-garis halus yang jadi salah satu tanda penuaan dini juga ga bakal muncul. Bedak dingin juga bisa ngebantu proses regenerasi sel-sel kulit mati dan ngilangin sel-sel mati yang numpuk di kulit wajah.

– Penyembuhan ruam dan demam di bayi. Ga cuma bermanfaat buat ngejaga kecantikan kulit orang dewasa, bedak dingin juga ternyata ampuh nyembuhin berbagai penyakit yang nyerang bayi. Misalnya, ruam di kulit, demam, dan ngilangin bekas luka akibat campak.

Kalo bayi kena panas tinggi, jidatnya cukup olesin aja pakai bedak dingin biar bisa ngasih efek sejuk dan panas pun jadi cepet reda. Sedangkan buat ngilangin bekas ruam dan luka, rutin aja olesin bedak dingin ke area kulit yang kena ruam dan bekas luka itu sampai bekasnya pudar.

Tips pembuatan bedak dingin

– Persiapan alat dan bahan

Alat dan bahan yang dipakai adalah blender, mangkok ato cobek, parutan, saringan, beras organic, buah bengkoang, air dan pewangi alami kayak kuntum bunga mawar, bunga kenanga, ato bunga melati.

– Pembuatan sari pati bengkoang

Bengkoang 1 buah aja dicuci bersih, terus dihalusin pakai parutan ato blender. Selanjutnya, hasil parutan dicampur sama air dan diaduk rata. Remes-remes campuran bahan tadi sampai semua sari bengkoangnya keluar, saring pakai saringan. Terakhir, diemin sekitar 30 menitan biar sari patinya bener-bener ngendap dan halus.

– Pembuatan tepung beras

Campur 2 genggam beras organic sama air terus rendem minimal semaleman. Biar hasilnya lebih lunak, rendem 3 malem. Setelah itu, beras ditirisin dan dihalusin pakai cobek ato blender. Saring pakai saringan biar tepung beras jadi halus.

– Pembuatan bedak dingin

Campur sari pati bengkoang, tepung beras, sama campuran bunga sebagai pengharum. Aduk sampai rata. Kalo semua bahan udah keaduk merata, pastiin adonan udah kayak pasta supaya gampang dibentuk. Terus bentuk adonan jadi bulat-bulat, keringin secara alami pakai cahaya matahari ato cukup diangin-anginin aja.

Tapi kalo sista ga mo repot-repot bikin bedak dingin pakai bahan-bahan tradisional tadi. Sista bisa beli bedak dingin instan yang udah banyak beredar dijual di pasaran. Bentuknya biasanya berupa butiran-butiran putih.

Cara penggunaan bedak dingin

Bulatan bedak dingin dicampurin sama air secukupnya, terus aduk sampai rata. Aplikasiin ke wajah, tangan ato kaki. Diemin 30 menit, bilas pakai air bersih.

Gimana sis tertarik coba perawatan tradisional bedak dingin ini? Selamat mencoba ya…

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Bedak Dingin, Solusi Perawatan Kecantikan Tradisional Paling Aman

Anjing Tidur

Bedak Dingin, Solusi Perawatan Kecantikan Tradisional Paling Aman