Bingung Cara Ngobatin Stretch Mark? Ikuti Cara-cara Ampuh Ini!

0 134

Bingung Cara Ngobatin Stretch Mark? Ikuti Cara-cara Ampuh Ini!

[dropcap]P[/dropcap]unya kulit yang mulus emang bagi rata-rata para kaum perempuan itu susah banget. Kadang kondisi yang ga diharepin datang dan bikin kulit jadi ga semulus dulu. Salah satu masalah kulit yang paling dibenci adalah stretch mark.

Sista udah pada tau dong pasti apa itu stretch mark?

Yup, stretch mark adalah guratan-gutan atau garis-garis putih kemerahan yang bisa muncul di bagian tubuh tertentu, yang panjangnya mulai dari millimeter sampe belasan centimeter. Persis kayak bekas garukan ato cakaran kuku gitu.

Stretch mark ini bisa muncul akibat elasitisitas ato peregangan kulit yang udah ngelewatin batasnya. Makanya deh jadi muncul kayak guratan-guratan gitu.

Emmm misalnya kayak kalo sista lagi niup balon sampe gede banget dan hampir meletus. Sebelum meletus, balon dikempesin terus perhatiin deh apa yang bakal terjadi. Balonnya jadi ga mulus lagi kayak sebelumnya kan? Nah, kayak gitu lah gambaran stretch mark muncul di kulit kita.

Stretch mark sama kayak selulit ga sih?

Jelas beda dong, meski banyak yang beranggapan kalo stretch mark sama selulit itu sama. Tapi padahal sebenernya beda loh! Selulit itu bagian kulit yang ngalamin kelebihan lemak. Terus perbedaan keduanya adalah dari segi warna guratannya.

Guratan stretch mark agak putih kemerahan, kalo selulit warna guratannya hampir kayak warna kulit sista.

Stretch mark biasanya sering muncul di kulit ibu pasca lahiran. Tapi itu wajar banget, karena kulit ibu hamil bakal ngalamin banyak peregangan. Jadi, pas abis lahiran ga aneh kalo di kulitnya muncul guratan-guratan putih kemerahan.

Sebenernya, stretch mark juga ga cuma muncul di kulit ibu-ibu hamil. Anak-anak remaja sama orang dewasa juga bisa ngalamin masalah stretch mark. Di kulit anak remaja katanya sih bisa ilang sendiri, mungkin karena si kulit masih muda juga kali ya! Tapi kalo di kulit orang dewasa perlu diobatin sesegera mungkin.

Penyebab stretch mark:

– Peregangan berlebih di kulit (ibu hamil)
– Banyak mengkonsumsi obat yang tinggi steroid
– Kurang vitamin A, E, C
– Efek gemuk tiba-tiba, sama kurus tiba-tiba
– Terlalu banyak makan makanan berkalori sama tinggi lemak
– Luka di kulit yang bikin kulit mati ato ga tumbuh

Cara ngilangin Stretch Mark

Cara ngilangin stretch mark bisa secara langsung dan ga langsung. Secara langsung adalah dengan ngehindarin makanan yang kalori sama lemaknya tinggi, ngerubah gaya hidup sehat, ngehindarin ngerokok, asupan gizi yang bagus, dll. Dan secara ga langsungnya bisa dengan rutin olahraga supaya kulit jadi lebih kenceng alami.

Secara medis, stretch mark bisa diobatin dengan krim dan salep, meski krim sama salep ini sebenernya ga bisa ngilangin, tapi cuma buat nyamarin warna guratannya aja. Terus kalo sista punya budget lebih dan stretch marknya pengen cepet ilang, bisa dengan terapi laser.

Tapi, ada juga nih sis cara ngobatin stretch mark yang alami, sederhana, aman dan gampang banget meski waktunya lama. Insya Allah lebih aman dan mumer. Hehee.. asal sista rutin dan telaten hasilnya pasti maksimal.

1. Banyak Minum Air Putih

Tiap hari usahain minum air sebanyak mungkin, ya minimal 8-10 gelas supaya elastisitas kulit ga menurun.

2. Kopi

Kopi dipercaya ampuh bisa ngilangin stretch mark terutama di area perut sama paha. Biar lebih berkhasiat, kopinya jangan yang udah diseduh, jangan kopi manis ato kopi yang udah dicampur sama bahan-bahan tertentu. Baiknya gunain bijih kopi yang udah dihalusin dan masih alami.

Caranya gampang, kopi dicampur sama air hangat sampe berbentuk krim atau pasta, terus olesin secara rutin di bagian guratan stretch mark.

3. Bubuk Cokelat

Cokelat juga dipercaya mujarab banget nih sis buat ngatasin masalah stretch mark. Karena cokelat kaya akan kolagen dimana kolagen ini bisa ngilangin stretch mark di perut dan paha sista. Cokelat dimanfaatin dengan dibikin masker dan pakenya juga harus rutin.

Cara bikinnya, pertama siapin bubuk cokelat tawar (ga ada tambahan pemanis), cokelat diaduk sama air dingin sampe jadi kayak pasta. Jangan terlalu cair tapi ya sis! Terakhir, olesin masker cokelat ke kulit sista yang ada stretch marknya dan diemin sekitar 15-30 menit. Terus bilas deh.

4. Cocoa Butter

Cocoa butter ini adalah sejenis lemak dari pohon kakao. Produsen kosmetik udah banyak yang manfaatin cocoa butter buat campuran bahan produk kecantikan kulit, contohnya sun block sama lotion. Olesin cocoa butter ke stretch mark di bagian perut sama paha tiap sebelum tidur dan pas bangun tidur minimal 2x sehari.

kecantikan kulit

5. Minyak Jarak

Minyak jarak dari dulu dipercaya bisa bikin kulit jadi awet muda, ngilangin keriput, dan mencegah penuaan dini karena kandungan kolagennya emang cukup tinggi. Selain beberapa khasiat tadi, minyak jarak juga berkhasiat buat atasin stretch mark. Caranya, olesin minyak secara merata ke semua bagian kulit yang kena stretch mark selama 30 menit tiap hari.

6. Putih Telur

Ambil telur, terserah sista mo pake telur ayam kampung ato bebek. Pecahin telur dan pisahin kuning sama putihnya, terus dikocok sampe berbuih. Olesin telur secara merata ke stretch mark selama ± 30 menit. Bilas sampe bersih pake air hangat.

7. Kentang

Kentang banyak banget manfaatnya buat kecantikan kulit, salah satunya buat ngatasin stretch mark di bagian kulit paha, perut dll. Caranya, kentang diiris tebel-tebel terus disebarin merata ke area stretch mark, ato bisa juga dibikin jadi masker.

8. Aloe vera (lidah buaya)

Lidah buaya selain bagus buat ngejaga kesehatan rambut juga ampuh buat ngatasin stretch mark. Caranya, olesin gel lidah buaya ke stretch mark, diemin sekitar 10-45 menit, terus dibilas air.

9. Lemon

Kandungan vitamin C di lemon dipercaya juga baik buat ngoptimalin produksi kolagen dan meregenerasi sel-sel kulit baru. Jadi, mujarab banget buat ngilangin stretch mark. Caranya, belah 1 buah lemon segar, olesin belahan lemon tadi ke bagian stretch mark sista sampe merata. Diemin sampe kering dan meresap sekitar 30 menitan. Terus bilas pake air hangat.

10. Olive oil (minyak zaitun)

Kandungan nutrisi vitamin A, D, E di minyak zaitun dipercaya ampuh ngatasin stretch mark membandel di bagian paha. Caranya, siapin minyak zaitun secukupnya, olesin setelah mandi 30 menitan aja. Olesan tadi bisa sambil dipijet di kulit biar lebih meresap, dan terakhir bilas pake air hangat.

11. Gula

Gula bisa dijadiin bahan scrub alami buat ngatasin kulit kasar. Di dunia kecantikan, penggunaan gula sebagai scrub ini sering disebut exfoliasi. Supaya hasilnya maksimal, campurin gula sama mad uterus gosokkin secara perlahan ke bagian stretch mark sehabis mandi.

Ada juga sedikit tips nih sis buat mencegah stretch mark biar ga datang lagi, yakni:

1. Jangan mengkonsumsi obat-obatan steroid dalam jangka panjang.
2. Selalu kontrol berat badan, jangan sampe naik ato turun secara drastis.
3. Hindarin pertumbuhan otot secara berlebih di bagian tubuh.
4. Kalo lagi hamil, sista sebaiknya pake stagen di bagian bawah perut buat nyokong janin dan mencegah munculnya stretch mark di bagian perut.
5. Terapin program diet sehat, konsumsi makanan bergizi, dan rajin-rajin olahraga teratur tiap harinya.

Itulah beberapa tips-tips cara ngilangin stretch mark yang bisa sista cobain sendiri di rumah. Praktis banget bukan sis? Semoga bisa membantu ya.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Di Tengah Hutan

Bingung Cara Ngobatin Stretch Mark? Ikuti Cara-cara Ampuh Ini!