Bingung Milih Pembalut Menstruasi Yang Aman dan Sehat? Cobain Tips-Tipsnya Ini Deh!

0 156

Bingung Milih Pembalut Menstruasi Yang Aman dan Sehat? Cobain Tips-Tipsnya Ini Deh!

Tau ga sis? Ternyata beberapa pembalut menstruasi yang sering kita beli di pasaran itu bahaya loh! Kenapa bahaya? Karena pembalut-pembalut ini diklaim mengandung zat klorin yang kadarnya udah ngelewatin batas normal. Kalo pembalut ini dipakai terus dalam jangka panjang, kesehatan kita nanti bisa keganggu.

Haduh serem ya! Udah dari dulu lagi kan kita sering pakai pembalut. 🙂

Pada dasarnya semua produk pembalut wanita itu harus bersih dan ga mengandung zat berbahaya. Yaialah pastinya dong ya sis! Karena pembalut itu kan kontak langsung sama area intim kewanitaan kita yang harusnya selalu bersih dan sehat.

Adapun ciri-ciri pembalut yang baik, yaitu bersih, ga mengandung zat asing, ga nimbulin iritasi ato alergi, ga berbau, pH nya netral dan juga lembut. Daya serap sebuah pembalut yang bagus adalah 10x lipat dari dari berat pembalut. Kalo hal ini ga sesuai, bisa dipastiin deh kalo si pembalut jelas out ospec banget alias ga menuhin standar.

Kurangnya wawasan kaum wanita soal pembalut emang cukup prihatin banget. Kebanyakan dari kita ini suka ngasal beli pembalut tanpa tau macem sama jenisnya dulu. Apalagi para remaja putri kadang suka nyepelein kualitas pembalut yang mereka pakai. Yang penting murah dan nyaman, pasti laris manis deh dibeli.

Terus para kaum wanita juga kadang lebih suka milih pembalut yang menarik baik dari segi bentuk atopun wadahnya. Apalagi kalo ada embel-embel beli 2 gratis 1. Beuhh cepet abis deh tuh pasti.

Memutihkan Selangkangan Secara Alami dan Aman

Boleh Ga Sih Pembalut Itu Berwarna Selain Putih?

Soal warna, selain putih sebenernya masih dibolehin. Tapi cuma sebagai ciri pembalutnya aja ya sis. Ga buat bahan utamanya yang langsung kontak sama daerah intim kita. Jangan lupa, perhatiin juga tanggal expired pembalut di kemasannya. Kalo ga ada tanggal expirednya, mending ga usah dibeli.

Apa Fungsi Zat Klorin Di Pembalut?

Zat klorin atau dioksin adalah zat yang umum dipakai didalem proses awal pemutihan pembalut. Kenapa pembalut harus diputihin? Karena pembalut itu terbuat dari bahan olahan campuran kapas sama rayon, dimana dalam proses pencampuran ini nantinya bakal ngehasilin bahan jadi yang berwarna jelek kecoklatan. Makanya dipakailah deh zat klorin buat mutihinnya.

Seenggaknya ada dua jenis proses pemutihan didalem pembalut, yaitu proses pemakaian klorin buat mutihin dan proses bebas klorin buat mutihin juga. Proses bebas klorin buat mutihin terbagi lagi jadi dua proses, diantaranya Elemental Chlorine-Free (pakai klorin dengan kadar rendah) dan Totaly Free Chlorine Bleaching (ga pakai klorin sama sekali).

Di Amerika, standar kandungan klorin didalem pembalut yang dibolehin adalah yang Elemental Chlorine-Free, dimana masih mengandung klorin Cuma dengan kadar rendah sekitar 0,1-1 triliun dioksin klorin.

Apakah Standar Di Indonesia Juga Sama?

Jawabannya, belum jelas. Karena sampai saat ini belum ada kepastian soal standar pemakaian klorin didalem produk pembalut di Indonesia. Tapi kayaknya BPOM udah punya kriteria tertentu dalam ngenilai pembalut mana yang aman dan mana yang bahaya.

Terus karena ga adanya ambang batas ato standar kandungan klorin didalem pembalut. YLKI (Yayasan lembaga keamanan konsumen indonesia) sama pemerintah jadi berselisih tegang ngebahas soal keamanan pembalut.

Tips Milih Pembalut yang Aman

– Pilih pembalut yang cocok. Cocok disini artinya ga nimbulin gatel-gatel bahkan iritasi.
– Pilih pembalut yang lembut dengan daya serap tinggi.
– Hindarin pembalut yang mengandung parfum ato bahan pewangi.
– Pakai pembalut sekali pakai. Jangan dicuci terus dipakai lagi.
– Ganti pembalut tiap 2-3 jam sekali, ato sesuaikan sama banyaknya volume darah yang keluar.
– Jangan pilih pembalut murah. Yang penting itu berkualitas.
– Kalo terjadi iritasi ato gatel-gatel di area mis V setelah pakai pembalut. Coba beralih ke merk pembalut lain.

Selain beberapa tips diatas, kita juga bisa ngelakuin beberapa tes berikut buat ngukur tingkat keamanan pembalut yang dipakai.

1. Tes Daya Serap Pembalut

Caranya:

– Masukkin air sekitar 35 – 50 ml ke permukaan pembalut.
– Diemin beberapa saat. Teken selembar tisu kering ke permukaan pembalut tersebut. Usahain teken agak kuat, kayak pas pembalut yang dipakai kita dudukin.
– Perhatiin apa yang terjadi? Kalo tisunya basah, itu tandanya daya serap pembalut kurang dan baiknya jangan pakai pembalut kayak gitu. Karena kalo permukaan pembalut daya serapnya minim, maka kelembapan miss V bakal keganggu. Kalo kita pakai terus-terusan, nanti bakteri bakal tumbuh makin banyak di area intim kita.

2. Tes Kualitas & Kandungan Berbahaya Didalem Pembalut

Caranya:

– Siapin 1/2 gelas air putih, usahain pakai gelas kaca yang bening supaya proses tesnya keliatan. Siapin batang pengaduk, bisa pakai sumpit ato batang sendok.
– Sobek pembalut dan ambil bagian dalem pembalut yang berupa kapas ato bahan penyerap. Masukkin kapas ato bahan penyerap yang udah diambil sebagian ke dalem gelas yang berisi air.
– Coba perhatiin apa yang terjadi? Apa kapas ato bahan penyerapnya hancur kayak kertas ato cuma airnya aja yang keruh? Kalo hancur kayak kertas berarti bahan pembalutnya kurang berkualitas dan kalo airnya keruh, artinya bahan pembalut tersebut mengandung bahan berbahay, misalnya pewarna klorin.

Demikian uraian soal tips-tips milih pembalut yang aman dan sehat. Tetep hati-hati ya sis, jangan sampai asal pakai pembalut abal-abal yang ga jelas merk sama komposisinya. Kalo bisa mending pakai menspad kain yang bisa cuci ulang aja supaya lebih aman.

Semoga bermanfaat tips-tipsnya

Gambar Hari Ini:

Mobil Kecelakaan 1921

Bingung Milih Pembalut Menstruasi Yang Aman dan Sehat? Cobain Tips-Tipsnya Ini Deh!

Bingung Milih Pembalut Menstruasi Yang Aman dan Sehat? Cobain Tips-Tipsnya Ini Deh!

Sumber: @kimdaoblog