Bukan Cuma Buat Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Juga Berkhasiat Buat Kecantikan Lho!

0 91

Bukan Cuma Buat Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Juga Berkhasiat Buat Kecantikan Lho!

Sista tahu kan kayu manis?

Tau ga sih, selain dimanfaatin buat nambah rasa didalam berbagai macam hidangan, ternyata manfaatnya banyak juga lho buat kecantikan, khususnya wajah dan kulit. Tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia, Sri Lanka, India, dan di beberapa negara Asia lainnya ini emang faktanya udah dimanfaatin dari dulu buat kecantikan dan kesehatan. Kayu manis buat kecantikan biasanya dibuat dalam bentuk bubuk, masker, minyak, dll.

Ramuan kayu manis ini ampuh buat ngatasin masalah kulit wajah, kayak jerawat, eksim, dan berbagai infeksi kulit lainnya. Sedangkan minyak esensialnya biasanya dipakai buat aromatherapy, minyak pijat buat nyembuhin nyeri sendi, arthritis, dan penyakit lain.

Berikut ini khasiat kayu manis buat perawatan kulit.

– Mencegah penuaan dini

Manfaat kayu manis buat kecantikan adalah bisa mencegah penuaan dini. Kayu manis bisa ngilangin garis-garis halus di area wajah dan bisa bikin wajah keliatan lebih muda. Cara buat dapetin khasiat ini adalah campur 2 sendok makan minyak zaitun dan 3 tetes minyak esensial dari kayu manis sebagai olesan kulit. Dijamin kulit wajah bakal kehindar dari keriput deh coba!

– Ngebersihin kulit kepala

Khasiat kedua kayu manis buat kecantikan yaitu bisa ngebersihin kulit kepala. Caranya:

– Campur semua bahan, yaitu 1 sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok makan madu, dan 1/4 sendok teh minyak zaitun sampai rata.
– Oles campuran ini ke kulit kepala dengan pijatan lembut. Biarin sekitar 15 menitan sampai sedikit kering.
– Bilas kepala pakai air bersih.

Kayu manis ini bisa ngilangin sel-sel kulit mati di kepala, ngerangsang pertumbuhan, dan ngasih nutrisi buat folikel rambut.

– Ngatasin eksim

Eksim adalah kondisi yang nyebabin iritasi dan peradangan kulit. Meskipun penyebab utamanya belom pasti apa, tapi umumnya penyebab eksim itu adalah iritasi dan alergi. Gangguan ini bisa ngeganggu penampilan kita banget karena ga jarang bisa ninggalin bercak-bercak di kulit.

Caranya, buat pasta dari campuran 1 sendok teh madu sama 1 sendok teh kayu manis. Olesin pasta ini di kulit yang kena eksim. Tapi hati-hati ya sis biar ga iritasi.

– Ngurangin jerawat

Khasiat kayu manis emang bisa ngatasin masalah jerawat di wajah. Jerawat ini merupakan suatu hal yang paling ditakutin, terutama sama sebagian besar kaum wanita. Caranya:

– Campur 3 sendok makan madu dan 1 sendok makan kayu manis bubuk.
– Setelah itu, olesin ke wajah yang ada jerawatnya. Tunggu kurang lebih sekitar 30 menitan.
– Bersihin wajah pakai air hangat.

Kayu manis selain bisa dipakai buat ngeremajain kulit dan ngilangin jerawat, bisa juga dipakai buat ngerangsang darah dan oksigen ke permukaan kulit. Tapi disaranin pasta kayu manis ini jangan dipakai terlalu sering karena kulit nantinya bisa iritasi.

– Sebagai antiseptic

Kayu manis punya sifat antiseptic yang bisa mencegah terjadinya peradangan dan infeksi kulit, karena bisa ngebunuh berbagai macam bakteri. Minyak ato ekstrak kayu manis juga dipercaya berguna sebagai obat efektif buat ngatasin infeksi.

– Ngelembutin kulit

Kayu manis bubuk bisa ngangkat sel kulit mati dan bikin kulit jadi bercahaya juga kenyal. Caranya adalah campur kayu manis bubuk sama minyak almond, minyak zaitun, garam, dan madu. Oles campuran tadi ke kulit sampai rata.

– Memperbaiki kesehatan kulit dan bikin kulit makin cerah

Kayu manis mengandung anti bakteri dan anti jamur yang bisa nyerahin kulit. Caranya gampang, cukup campurin kayu manis sama pisang dan yogurt, terus dibikin masker. Olesin campuran masker ke kulit sampai merata. Tunggu masker sampai kering. Setelah itu bilas pakai air hangat.

– Sebagai campuran minyak pijat

Minyak kayu manis cocok banget dipakai sebagai campuran minyak pijat. Kenapa? Karena minyak kayu manis bisa ngelancarin peredaran darah. Selain itu, minyak kayu manis juga bisa bikin kulit jadi seger dan nutrisi kulit tercukupi. Tapi inget sis penggunaannya harus hati-hati banget, karena bisa nimbulin alergi kulit.

Dimana sih tempat jual kayu manis?

Hehee ga usah bingung, karena kayu manis ini kan sering dipakai sebagai bumbu dapur. Jadi gampang banget ditemuin di pasar-pasar tradisional. Ga usah jauh-jauh ke India ato Sri Lanka nyarinya. :p

Sista datengin aja tiap stand toko-toko bumbu dapur, terus tanyain satu-satu apa ada kayu manis?

Jadi, emang kayu manis ini selain bermanfaat buat kesehatan juga emang cucok bener deh dipakai sebagai perawatan kulit. Jangan lupa dicoba di rumah ya, kalo agak kesulitan nyari kayu manis di pasar, coba aja acak-acak bumbu dapur si mamah. Hehee.. bikin ramuannya repot? Minta tolong si mamah sekalian juga biar dibantuin. Lumayan kan sis jadi bisa hemat uang jajan buat beli kosmetik wajah? :p

Demikian. Semoga puas sama penjelasannya ya sis 🙂

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Bukan Cuma Buat Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Juga Berkhasiat Buat Kecantikan Lho!

Anjing Dan Bayi

Bukan Cuma Buat Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Juga Berkhasiat Buat Kecantikan Lho!