Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

0 282

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Bedak jadi salah satu item kosmetik paling penting yang pasti semua wanita punya. Meski wajah ga dipoles make up, tapi bedak itu wajib diaplikasiin di wajah supaya wajah ga keliatan pucet. Manfaat bedak diantaranya buat nyamarin noda di kulit, nampilin tekstur kulit supaya keliatan lebih halus, cerah, dan juga bisa ngurangin efek wajah mengkilap akibat berminyak. Makanya, pastiin sista harus pakai bedak dengan cara yang bener.

Nah, bedak itu ada beberapa macem sis. Kita perlu tau lho, karena fungsi tiap macem bedak itu beda-beda. Berikut ini penjelasannya:

1. Bedak Tabur (Loose Powder)

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Bedak tabur ato loose powder berbentuk serbuk ato butiran-butiran halus. Bedak ini ringan di wajah dan bisa dipakai baik buat make up natural atopun yang agak berat. Bedak tabur bisa diaplikasiin sama spons ato kuas biar hasilnya lebih merata dan alami.

Jadi cocok bhangat buat sista yang kulitnya berminyak. Karena bedak tabur ini tergolong ringan, dan kalo pengen hasilnya tahan lama, sebelum pemakaiannya sista baiknya pakai alas bedak dulu.

Kalo kulit lagi kering bhangat, boleh olesin pelembap supaya bedak tabur yang nanti diaplikasiin ga bikin wajah sista jadi keliatan kusam. Bedak tabur udah tersedia buat berbagai kalangan mulai dari remaja sampai dewasa. Masa kadaluarsanya sekitar 2 taunan.

Kelebihan: Gampang nyerep minyak di wajah dan nutup pori-pori wajah jadi lebih sempurna.
Kekurangan: Gampang tumpah dan kurang praktis.

2. Bedak Padat (Compact Powder)

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Bedak padat ato compact powder sebenernya bedak tabur juga, cuma bentuknya aja dipadetin biar lebih praktis. Bedak ini cocok buat kulit normal yang cenderung kering. Tapi beberapa bedak padat sekarang ini udah banyak variannya dan bisa dipakai juga buat jenis kulit lain.

Bentuk lain dari bedak padat adalah bedak two way cake yang punya fungsi ganda sebagai alas bedak ato foundation sekaligus sebagai bedak juga. Pemakaiannya harus pakai spons lembap biar hasilnya bisa nempel sempurna di wajah. Bedak padat umumnya tahan lebih lama dibanding bedak tabur. Kalo sista wajahnya jerawatan, bedak padat jadi pilihan yang pas.

Kelebihan: Cepet nyerep ke kulit dan bisa ngurangin minyak. Bentuknya beragam, ga gampang tumpah jadi praktis dibawa kemana-mana.
Kekurangan: Kalo dipulas berulang-ulang nanti bisa bikin wajah jadi keliatan kayak pakai topeng. Sebaiknya pulas tipis-tipis aja.

3. Bedak Two Way Cake

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Bedak yang satu ini bentuknya padat juga sama kayak bedak padat, cuma fungsinya ganda yaitu sebagai bedak sekaligus foundation. Cara pakainya, kalo sista pakai pelembap dulu sebelumnya, nanti mulasin bedaknya ke wajah pakai spons kering. Terus kalo bedak ini mo dijadiin foundation, mulasinnya pakai spons basah.

Bedak ini emang praktis bhangat dan kalo dipakai sebagai foundation, minyak bisa keserap lebih baik. Masa kadaluarsanya adalah 1 taun.

Kelebihan: Praktis bhangat karena fungsinya ganda, yakni sebagai bedak dan foundation ato alas bedak.
Kekurangan: Varian warnanya terbatas dan ga bisa nutupin flek hitam di wajah, jadi wajah ga keliatan sempurna.

4. Bedak Glitter (Shimmering Powder)

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Di banyak tutorial make up, sista mungkin sering liat warna-warna kosmetik yang terang dan agak gelap dalam satu wadah. Biasanya warna-warnanya natural, misalnya krem sama cokelat. Nah benda ini adalah bedak glitter (shimmering powder).

Bentuknya kayak bedak tabur, halus, dan serbuk-serbuknya berkilau (mengandung glitter ato bubuk emas). Makanya, wajah sista bakal keliatan lebih bercahaya dan berkilau pas pakai bedak ini.

Selain buat wajah, sista bisa mulasin bedak ini juga ke area punggung, lengan ato leher. Biasanya, bedak ini dipakai sebagai sentuhan terakhir didalam make up dan sering dipakai sama para make up artis buat ngasih tema di riasannya, misalnya biar terkesan lebih glamour.

Tapi perlu diinget ya, jangan sekali-kali pakai bedak ini pas ngantor ato ngampus. Karena bakal keliatan lebay bhangat sis. Pakainya buat acara-acara tertentu aja, misalnya ke undangan ato pesta. Maksimal pemakaiannya adalah 15 bulan.

Kelebihan: Wajah dan tubuh keliatan bercahaya dan berkilau. Varian warnanya lebih banyak, bisa disesuaiin sama tema riasan.
Kekurangan: Cuma bisa dipakai buat acara-acara khusus.

5. Bedak Meteorite

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Kalo liat dari namanya aneh ya sis? Hehee kayak dari planet aja. Tapi sebenernya bukan kok. Bedak ini berbentuk bulat kecil berwarna warni mirip biji kacang. Bedak meteorite bisa dipakai setelah make up an sebagai sentuhan akhir biar wajah keliatan merah natural. Pas pemakaiannya, sista harus pakai kuas gede dengan cara disapuin ke seluruh area wajah.

Kelebihan: Wajah keliatan lebih segar bercahaya.
Kekurangan: Harganya mahal bhangat, karena belum banyak produsen yang ngerilis produk bedak meteorite ini.

Oke sis, itu dia macem-macem bedak dan manfaatnya yang perlu kita tau. Jadi, jangan asal pakai bedak ya dan inget sesuaiin juga sama jenis kulit kita sebelum pakai.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!

Suami Dan Bayi

Cari Tahu Yuk Macam-Macam Bedak & Manfaatnya!