Coba Deh Resep Kecantikan Pakai Madu dan Dapetin Manfaatnya!

0 102

Coba Deh Resep Kecantikan Pakai Madu dan Dapetin Manfaatnya!

Madu punya begitu banyak khasiat yang bermanfaat buat kesehatan. Bahkan, madu juga sering dipakai buat ngejaga kecantikan kulit.

Sejak dulu, madu emang udah dimanfaatin sebagai bahan dasar perawatan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu yang kaya akan mineral, vitamin, potassium, dan antioksidan juga bisa dipakai sebagai pelembap, penyegar, bahkan masker wajah.

Buat sista yang pengen tau lebih jauh khasiat madu buat kecantikan wajah, ga ada salahnya coba ikutin resep-resep ini.

1. Buat bikin pembersih wajah dari madu, caranya: campur 1 sendok makan madu, 1 butir putih telur, 1 sendok teh glistering (bisa beli di apotek), dan 1 sendok teh terigu. Campur sampai rata terus olesin campuran bahan-bahan tadi ke wajah sama leher. Diemin selama 10 menitan, bilas pakai air hangat.

2. Kalo mo bikin penyegar wajah dari madu, caranya: campur 1 sendok makan air lemon, 1 sendok teh madu, dan 2 butir putih telur. Campur sampai rata, olesin ke semua permukaan kulit wajah dan leher. Diemin 15 menitan, bilas pakai air hangat, terus keringin pakai anduk sambil ditepok-tepokin pelan. Penyegar wajah dari madu ini cocok buat jenis kulit normal yang cenderung berminyak.

3. Madu juga bisa dibikin pelembap, caranya: campurin 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu, aduk sampai rata. Olesin ke wajah dan leher, diemin selama 10 menit terus bilas pakai air hangat. Coba cara ini rutin biar kulit ga kering.

4. Ga cuma bisa dibikin jadi pelembap wajah, madu juga bisa dimanfaatin sebagai pelembap bibir. Caranya, olesin madu ke bibir tiap malam sebelum tidur. Dijamin, bibir bakalan lembap, lembut, dan kulit bibir jadi ga pecah-pecah.

5. Selanjutnya yaitu scrub madu. Scrub madu fungsinya bisa ngangkat sel-sel kulit mati sekaligus ngenutrisi dan ngejaga kelembapan kulit. Caranya, campurin 1 sendok makan kaolin (sejenis mineral alami yang bisa dibeli di toko bahan kimia), 1 sendok teh tepung biji gandum, 1 jumput tepung kayu manis, dan 1 sendok makan madu. Olesin scrub ke wajah dan leher, gosok dengan gerakan ngelingkar. Bilas pakai air hangat.

6. Madu bisa dijadiin sabun mandi juga buat ngerendem badan. Caranya, campur 1/4 cangkir susu bubuk full cream, 1/2 cangkir madu, sama 4 tetes minyak esensial lavender ato mawar di dalam wadah. Masukin campuran ke bath tub yang udah di isi air hangat. Rendem selama ± 15 menit.

Biar makin kerasa efek relaksasinya, ngerendem badan didalam campuran susu sama madu ini juga bisa bantu ningkatin kehalusan juga kelembapan kulit.

7. Buat conditioner dan masker rambut. Kalo mo pakai conditioner alami, coba deh conditioner dari madu. Caranya, campurin 1/2 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun. Olesin ke rambut dikit-dikit sampai seluruh rambut kelapisin. Diemin 30 menitan, terus cuci pakai sampo, dan bilas bersih.

Sedangkan buat bikin masker rambut dari madu, campur 1/4 cangkir madu, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Olesin di kulit kepala dan rambut sambil dipijet lembut. Tutup rambut pakai shower cap, diemin 15-30 menit sampai nyeresep sempurna. Bilas bersih pakai sampo dan air hangat.

Nah, setelah tau resep-resepnya apa aja, sista juga perlu tau soal manfaat madu buat mempercantik kulit badan berikut.

– Madu murni bisa ngelembutin dan ngelembapin kulit wajah normal. Sista bisa dapetin khasiat ini dengan cara dibikin masker wajah. Caranya, olesin madu langsung di permukaan kulit wajah, diemin 30 menit, dan bilas bersih pakai air dingin. Lakuin rutin 2x seminggu.

– Madu bisa dijadiin masker buat kulit kering. Caranya, campur madu sama pisang mateng, campur dan blender keduanya sampai rata. Olesin ke permukaan kulit wajah, diemin 30 menitan, bersihin pakai air dingin. Pemakaian masker madu buat wajah kering ini minimal 2x seminggu.

– Madu bisa ngehalusin kulit kaki yang pecah-pecah dan kering. Caranya, campur 2 gelas susu sama 1 gelas madu dengan perbandingan 2:1 ke dalam baskom. Masukkin kedua kaki ke baskom tadi, diemin 15 menit sambil dipijet-pijet. Cara-cara ini bisa dipakai juga buat ngerawat kulit siku, tangan, lutut, ato bagian tubuh lain yang kering.

– Dijadiin lotion alami buat perawatan kulit sehari-hari. Lotion madu emang bermanfaat banget dalam ngejaga kehalusan kulit. Caranya, campurin 1 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak biji anggur, 1 sendok teh jus lemon, dan 3 tetes lavender oil. Aduk semua bahan dan usapin di semua permukaan kulit badan sehabis mandi pagi.

– Buat pembersih kulit. Madu bukan cuma bisa dimanfaatin buat pembersih wajah, tapi bisa juga dimanfaatin buat pembersih kulit badan. Caranya, campur 1 sendok madu, 1 sendok serbuk biji almond, 1 sendok teh jus jeruk ato jus lemon, juga beberapa tetes aromatherapy oil. Semua bahan diaduk terus diolesin ke semua permukaan kulit badan tiap 2 hari sekali sebelum mandi.

– Jadi penyegar kulit badan, tapi khusus buat kulit badan normal. Caranya, campurin madu sama vinegar (cuka apel) dengan perbandingan 5:1. Oles campuran ini di kulit badan minimal 1x seminggu.

– Sebagai eksfolian ato pembersih sel-sel kulit mati dan kotoran. Caranya, campurin 1 sendok madu dan 2 sendok oatmeal. Olesin ke permukaan kulit minimal seminggu sekali.

– Sebagai obat jerawat sekaligus penghilang noda bekas jerawat. Caranya, campurin 1 sendok madu dan bubuk kayu manis. Oles ke bagian jerawat ato noda berjerawat, diemin semaleman dan bersihin pas bangun tidur. Ulang cara ini minimal 1x seminggu.

Demikian. Coba rutin lakuin ya sis, biar hasilnya bener-bener maksimal.:)

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Coba Deh Resep Kecantikan Pakai Madu dan Dapetin Manfaatnya!

I Love You This Much

Coba Deh Resep Kecantikan Pakai Madu dan Dapetin Manfaatnya!