Cuman Tahu Lulur? Sekali-kali Cobain Spa Tradisional Ala Indonesia Ini Deh!

0 1,179

Cuman Tahu Lulur? Sekali-kali Cobain Spa Tradisional Ala Indonesia Ini Deh!

Siapa yang ga suka spa?

Treatmentnya itu loh.. bikin nyaman tubuh sama fikiran banget sis. Apalagi setelah capek beraktivitas seharian. Tubuh yang tadinya kurang fit bisa seger lagi. Dan semua daki rontok deh tuh!

Manjain diri dengan nikmatin spa ato relaksasi emang jadi favorit banget bagi kebanyakan orang, mo wanita ato pria. Meski kebanyakannya kaum wanita sih peminat spa treatment ini.

Kira-kira spa apa yang jadi favorit sista?
Thai massage? Shiatsu? Ayurveda? Swedish Spa?
Hhmmmm spa elit dari mancanegara semua ya…

Btw ada yang tau spa tradisional asli Indonesia ga?

Yahh parah nih, masa ga tau spa asli negeri sendiri sih. Padahal, banyak banget spa tradisional asli dari daerah-daerah di Indonesia. Treatment spa dari Indonesia bahkan udah terkenal sampe mancanegara juga. Dan tau ga, malah termasuk salah satu spa terbaik juga sis!

Hufhh tapi sayang ya, orang Indonesia sendiri ternyata banyak yang belom tau soal ini.

Lanjut yuk..

Spa asli Indonesia punya karakteristik utama yang unik dan berbau tradisional banget. Wajar kali ya namanya juga spa tradisional. Hehehee.. kenapa unik? Karena bahan-bahannya itu semua serba herbal alias alami dari alam Indonesia dan khasiatnya juga udah turun temurun dari zaman sesepuh dulu.

Terus apa aja sih spa tradisional Indonesia itu?

Spa Bakera dari Minahasa

Spa tradisional Bakera punya keunggulan yang ga kalah sama produk spa modern dari luar. Spa dari daerah Minahasa ini bermanfaat banget buat wanita yang baru aja beres persalinan. Bakera emang punya khasiat khusus buat ngencengin organ intim wanita. Orang Minahasa sendiri sering nyebut spa ini dengan sebutan Bakancing, yang artinya organ intim dan reproduksi wanita yang kendor pasca ngelahirin dan bakal dikembaliin jadi elastis lagi.

Manfaat spa Bakera adalah buat ngelancarin pengeluaran darah sisa nifas, ngilangin bau amis dari organ reproduksi wanita, mulihin otot yang kendor sama kaku pasca hamil , jadi otot bakal kerangsang dan kembali ke bentuk semula. Selain itu, Bakera juga bisa bikin raut wajah jadi seger kemerahan dan ga pucat.

Ada 20 bahan tradisional yang dimanfaatin di dalam spa Bakera, yaitu tanaman obat sama tanaman beraroma wangi, kayak cengkeh, daun pisang, dukung anak, daun sesewanua, daun balacai, daun tawaang, daun beluntas, daun manga, daun pandan, daun sirih, daun jeruk, daun sereh, daun kayu manis, daun pala, dan bawang putih. Jenis-jenis tanaman ini punya efek kekebalan tubuh, ngurangin rasa sakit, nyiptain ketenangan, dan juga sebagai zat pembunuh kuman penyakit.

Spa Batengeh dari Minangkabau

Salah satu spa tradisional Indonesia yang paling familiar yaitu spa Batengeh ato bertangasa yang artinya mandi uap. Batengeh fungsinya ngebersihin, ngerawat sama ngobatin. Jenis spa ini ada dua, yakni Batengeh Basah dan Batengeh Kering. Wanita Minang, kayak calon penganten sama ibu-ibu yang abis lahiran biasanya dirawat pakai spa Batengeh ini.

Selain itu, orang-orang yang baru sembuh dari sakit juga disaranin buat di treatment spa Batengeh. Batengeh emang berkhasiat banget buat ngilangin bau anyir pasca lahiran, ngembaliin fungsi rahim, ngembaliin kesegaran tubuh, sama ngobatin berbagai penyakit kayak penyakit kulit, rheumatic, sinusitis, dll.

Alat sama bahan yang dipakai dalam spa ini juga bener-bener tradisional, yaitu tikar pandan, periuk tanah, bangku, kain sarung, tungku, daun, bunga, akar, kulit kayu, dan biji. Sedangkan bahan-bahannya terbuat dari tanaman yang banyak mengandung minyak atsiri, kayak pandan, sereh wangi, gambelu, sirih, dan kenanga.

Spa Oukup dari Batak Karo di Sumatera Utara

Spa Oukup manfaatin beragam jenis tanaman berkhasiat buat ngobatin wanita yang baru ngelahirin, penderita rheumatic, diabetes, asam urat, dll. Oukup juga berkhasiat buat nyegerin lagi tubuh yang lelah. Efek spa ini diantaranya yaitu ngelonggarin pernafasan, ngebuang racun lewat keringet, ngeluarin angin dari tubuh, ngurangin nyeri otot, ngeremajain kulit, ngembaliin kualitas tidur, dan ngenetralisir tekanan darah. Bahan rempah-rempah yang dipakai: kunyit, jahe, temu kunci, bunga lawang, ketumbar, kencur, daun selederi, dll.

Spa Tangas Betawi dari Jakarta

Tangas adalah tradisi asli dari daerah Betawi, diantaranya tradisi luluran, ritual pijat sama tangas ato uap. Ritual kecantikan dan kesehatan ala Betawi ini juga bagus dipakai sama Ibu hamil setelah lahiran sama sebelum nikah. Di prosesi Tangas, ada satu ritual yang disebut Sembe Ta’zim, yang artinya peregangan dan pemijatan ala Betawi. Bahan-bahan yang dipakai di spa Tangas adalah bahan alami yang udah kentel banget unsur budayanya, salah satunya itu Bir Pletok.

Spa So’oso dari Madura

Spa tradisional asli Madura ini udah terbukti bisa ningkatin kondisi kesehatan kulit dengan cara eksfoliasi pakai protein dari telur. Dan ga heran, karena emang kerajaan kuno Madura dulu itu merupakan pusat terapi kebugaran dan kesehatan. Spa so’oso terkenal karena pijatannya yang intens dan lama, jadi berkhasiat banget ngembaliin spiritual dan energy fisik.

Ciri khas dari spa So’oso adalah Jamu Maduranya yang disajiin setelah proses spa. Jamu Madura udah terkenal sebagai ramuan pengencang organ intim wanita yang banyak dikonsumsi sama wanita Madura.

Spa Batimung dari Banjar, Kalimantan Selatan

Spa Batimung terinspirasi dari cerita legenda Putri Juntung Buih dan Lambung Mangkurat zaman dulu. Prinsip utamanya yaitu ngalirin hawa panas supaya peredaran darah jadi lancar, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Di dalam spa Batimung ini, diterapin juga metode pemijatan yang bermanfaat buat ngebuang kotoran lewat keringet, ngerelaksasi otot, dan ngejaga metabolisme tubuh.

Selain itu, Batimung juga sering dimanfaatin buat pengobatan. Uap ramuannya yang mengandung minyak atsiri bisa bantu nyembuhin penyakit sekaligus ngeredain insomnia. Di Kalimantan Selatan, spa Batimung udah jadi ritual wajib buat para calon penganten, baik wanita ato pria yang dilakuin menjelang pernikahan.

Spa Boreh dari Bali

Treatment spa dari Bali ini adalah salah satu spa yang familiar dan udah turun temurun dari generasi ke generasi, dimana campurannya terdiri dari bahan-bahan herbal, akar-akaran, dan rempah-rempah. Bahan-bahan ini terus diaplikasiin sama pijatan tradisional buat nyegerin dan mulihin tubuh pasca sakit.

Orang-orang Bali, biasanya manfaatin spa Boreh setelah ngelewatin aktivitas kerja di sawah supaya pegel-pegel berkurang, sirkulasi darah lancar, dan tubuh jadi rileks lagi. Boreh juga bisa dipakai buat nyembuhin rheumatic, sakit kepala, demam, dan hipertensi, dimana treatmennya dikombinasi sama terapi panas dan rempah-rempah.

Spa Lulur dari Jawa

Kalo kita datang ke spa mana aja di Indonesia, rata-rata pasti sering nemu lulur dari Jawa sebagai salah satu pilihan treatmentnya. Treatment kecantikan ini di zaman kerajaan putri raja dulu sering dicampur sama tepung beras, kencur, dan rempah-rempah asli Indonesia lainnya. Lulur Jawa emang berkhasiat banget bikin kulit jadi bercahaya, halus dan lembut.

Nah, itulah 8 spa tradisional warisan buadya asli Indonesia. Jangan lupa, mulai sekarang mending cobain treatment spa local asli Indonesia aja ya sis. Karena dijamin lebih top dibanding spa mancanegara deh! Dan ga usah khawatir cari tempat spa tradisional ini dimana, karena jenis-jenis spa ini udah banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Gambar Hari Ini:

Nyebrang Jalan

Cuman Tahu Lulur? Sekali-kali Cobain Spa Tradisional Ala Indonesia Ini Deh!

Cuman Tahu Lulur? Sekali-kali Cobain Spa Tradisional Ala Indonesia Ini Deh!

Sumber: @kimdaoblog