Disamping Bermanfaat, Sista Wajib Tau Juga Nih Dampak Buruk Suntik Botox!

0 132

Disamping Bermanfaat, Sista Wajib Tau Juga Nih Dampak Buruk Suntik Botox!

Suntik botox makin marak dipakai di dunia medis karena berbagai manfaat sama keuntungannya. Botox makin banyak digemarin masyarakat khususnya kaum wanita karena emang bermanfaat buat kosmetik dan kecantikan. Tapi sebenernya dibalik manfaat suntik botox, banyak banget dampak komplikasi mulai dari komplikasi ringan sampe ngancem jiwa. Makanya suntik botox lebih baik dilakuin sama ahlinya yang udah kompeten.

Botox sendiri adalah merek dagang dari Botullinum Toxin A, yakni protein murni yang diekstraksi dari bakteri Clostridium Botullinum. Proses permurnian protein dari bakteri ini hampir sama dengan proses pemurnian protein obat antibiotic lainnya. Botox lebih pasnya mungkin dibilang sebagai obat kali ya, bukan kosmetik. Karena penggunaan botox tujuannya emang buat pengobatan dan udah di approve sama FDA (Food & Drug Administration) Amerika tahun 1980.

Awalnya, botox dipakai buat tujuan medis kayak memperbaiki kelainan fungsi otot, ngurangin kejang-kejang di sekitar mata dan ngeringanin kedutan. Terus botox baru mulai lazim dikenal dan dugunain di dunia kecantikan dan kosmetik buat ngehalusin kerutan. Di dunia kecantikan, botox masih familiar sebagai jalan pintas buat ngilangin kerutan. Apalagi ga banyak orang tau apa aja sebenernya dampak negatif dari suntik botox ini.

Bahkan, dulu dokter sering manfaatin botox buat ngebantu pasien yang wajahnya miring supaya keliatan seimbang lagi. Tapi sekarang botox dimanfaatin di seluruh dunia sebagai salah satu terapi terpopuler di dunia kecantikan.

Botox itu sebenernya adalah racun hasil mikroba clostridium botulinum yang biasanya ditemuin di makanan kaleng yang udah rusak. Botox di dalam dosis sangat rendah bisa ngendorin otot-otot yang tegang dengan disuntikkin ke bagian yang berkerut. Jadi otot bisa lebih rileks dan ga berkontraksi.

Botox juga bisa berfungsi buat nahan otot-otot tertentu, jadi alis ato rahang lebih naik posisinya. Selain itu, botox juga sering dipakai buat ngatasin masalah keringet berlebih di ketiak. Efek botox bisa keliatan dalam waktu 2-3 hari setelah penyuntikan. Soal budget suntik botox, di Indonesia masih lumayan mahal, yakni sekitar 4 jutaan.

Manfaat Botox Buat Kecantikan

Suntik botox zaman sekarang emang udah sering dimanfaatin buat ngatasin masalah kecantikan, yaitu ngelemesin otot yang mengkerut, naikkin alis akibat mata yang turun, ngoreksi bentuk rahang, dan ngurangin produksi keringet berlebih di ketiak, tangan juga bagian tubuh lainnya.

Botox (Botulinum Toxin) berfungsi buat ngerelaksasi otot-otot wajah dan ngilangin garis kerutan. Usia pasien botox yang disaranin adalah yang udah nginjek 20 taun ke atas, dimana garis wajah udah mulai bermunculan. Cara kerjanya, yaitu ngelemesin otot wajah tepatnya di area yang berkerut dan bisa bekerja efektif di kerutan yang muncul pas wajah ekspresinya lagi senyum ato ngerutin dahi.

Ekspresi wajah ini kan terjadi pas otak ngirimin sinyal ke serat otot wajah, dan nantinya otot bakal berkontraksi jadi nimbulin kerutan. Kalo hal ini keseringan terjadi apalagi didukung usia yang makin lanjut juga, nanti bisa ada bekas kerutan yang cukup dalam. Dan akibatnya, wajah jadi keliatan lebih tua dari usia sebenernya.

Botox yang disuntikkin ke bagian yang berkerut bakal ngehambat otot berkontraksi kuat, jadi kerutan pun ilang. Di kasus browlift (naikkin alis) sama koreksi rahang, botox fungsinya buat nahan otot bagian tertentu, jadi alis ato rahang makin naik posisinya.

Terus di kasus keringet berlebih, botox fungsinya buat ngehambat kerja acetylcholine (penyebab keluar keringet dari kelenjar keringet). Karena kehambat, keringet jadinya ga bakal keluar.

Prosedur perawatan botox ini emang ga makan waktu lama, tapi harus dilakuin sama yang ahli supaya kehindar dari resiko negatif salah suntik dan lain-lain. Suntik botox biasanya dilakuin tanpa ato dengan anestesi tergantung kondisi tiap individu. Hasil suntikan botox bakal keliatan maksimal setelah 7 hari disuntikkin. Dan sista ga boleh ngonsumsi alcohol sama aspirin sebagai pantangannya.

Efek suntik botox bisa tahan sekitar 4-6 bulan dan pelan-pelan otot bakal kembali berkontraksi kuat kayak semula. Sista bisa nyuntikkin botox lagi kapan pun sista pengen. Sayangnya, botox ga bisa dipakai buat ngatasin kerutan dalam ato kerut yang keliatan akibat radiasi sinar ultraviolet.

Buat nyempurnain hasil akhir botox supaya keliatan lebih alami dan halus, sista bisa madu padanin perawatan anti aging botox sama dermal filler restylane.

Dermal filler ini efektif banget bahkan buat ngatasin kerutan dalam yang bersifat sementara. Maksudnya kerutan sementara adalah kerutan yang tampak bahkan pas sista lagi ga berekspresi ato diem. Dermal filler bakalan ngisi lapisan dermis kulit, jadi kontur kulit bisa kembali halus sekaligus ngeremajain kulit.

Efek samping & Bahaya Botox

Karena efek samping botox umumnya ringan terus sifatnya sementara, otomatis bisa diprediksi dari lumpuhnya otot sama struktur kimia protein dari molekul. Jadi secara umum efek sampingnya berupa kelumpuhan beberapa otot yang salah dan reaksi alergi. Berikut penjelasan efek sampingnya.

– Dalam penggunaan kosmetik bisa ngakibatin ekspresi wajah yang ga sesuai porsinya, contohnya kelopak mata terkurai, senyum ga merata, penglihatan ganda, sampe ilangnya kemampuan buat nutup mata.

– Pas nyuntikkin otot masseter rahang, ilangnya fungsi otot bakal berakibat ke ngurangnya kekuatan buat ngunyah makanan padat.

– Efek lain dari penggunaan botox buat kosmetik adalah timbul sakit kepala, disfagia kayak flu, penglihatan kabur, sindrom, mulut kering, alergi, kelelahan, sampe bengkak ato merah-merah di area bekas suntikan.

– Botox ngilangin rasa emosional di beberapa situasi tertentu akibat dari kurangnya interaksi antara gerakan otot wajah sama otak.

– Kemungkinan bisa masuk ke otak.

– Ngancem jiwa. Hal ini udah dibuktiin dari beberapa pengguna botox yang meninggal setelah pakai suntik botox. Bahkan sebuah layanan perlindungan konsumen udah ngedesak pemerintah buat narik kosmetik berbahaya ini.

Dan European Medicines Agency nyebutin kalo di bulan Agustus 2007 aja tercatat ada 600 kasus dampak negatif akibat perawatan suntik botox di seluruh dunia, dan 28 kasus diantaranya sampe meninggal.

– Penumpukan bakteri. Suntikan yang terus-terusan bisa ngakibatin penumpukan bakteri botox di wajah.

– Otot menipis. Pemakaian botox yang berulang-ulang bisa bikin otot wajah menipis dan otot malah jadi gampang kendor.

– Otot wajah kaku dan sulit berekspresi. Sistem kerja botox cuma berlangsung sementara, yaitu bekerja dalam waktu 4-6 bulan. Setelah itu, otot wajah bakal mengkerut lagi. Pas otot normal lagi, suntik botox bahkan bisa ninggalin dampak negatif ke wajah. Otot wajah bisa jadi kaku dan susah berekspresi.

– Ngeganggu otot. Suntik botox bisa nimbulin efek samping ke otot. Otot bisa jadi ga simetris dan bahkan bisa lumpuh.

– Ngeganggu bicara dan makan. Suntik botox bisa nimbulin rasa sakit sama memar ringan di area suntikan. Makanya lebih baik jangan lakuin suntik botox di sekitar mulut, karena bisa ngeganggu bicara dan makan.

– Nurunin alis ato kelopak mata.

– Kesulitan nafas.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Disamping Bermanfaat, Sista Wajib Tau Juga Nih Dampak Buruk Suntik Botox!

Mata Bayi

Disamping Bermanfaat, Sista Wajib Tau Juga Nih Dampak Buruk Suntik Botox!