Gimana Sih Cara Ngilangin Lutut & Siku Yang Hitam?

0 240

Gimana Sih Cara Ngilangin Lutut & Siku Yang Hitam?

Kulit di bagian siku sama lutut biasanya suka lebih tebel, punya lipetan-lipetan, kasar, dan kering meski udah kita tutupin pakai celana ato baju lengan panjang. Kulit di bagian ini biasanya warnanya keliatan lebih gelap dari warna aslinya. Nah, hal inilah yang bakal bikin lutut dan siku kita terkesan kotor.

Kenapa Kulit Di Bagian Lutut dan Siku Keliatan Lebih Gelap?

Apa kalian pernah liat lutut sama siku bayi warnanya gelap? Ga pernah kan? Warna gelap ini umumnya diakibatin sama banyaknya gesekan yang bertumpu di daerah lutut sama siku. Sering kali kita nyender di siku daripada duduk tegap dengan postur tubuh yang bener. Hal ini jugalah yang suka jadi kebiasaan yang nantinya bisa bikin kulit di daerah lutut dan siku jadi hitam. Selain itu, kurangnya kebersihan dan perawatan yang salah juga jadi asal muasal kenapa kulit lutut dan siku jadi gelap. Makanya, daerah kulit di bagian lutut dan siku butuh perawatan ekstra.

Kelebihan berat badan juga bisa jadi pemicu kulit lutut sama siku jadi hitam. Tapi penyebab yang paling relevan adalah kebanyakan makan gula. Sista, apa siklus haid kalian teratur? Apa udah dipriksain ke dokter? Apa kalian remaja yang lagi pubertas? Apa kulit kalian sering muncul bercak-bercak hitam khususnya di daerah leher ato payudara?

Kalo semua jawabannya di atas negatif, kalian ga perlu khawatir. Tapi kalo kalian ngalamin, sebaiknya cepet konsultasiin deh ke dokter. Ngehitamnya kulit di daerah-daerah tertentu biasanya merupakan gejala beberapa penyakit yang disebabin sama ga seimbangnya hormon didalem tubuh.

Berikut beberapa perawatan yang bisa kita lakuin di rumah buat ngilangin warna kehitaman di kulit:

Baking Soda

Baking soda merupakan bahan dapur yang efektif banget buat ngebersihin kulit dan ngurangin warna gelap kulit. Caranya:

– Campur susu sama satu sendok makan baking soda.
– Aplikasiin campuran pasta ini ke kulit di area siku dan lutut, gosok dengan gerakan ngelingkar.
– Ulangin pemakaian pasta campuran baking soda dan susu ini tiap dua hari sekali. Lakuin terus sampai kulit keliatan lebih cerah.

Kunyit, Madu, Dan Susu

Kunyit punya sifat antiseptik dan susu bisa buat mutihin kulit. Madu juga punya sifat antiseptik dan mampu ngelembapin kulit kering. Khasiat alami dari campuran bahan-bahan ini bakal bantu ngilangin warna lutut sama siku yang hitam. Caranya:

– Campur beberapa kunyit halus sama susu dan madu sampai berbentuk pasta.
– Aplikasiin campuran ini di daerah gelap dan biarin selama kurang lebih 20 menit.
– Basahin tangan dan gosok-gosok selama 2 menit, baru setelah itu dibilas pakai air.

Gula Dan Minyak Zaitun

Gula berperan banget dalam proses eksfoliasi kulit. Sedangkan minyak zaitun bisa ngelembapin kulit. Caranya:

– Campur minyak zaitun dan gula dalam jumlah yang sama buat bikin pasta yang kentel.
– Aplikasiin campuran ini ke lutut sama siku yang hitam.
– Gosok-gosokkin ke kulit selama sekitar lima menitan, terus bilas pakai sabun.

Cocoa Butter Dan Shea Butter

Lemak alami kayak cocoa butter dan shea butter berfungsi sebagai pelembap dan bisa bikin kulit jadi lembut. Bahan alami ini bisa bantu ngilangin warna kehitaman yang disebabin sama kekeringan dan munculnya kulit bersisik. Caranya gampang banget, pakai produk lotion yang mengandung cocoa butter ato shea butter di kulit yang gelap. Aplikasiin di daerah siku sama lutut rutin tiap malam sebelum tidur.

Gel Aloe Vera (Lidah Buaya)

Gel yang mengandung aloe vera bisa ngurangin masalah kerusakan kulit siku dan lutut yang disebabin sama paparan sinar matahari. Gel yang mengandung aloe vera ini mampu ngelembapin kulit dan mencegah kekeringan yang bisa nyebabin penggelapan kulit. Caranya:

– Ambil gel aloe vera dari daunnya yang seger dengan cara dipisahin bagian dalem sama kulit luarnya (ambil gel beningnya aja)
– Pakai gel lidah buaya ini di lutut sama siku. Biarin selama setengah jam dan bilas bersih pakai air.

Pakai Lotion Tabir Surya

Pakai lotion yang mengandung tabir surya pas keluar rumah bakal ngurangin warna kehitaman di kulit. Caranya:

– Oles tabir surya pas keluar dari rumah ato pas kulit lagi kena paparan sinar matahari langsung.
– Jangan lupa olesin juga tabir suryanya di kulit sama siku sehabis mandi biar kulit jadi putih.

Kulit yang lebih hitam dari warna aslinya di area lutut dan siku emang bukan hal yang gpp kita abaiin gitu aja. Coba deh sekali-kali kalian pakai bahan-bahan alami tadi biar warna lutut dan siku kalian jadi ga hitam lagi.

Selamat mencoba..

Gambar Hari Ini:

Kapal Perang Swedia

Gimana Sih Cara Ngilangin Lutut & Siku Yang Hitam?

Sumber: @kimdaoblog

Gimana Sih Cara Ngilangin Lutut & Siku Yang Hitam?