Hamil, Siapa Takut?

0 146

Hamil, Siapa Takut?

Siapa disini yang lagi bahagia karena ada manusia kecil dalam perutnya? Siapa juga yang ngerasa takut dan nggak nyaman beraktifitas karena banyak mitos yang membatasi aktifitas kalian selama kehamilan?

Kehamilan adalah sebuah tahapan membahagiakan bagi para suami istri khususnya yang memang sedang menantikan kehadiran si buah hati ini sejak lama. Namun, banyak mitos berkembang menjadikan kehamilan menjadi momok yang agak mengerikan karena banyak pantangan yang menjadikan kegiatan para ibu hamil dibatasi, beberapa makananan atau minuman favorit juga nggak bisa dinikmati pada masa kehamilan.

Padahal masih banyak kok kegiatan seru yang bisa ibu hamil lakukan selama kehamilan dan asyiknya lagi beberapa makanan yang dipantang ternyata masih bisa dinikmati loh. Mau tau apa aja, simak baik baik ya.

1. Mau Ngopi? Boleh Aja Kok.

Banyak yang bilang kalau konsumsi kopi bisa membahayakan selama kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin, bahkan memnyebabkan keguguran. Meskipun hal ini nggak 100% salah, tapi keadaan yang bahaya bisa terjadi kalau konsumsi kopinya di atas 8 gelas per hari.

Asosiasi Dokter Ginekologi dan Obgyn di Amerika mengatakan bahwa 1 sampai 2 gelas kopi sehari aman kok untuk dikonsumsi, asalkan pilih kopi yang kadar kafeinnya tidak terlalu tinggi ya.

2. Kamu pecinta coklat? Jangan takut ngemil coklat

Ini pasti jadi kabar paling baik nih buat ibu hamil yang cinta cokelat. Sebuah penelitian di Universitas Yale Amerika mengatakan kalau cokelat ini ternyata justru baik loh untuk para ibu hamil. Cokelat bisa mengurangi rasa mual dan muntah selama kehamilan.

Bahkan cokelat dengan jenis dark chocolate mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung ibu dan janin. Meskipun cokelat mengandung kafein, namun 50 gram dark chocolate per hari atau 100 gram milk chocolate per hari masih mengandung batasan kafein yang aman kok untuk dikonsumsi.

hamil

3. Bergerak yuk!

Olahraga ini jadi rutinitas yang justru penting banget loh buat Ibu hamil. Ibu hamil yang jarang olahraga, aliran darahnya akan kurang lancar, lemak jadi menumpuk, dan lebih mudah lelah. Olahraga ringan seperti senam hamil, streching di pagi hari, yoga, atau berjalan kaki akan mengurangi berbagai keluhan seperti sakit tulang belakang, susah BAB, dan bengkak pada bagian kaki.

Hal yang pasti perlu diingat adalah pastikan kamu minum dengan cukup, dan dengarkan tubuhmu. Kalau memang sudah lelah, segera istirahat dan jangan dipaksakan.

4. Seks? Oke oke aja tuh.

Ibu hamil dengan kondisi kehamilan normal, boleh loh tetap melanjutkan kegiatan seksnya dengan suami. Kamu harus tetap percaya diri dengan bentuk tubuhmu ya karena hampir semua pria menganggap perubahan bentuk istri yang sedang hamil malah lebih terlihat seksi.

Selain itu, kegiatan seks selama hamil akan terasa lebih nikmat untuk para wanita karena saat hamil karena aliran darah ke bagian vagina juga mengalir lebih banyak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah, seks bisa jadi dibatasi jika terjadi kehamilan kembar yang lebih dari 2, riwayat keguguran berturut-turut, atau jalan lahir tertutup plasenta.

5. Travelling, Kenapa Nggak?

Para ibu hamil yang juga travellers, nggak perlu ragu untuk tetap melalukan hobi plesirnya selama hamil. Kamu masih bisa kok berkeliling, malah jalan jalan selama hamil lebih mudah dilakukan dibandingkan saat kamu punya anak nanti. Saat hamil, kamu cuma perlu bawa perlengkapan untuk kamu sendiri, sementara setelah punya anak nanti kamu perlu bawa perlengkapanmu, perlengkapan si baby, kereta dorong, dan sebagainya.

Ingat, untuk tetap menghindari jenis travelling ekstrim atau dengan rute yang ekstrim dengan menggunakan mobil. Jika ingin berpergian dengan pesawat, hindari konsumsi minuman bersoda atau makanan yang bergas sebelum atau saat perjalanan karena dapat membuat mabuk perjalanan.

Nah, masa ideal untuk melakukan perjalanan adalah saat trimester kedua, atau ketika kamu sudah nggak lagi merasakan mual dan sebelum perutmu terlalu buncit.

Wah ternyata masih banyak ya hal menyenangkan yang bisa dilakukan selama hamil. Ibu hamil ternyata nggak perlu takut juga konsumsi beberapa makanan favorit nan enak, asal masih dalam batas yang wajar loh ya.

Jadi yang masih khawatir nggak bisa melakukan apapun atau pergi kemana-mana saat hamil, buang deh jauh jauh kekhawatirannya. Kehamilan itu menyenangkan kok.

Gambar Hari Ini:

Foto 1963-2014

Hamil, Siapa Takut?