Hati-hati, Efek Samping Sulam Alis Bisa Mematikan Lho!

0 138

Hati-hati, Efek Samping Sulam Alis Bisa Mematikan Lho!

Sulam alis adalah salah satu trend di dunia kecantikan yang makin banyak digemarin sama kaum hawa khususnya yang punya bentuk alis kurang proporsional. Sulam alis emang nawarin kepraktisan dan kecantikan yang permanen. Jadi kalo alis kita udah disulam, nantinya ga perlu pakai pensil alis lagi buat ngebentuk alis mata.

Hati-hati, Efek Samping Sulam Alis Bisa Mematikan Lho!

Sulam alis makin popular banget sekarang ini, apalagi artis-artis juga udah banyak yang nyulam alisnya. Emang, di dunia entertain itu sulam alis udah bukan jadi hal baru lagi. Para artis ini seneng pakai sulam alis karena mereka kan super sibuk banget, jadi ga ada waktu cukup buat mempercantik alis mereka.

Sulam alis sifatnya juga permanen, jadi warnanya ga akan pudar dalam jangka waktu 6 bulan. Kalo udah lewat dari 6 bulan, baru si alis nantinya harus disulam lagi.

Tapi sis meski sulam alis keliatannya simple, ternyata bisa nimbulin efek buruk juga lho! Ya.. namanya juga instan, semua yang dilakuin serba instan ke tubuh ga selamanya punya efek baik. Efek samping sulam alis ini sendiri juga bahaya banget buat tubuh.

Sebelum kita bahas apa aja efek samping sulam alis, baiknya baca dulu deh alasan-alasan kenapa banyak banget kaum hawa ngelakuin sulam alis.

– Biar bentuk alis keliatan sempurna.
– Bulu alis mata jadi ga lebat, warna alis ga tebel dan ga terang.
– Alis satu sama yang lain ga simetris ato ga sejajar.
– Bulu alis rontok jadi bikin alis menipis bahkan ga berbulu.

Efek Samping Sulam Alis

1. Sulam alis nimbulin rasa sakit

Efek samping sulam alis udah pasti bakal nimbulin rasa sakit di alis. Rasa sakitnya kayak kebakar sama perih di kulit alis.

Proses sulam alis diantaranya:

– Alat buat nyulam alis biasanya terbuat dari bahan logam yang runcing, dimana didalamnya udah ada tinta sulam sama jarum.

– Alis digambar pakai tinta di kullit alis. Kulit secara langsung bakal bergesekan sama jarum yang runcing tadi dan nimbulin rasa kebakar juga perih pas proses sulam alis.

– Kulit epidermis bakal ngelupas dan kulit alis yang ngelupas ini bisa diliat pas sista udah ngelewatin proses sulam alis.

2. Sulam alis bisa ngakibatin iritasi

Bagi sista yang kulitnya sehat, sulam alis ga bakal bikin iritasi. Tapi kalo kulit alisnya sensitif, sulam alis ini bisa ngakibatin kulit jadi iritasi. Iritasi ini biasanya ditandain sama timbulnya bercak merah di sepanjang alis mata akibat bahan tinta yang dipakai buat nyulam alis.

Malah di tempat-tempat sulam alis yang kurang professional, mereka suka ganti tinta sulam alis pakai tinta sintetis yang bisa ngiritasi kulit.

Tinta yang bagus buat sulam alis itu tinta yang terbuat dari sari tumbuhan. Makanya disaranin kalo emang sista mo lakuin sulam alis, periksa dulu apa kulit sista sensitif ato engga. Terus alergi juga ga sama tumbuhan tertentu. Kalo iya, jasa sulam alis harus pakai tinta dari sari tumbuhan supaya nantinya kulit sista ga alergi dan ga iritasi.

3. Sulam alis ngerusak kulit epidermis

Efek sulam alis yang bahaya selanjutnya yaitu bisa ngerusak kulit epidermis. Ngegambar di atas kulit tubuh itu bukan berarti ga berbahaya. Alat sulam alis yang semuanya terbuat dari bahan logam runcing ditambah jarum bisa ngerusak kulit epidermis lapisan atas. Ga cuma itu, saraf alis yang kena goresan jarum sulam juga bakalan rusak dan nyebabin peredaran darah jadi ga lancar.

4. Sulam alis bisa nimbulin penyakit kulit

Kaum hawa yang ngelakuin sulam alis bakal gampang kena penyakit kulit. Hal ini karena benda-benda asing dari luar bakal masuk ke dalem pori-pori kulit. Dan pas proses sulam alis, pori-pori di alis kan kondisinya kebuka. Jadi jelas kalo benda-benda asing bakalan masuk ke dalam tubuh. Bahkan tintanya juga bisa masuk dan bisa dipastiin nantinya tubuh jadi gampang kena penyakit.

5. Sulam alis bisa nimbulin infeksi

Infeksi bisa timbul kalo sulam alis ditanganin sama orang yang bukan ahlinya. Emang, ga ada yang bisa ngejamin keamanan sulam alis ini. Kalo alis udah kena infeksi, alis bisa bengkak dan parahnya malah bisa ngeluarin nanah. Infeksi ini bisa ditimbulin sama beberapa hal, diantaranya:

– Tinta yang mengandung bahan kimia berbahaya masuk ke dalam pori-pori.
– Peralatan yang ga steril. Kuman bisa nempel di peralatan yang ga steril dan akibatnya kuman-kuman pun masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori kulit yang kebuka.

6. Sulam alis bisa ngakibatin luka permanen

Jarum sulam yang ujungnya runcing bisa ngakibatin luka permanen di kulit allis. Luka itu biasanya berupa garis manjang di atas alis, jadi bakal nimbulin bekas luka permanen yang ga bisa diilangin.

7. Sulam alis bisa nyebabin kulit ketarik kayak topeng

Lambat laun nantinya kulit bisa mengkerut seiring sama nambahnya usia. Terus bagian tubuh lainnya juga bisa ikut mengkerut, yaitu bagian bibir, mata, dan wajah. Kalo sulam dilakuin di alis, alis dan mata bakal mengkerut ato nyusut, dan nyisain bentuk kayak topeng.

8. Sulam alis bisa nularin penyakit berbahaya

Penyakit berbahaya contohnya AIDS, Hepatitis, TBC, sama sifilis bisa nular lewat jarum sulam alis yang ga steril. Karena bisa jadi jarum yang dipakai ke kulit sista sama si jasa sulam alis itu pernah dipakai buat nyulam alis penderita penyakit berbahaya tadi. Dan kalo hal ini beneran terjadi, apa mo dikata..

9. Sulam alis bisa ngeganggu pertumbuhan bulu alis

Udah dibahas kan sebelumnya kalo sulam alis bisa ngakibatin lapisan kulit epidermis jadi rusak? Kerusakan lapisan kulit ini juga nantinya bakal mempengaruhi pertumbuhan bulu alis. Akibatnya bulu alis jadi ga bisa tumbuh subur kayak biasanya.

10. Sulam alis bisa nimbulin ketergantungan

Efek paling mematikan dari sulam alis itu bisa nimbulin ketergantungan. Kenapa begitu? Karena suatu saat warna si alis bakalan pudar dan sista harus nyulam lagi alisnya. Kalo sista ga nyulam lagi alis yang udah pernah disulam sebelumnya, nanti alis sista jadi jelek soalnya bulu alisnya kan udah ga bisa tumbuh lagi kayak dulu. Jadi satu-satunya jalan adalah dengan nyulam alis ulang.

Duh serem banget ya efek-efeknya? Makanya mending pertimbangin lagi sis kalo sista mo nyulam alis. Jangan sampe nyesel di kemudian hari. Tapi bagi sista yang udah terlanjur lakuin sulam alis, siap-siap aja ngadepin resiko ke depannya.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Hati-hati, Efek Samping Sulam Alis Bisa Mematikan Lho!

Pemotong Pizza

Hati-hati, Efek Samping Sulam Alis Bisa Mematikan Lho!