Hati-hati, Ibu Hamil Jangan Sampai Melanggar Pantangan-Pantangan Ini!

0 1,129

ibu hamil

Buat para ibu hamil yang lagi hamil muda, mungkin sekarang lagi seneng-senengnya nih ngerasain ngidam, ato bahkan sampe ada yang morning sick hampir tiap hari. Uwokk… rasanya morning sick itu parah dah apalagi kalo sampe ilang nafsu makan dan ngidam parah pengennya nabokin lakinya (Hahaha.. Peace! Jangan atuh ah kalo nabokin mah.. :-P)

Hal-hal kayak gini emang udah gak aneh di masa-masa kehamilan trisemester awal atau tiga bulan pertama. Dan ibu hamil yang masih muda usia kehamilannya juga harus selalu hati-hati. Karena banyak banget lho ternyata pantangan-pantangan yang perlu dihindarin di usia kehamilan muda.

Kalo kata orang tua dulu sih pamali, kudu diinget terus. Dan gw merupakan salah satu korban pamali itu, karena dari awal hamil muda, emak gw selalu nyuruh bawa bawang putih, panglai ama peniti kemana-mana buat ‘jimat’ biar makhluk halus ga ngikutin.

Karena kalo lagi hamil itu katanya harum banget. Hahaha.. padahal tips ini kagak ada yah di dunia kedokteran. Gw dan suami juga jujur gak terlalu percaya dan suka melanggar itu nasehat. Hehe..

Kali ini kan dibahas beberapa pantangan buat ibu yang hamil muda

1. Pantangan minum-minuman beralkohol. Alkohol emang bahaya banget, buat orang gak hamil aja bahaya apalagi buat ibu hamil. Karena nanti bayi dalam kandungan bisa cacat, jadi agresif, dan IQ nya jongkok. Waduh amit-amit naudzubillahiminzalik yah!

2. Ngerokok. Yippi.. ngerokok jelas gak boleh karena kalo ibu hamil ngerokok nanti dede bayinya juga ikut ngerokok.

3. ibu hamil gak boleh diet! Gak usah malu gemuk pas lagi hamil, hindarin deh yang namanya diet-dietan. ibu hamil gendut itu wajar kok. Karena kalo sampe nutrisinya kurang, nanti kasian debaynya takut keganggu pertumbuhannya didalem rahim.

4. Jangan terlalu berat beraktifitas atau olahraga. Yang satu ini nih yang kudu diperhatiin juga terutama buat ibu hamil yang bekerja atau hobi olahraga. Olahraga emang sehat tapi waktu hamil harus dikurangin yah, dan kalo masih kerja jangan terlalu berat kerjaannya. Karena kalo kecapekan bisa fatal akibatnya lho, bisa-bisa kandungannya nanti keguguran!

5. ibu hamil dilarang terpapar lama sama sinar radiasi. Misalnya di rontgen atau kerja di radiologi.

6. ibu hamil gak boleh stress juga, karena efeknya sama kaya tadi, bisa keguguran kandungannya.

7. Soal kosmetik, ibu hamil yang suka dandan baiknya kudu lebih hati-hati. Karena sekarang banyak kosmetik yang mengandung merkuri atau bahan kimia yang bahaya banget buat si jabang bayi.

8. Makanan yang belom mateng alias mentah juga perlu tuh dihindarin. Yang mentah emang dari dulu dipercaya gak bagus juga kan buat kesehatan. Contohnya Daging-daging yang di bakar dan panggang. Pengolahan daging dengan di panggang atau dibakar ga terlalu efektif buat membunuh kuman yang ada di daging.

9. Larangan minum sembarang obat-obatan. Buat ibu hamil yang sakit alangkah baiknya mending periksa langsung ke dokter biar dikasih obat yang aman. Karena didalem obat itu kan banyak bahan kimianya, dan kita ga tau mana obat yang aman dan engga buat ibu hamil.

10. Jangan terlalu sering minum minuman yang banyak kafeinnya, misalnya kopi dan teh. Apalagi kalo minumnya berlebihan. No no no!

11. Jangan makan makanan yang mengandung MSG dan formalin. Dan bisa ditebak dong contohnya apa? Yup, kayak bakso atau mie instan. Meskipun baso ga semua pake formalin, tapi lebih baik mencegah dari pada debaynya sakit. Hayo loh ibu hamil kalo ketauan masih jajan bakso! Hehe.. nanti abis lahiran aja puas-puasin beli baksonya.

12. Buat ibu hamil yang doyan daging kambing mendingan hindarin dulu. Daging kambing itu bersifat panas kalo udah diolah di perut. Jadi hindarin dulu yah demi debay.

13. Dan pantangan terakhir adalah jangan makan durian, karena durian juga bisa bikin kandungan keguguran kalo dikonsumsi terlalu banyak, apalagi pas janin masih muda banget.

Wah banyak juga yah ternyata pantangannya. Tapi selain kudu ngehindarin pantangan-pantangan kayak diatas tadi, ibu hamil jangan lupa harus selalu cek up ke dokter. Minimal 1 bulan sekali lah kalo emang kondisi kehamilannya gak rewel.

Biar perkembangan dan pertumbuhan debay juga bisa kepantau terus. Inget ya, langsung ke dokter atau bidan kalau ibu hamil sakit. Jangan ke dukun beranak!

Demikian deh, hehe.. mohon maaf kalo mungkin masih ada banyak list pantangan yang kurang. Sehat terus ya ibu hamil.

Gambar Hari Ini:

Fashion Jepang

Hati-hati, Ibu Hamil Jangan Sampai Melanggar Pantangan-Pantangan Ini!