Hati-hati Milih Produk Skincare sama Kosmetik Yang Aman Buat Ibu Hamil!

0 125

Hati-hati Milih Produk Skincare sama Kosmetik Yang Aman Buat Ibu Hamil!

Ibu hamil selama hamil pasti bakal ngalamin perubahan mood juga perilaku yang drastis. Misal, ibu hamil lebih suka dandan dan mempercantik diri. Tapi ada juga ibu hamil yang cuek aja sama penampilan misalnya males mandi, males sisiran,males make-upan sampe males pake parfum.

Bahkan buat ibu hamil yang suka dandan, tiba-tiba bisa jadi ga suka dandan. Tapi demi kebaikan si janin di perut, lebih baik ibu hamil ngehindarin dulu penggunaan kosmetik.

Apalagi sekarang ini banyak banget kosmetik oplosan di jual di pasar yang efeknya jelas bahaya banget buat kesehatan kulit juga kehamilan.

Bahan Kosmetik Yang Bahaya Buat ibu hamil

Banyak bahan kosmetik yang ga boleh digunain sama ibu hamil. Alesannya adalah karena bahan-bahan berbahaya ini bisa ngeganggu kesehatan ibu sama janin yang ada didalem kandungan. Sayangnya, ibu hamil kadang ga merhatiin komposisi dari kosmetik yang dia pake. Akibatnya, si ibu hamil jadi ga sadar bahaya kosmetiknya itu.

Dibawah ini ada beberapa macam bahan kosmetik yang ga boleh ada di dalem peralatan kosmetik ibu hamil:

– Retinoid

Salah satu komposisi bahan kimia ini bisa bahaya banget buat kandungan ibu hamil dan bikin janin ngalamin cacat fisik atopun mental. Biasanya retinoid sering dijadiin bahan campuran obat jerawat, krim anti jerawat sama salep jerawat.

– Merkuri

Merkuri termasuk zat logam yang bahaya banget dan sering ditemuin didalem kosmetik. Bahkan BPOM udah berhasil nemuin banyak kosmetik yang kebukti mengandung merkuri di pasaran. Efek jangka panjangnya, logam merkuri ini bisa nyebabin ibu hamil sama janinnya ngalamin gagal ginjal sama kerusakan hati.

– Hydroquinone

Hydroquinone sama kayak merkuri. Bahannya bisa ngebahayain ibu hamil dan juga janin yang ada didalem kandungan. Makanya, ibu hamil harus teliti pas beli kosmetik khususnya produk krim pemutih.

– BHA

BHA ato Salicylic Acid sering dijadiin campuran bahan buat krim jerawat. Kandungan BHA sebenernya aman, tapi kebanyakan kosmetik yang dijual itu kadar BHA nya udah over banget alias di atas normal. Kandungan BHA yang aman itu harusnya cuma 2% aja, terus khusus buat ibu hamil mending hindarin dulu kosmetik yang pake BHA.

– Benzoil Peroxyde

Benzoil Peroxyde punya kandungan yang bahaya banget dan bisa masuk kedalem organ tubuh akibat diserep sama pori-pori kulit. Bahan ini biasanya dicampurin sama produk krim ato gel jerawat.

– Rhodamin

Rhodamin berwujud kayak pewarna tekstil yang harusnya ga boleh dijadiin campuran bahan didalem produk kecantikan. Karena kalo produk kecantikan yang mengandung rhodamin dipake sama ibu hamil, resikonya nanti ibu hamil bisa kena kanker dan si janin bisa lahir cacat. Amit-amit naudzubillahimindzalik..!!

Nah setelah kita tau bahaya apa aja dalam kosmetik yang bahan-bahannya bisa ngebahayain ibu hamil. Sekarang kita lanjut bahas soal bahaya apa aja yang ngancem janin kalo ibunya pake produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya diatas tadi.

– Bayi yang lahir bisa cacat, misalnya mata juling, jari dempetan, punya jumlah jari berlebihan ato kurang.
– Perkembangan janin keganggu.
– Janin bisa keracunan, misal aroma parfum yang nyengat banget bisa masuk ke dalem tubuh dan bikin si janin jadi keracunan.
– Bisa nyebabin kematian bayi, entah bayi yang masih didalem kandungan ato yang baru dilahirin. Bahan-bahan yang bisa nyebabin kematian yaitu merkuri sama hydroquinone.
– Terlalu lama kepapar bahan kosmetik berbahaya bisa ngakibatin ibu hamil sama janin kena kanker dan si janin bisa kena cacat bawaan juga kayak bibir sumbing.
– Otak janin bisa keganggu pertumbuhannya.
– Timbul kelainan jantung sama paru-paru.
– Alergi kulit.
– Gangguan reproduksi.
– Keguguran.
– Komplikasi kehamilan, misalnya hipertensi sama diabetes.

Tips Milih Kosmetik Yang Aman Buat ibu hamil

Pas lagi hamil, ibu hamil bisa aja pake produk kosmetik yang aman. Tapi pastinya ibu hamil ga boleh sembarangan milih kosmetik. Simak berikut tips-tipsnya.

– Ibu hamil yang sering ngelakuin perawatan kulit sebelum hamil, lebih baik sering konsultasi ke dokter kandungan. Supaya dikasih solusi perawatan kulit mana yang cocok dan dibolehin.
– Cek produk kosmetik yang mo dipake apa udah kedaftar di BPOM ato belom. Kalo belom kedaftar berarti ga aman dan ga layak pake.
– Perhatiin komposisi produknya, apa ada bahan berbahaya ato engga. Kalo ada, jangan dibeli!
– Cek juga tanggal expirednya. Kalo udah kadaluarsa, pastinya jangan dibeli juga.
– Pas ibu hamil pake produk kosmetik, liat dulu perubahannya. Kalo ibu hamil ngerasain ga nyaman di kulit sama wajah, lebih baik stop pemakaiannya.
– Jangan pake kosmetik yang berlebihan.
– Pake kosmetik yang alami lebih baik ketimbang yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami misalnya, madu, telur, bengkoang, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Kosmetik Yang Harus Dihindarin Sama Ibu Hamil

– Obat jerawat

Obat jerawat yang harus dihindarin sama ibu hamil diantaranya yang mengandung retinol A, benzoil peroxyda, accutane, hidrokortison, dan BHA.

– Krim pemutih kulit

Krim pemutih kayak krim malam, siang sama krim anti penuaan ga boleh dipake sama ibu hamil, karena banyak mengandung zat retinoid. Terlalu banyak pake krim pemutih juga bisa ngerusak perkembangan sama pertumbuhan janin.

– Pemutih instan

Ibu hamil jangan mudah kegiur sama hal-hal instan kayak pemutih yang harganya murah dan banyak dijual di pasaran. Karena yang instan dan murah itu banyak mengandung logam merkuri sama hydroquinone. Kalo dipake terus dalam jangka lama bisa-bisa kena kanker.

– Perawatan rambut

Tampil cantik dengan ngerawat rambut boleh aja, tapi ibu hamil harus mastiin kalo produk perawatan rambut yang dipake ga ada unsur kimianya. Contoh perawatan rambut yang harus dihindarin dulu sama ibu hamil selama hamil yaitu kayak rebonding, ngeriting rambut, ngecat rambut, sama hair removers. Perawatan-perawatan ini emang ga aman karena selain bisa ngerusak kulit kepala, bahan kimianya juga bisa ngeganggu perkembangan janin.

– Perawatan kuku

Ibu hamil kalo mo tampil stylish sama trendy mending disaranin abis lahiran aja. Karena meski sekedar ngelakuin perawatan kuku, tapi uap sama produk perawatan kukunya bisa masuk ke dalem tubuh dan mempengaruhi janin.

Produk perawatan kuku yang harus dihindarin yakni yang mengandung zat phatalates, terus bahan-bahan cat kuku kayak top coat sama base coat kalo kehirup aromanya dan masuk ke tubuh, nanti si jabang bayi bisa cacat.

– Parfum

Parfum ato wewangian lain kayak deodorant yang baunya tajem juga ga boleh dipake sama ibu hamil. Efeknya sama kayak cat kuku tadi, dimana kalo kehirup aromanya bisa ngebahayain janin.

Maka dari itu, selama hamil sebaiknya ibu hamil yang emang ga bisa ngehindarin kebiasaan pake kosmetik. Harus selektif banget milih kosmetik yang aman. Jangan asal-asalan! Malah kalo bisa, jaga nafsu berdandan dulu sampe abis lahiran. Hehee.. biar total nanti ngelakuin perawatannya 🙂

Gambar Hari Ini:

Truk Masuk Terowongan

Hati-hati Milih Produk Skincare sama Kosmetik Yang Aman Buat Ibu Hamil!

Sumber: @kimdaoblog

Hati-hati Milih Produk Skincare sama Kosmetik Yang Aman Buat Ibu Hamil!