Hati-hati, Ternyata Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda Itu Bahaya!

0 2,220

Hati-hati, Ternyata Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda Itu Bahaya!

Punya gigi putih dan indah itu dambaan buat semua kalangan baik cewek atopun cowok. Khususnya buat kita-kita ini kan sis biar makin mempercantik penampilan!

Mutihin gigi itu emang banyak caranya, bisa lewat perawatan intensif di klinik dokter gigi, rajin gosok gigi pakai berbagai merk odol yang bagus, pakai produk-produk pemutih gigi yang dijual di pasaran, ato bahkan sampai pakai bahan-bahan alami.

Tapi sayang sis, sebagian dari kita mungkin ga sadar kalo beberapa cara instan yang dilakuin itu kadang ga selalu baik efeknya. Efek jangka pendeknya emang ga keliatan, tapi ke depannya lama kelamaan malah bisa ngerusak gigi. Kayak salah satu bahan yang sering dimanfaatin buat mutihin gigi yang bakal kita bahas, yaitu baking soda. Meskipun baking soda tergolong efektif dan ampuh dalam jangka pendek, tapi sista pasti ga tau kan efek ke depannya gimana?

Baking soda emang dipercaya efektif buat mutihin gigi dan bisa ngilangin perubahan warna di gigi. Gigi yang udah mulai menguning ato udah ga putih lagi bakal putih berkilau dalam waktu singkat berkat baking soda. Kalo penggunaannya tepat, baking soda juga bisa ngilangin plak dan kotoran-kotoran di gigi akibat kopi, teh, dll. Bahkan bahan yang satu ini bisa ngejangkau kotoran sampai ke celah-celah gigi.

Apa sih baking soda itu?

Baking soda adalah bubuk putih yang biasa dipakai ibu rumah tangga buat ngembangin kue. Ibu-ibu suka nyebut baking soda ini dengan sebutan soda kue. Formula baking soda sendiri terdiri dari bahan kimia sintesis yaitu senyawa natrium bikarbonat (NaHCO3) ato sodium bikarbonat. Senyawa ini merupakan kelompok garam yang sifatnya basa, abrasif, dan korosif.

Apa aja manfaat baking soda?

Selain sebagai pengembang kue, baking soda juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya antara lain, bisa mutihin gigi juga kulit, buat ngeredain asam lambung, ngerendem kaki yang kecapekan, ngatasin gigitan serangga, buat ngebersihin porselen, panci, enamel, dan permukaan keras lain.

Nah, sekarang kita bahas apa aja manfaat dan bahaya baking soda buat mutihin gigi.

Manfaat mutihin gigi pakai baking soda

Baking soda emang efektif banget buat ngebersihin gigi, yaitu bisa ngilangin perubahan warna di gigi, bisa ngejangkau celah-celah sama retakan gigi, dan ngurangin pertumbuhan bakteri didalam mulut. Selain itu, baking soda juga bisa ngebuang plak gigi yang numpuk, ngilangin bau mulut, dan nyegah penyakit gusi dan gigi.

Bahaya mutihin gigi pakai baking soda

Meski ampuh mutihin gigi sementara waktu, tapi tetep aja baking soda itu bahan kimia sintetis yang kalo penggunaannya terlalu berlebihan dalam jangka waktu lama bisa ngerusak permukaan gusi sama gigi. Enamel gigi bakal menipis jadi gigi keliatan transparan dan warnanya malah gelap. Terus gigi juga bakal ngalamin korosi, keropos dan gampang rapuh.

Makanya, jangan pakai baking soda langsung buat mutihin gigi. Maksudnya jangan bikin racikan pemutih gigi yang dicampur sama baking soda. Berapapun itu takarannya, karena ga ada standar takaran tepatnya.

Kalo mo dapetin manfaat baking soda buat mutihin gigi, lebih baik pakai odol yang mengandung baking soda aja. Karena kadar baking soda didalam odol kan udah pasti menuhin standar yang udah teruji secara klinis, dan pastinya recommended banget.

Sista, daripada gigi rusak gara-gara baking soda. Mending coba deh cara alternatif buat mutihin gigi berikut ini.

– Kayu Siwak

Penggunaan kayu siwak sebagai sikat gigi udah lazim dilakuin sejak abad 14 lalu. Banyak peneliti ngebuktiin kalo dengan rajin gosok gigi pakai kayu siwak ini bakal ngehindarin gigi dari berbagai masalah gigi. Caranya juga sederhana banget, cukup bentuk ujung kayu siwak sampai nyerupain kuas, ato kalo emang ga mo dibentuk juga gpp. Terus pakai kayu siwak itu buat sikat gigi.

– Kulit jeruk mandarin

Jeruk mandarin ato biasa disebut jeruk keprok, jeruk jepun ato jeruk maseh, juga ampuh buat mutihin gigi. Caranya, kupas kulit jeruk mandarin, buahnya bisa dimakan dan kulitnya gosokkin ke area gigi bagian dalam. Kumur-kumur pakai air bersih buat ngilangin sisa-sisa kulit jeruk tadi. Lakuin rutin tiap hari biar gigi keliatan putih berkilau dalam waktu singkat.

– Buah jeruk lemon

Asam sitrat yang terkandung didalam buah lemon bisa dimanfaatin buat mutihin gigi. Caranya juga gampang, buah lemon dipotong-potong jadi beberapa bagian. Manfaatin potongan-potongan tadi buat gosok gigi. Kumur-kumur pakai air bersih buat ngilangin sisa-sisa lemon yang nempel di gigi. Lakuin cara ini rutin biar hasilnya maksimal.

– Sari Jeruk nipis & garam

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang baik banget buat ngejaga kesehatan gusi sama gigi. Sedangkan garam kaya akan sodium yang bisa ngebersihin kotoran di gigi. Caranya juga gampang, peres jeruk nipis, tambahin 1 sendok garam terus aduk sampai rata. Pakai campuran ini buat gosok gigi.

Jangan lupa kumur-kumur pakai air bersih. Lakuin hal ini rutin tiap hari. Dijamin plak yang nempel di gigi bakal hilang dan gigi jadi putih.

– Makan sayur dan buah

Selain punya manfaat besar buat kesehatan, makan sayur dan buah ternyata bisa nyehatin gigi juga. Gigi bisa putih secara alami dan air liur yang bersifat anti bakteri bisa kerangsang buat keluar pas kita makan sayur ato buah.

Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Hati-hati, Ternyata Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda Itu Bahaya!

Bayi Berry

Hati-hati, Ternyata Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda Itu Bahaya!