Ini Dia Tips-Tips Cantik Pasca Bersalin/Melahirkan

0 158

Ini Dia Tips-Tips Cantik Pasca Bersalin/Melahirkan

Bunda yang baru aja lewatin proses persalinan, sama sista semua yang nanti bakal ngalamin persalinan, ato mungkin lagi siap-siap nunggu waktu bersalin. Tips-tips cantik ini wajib dibaca ya!

Pasca bersalin, semua perempuan pasti ngeluh karena tubuh jadi melar dan mungkin ada beberapa bunda yang agak susah nurunin berat badannya lagi. Belom lagi rasa sakit bekas jaitan operasi cesar suka lama sembuhnya, terus sakit pas nyusuin, sering buang air kecil, suka ngerasa seolah-olah mo buang air besar akibat bekas luka sobekan waktu bersalin, sampe mood yang kadang ga kekontrol.

Nah, hal ini perlu banget diperhatiin supaya bunda jadi ga stress. Emang sih, ngelewatin masa-masa kehamilan sampe bersalin itu ga gampang. Apalagi sewaktu hamil, rasa pegel, capek, terus kita harus hati-hati juga kan jaga kesehatan, jaga konsumsi makanan, sampe jaga hati, perasaan, tingkah laku, sama omongan biar tetep sabar dan tenang pas hamil. Belom lagi pas masa bersalin, itu semua tuh bener-bener ngorbanin energy dan nyawa banget. Jadi wajar, kalo kadang semua pengorbanan itu bisa nimbulin stress pasca bersalin.

Tapi meski begitu, bunda harus tetep strong dan ga boleh stress ya. Emang udah kodrat kita begitu kan bunda. Kasian debay juga kan kalo bundanya stress nanti produksi ASInya jadi ga bagus.

Dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakuin buat mulihin lagi kondisi tubuh bunda pasca bersalin.

– Ngegendong bayi sama istirahat yang cukup bisa mulihin rasa letih pas bersalin. Tapi istirahat disini bukan berarti ga boleh bergerak sama sekali ya. Justru biar cepet sembuh, bunda disaranin buat sering gerakkin tubuh. Yaa minimal gerakkin tubuh di tempat tidur, turun dari tempat tidur, dan jalan-jalan di kamar. Bahkan nyusuin, gendong sama pakein baju si dede juga bisa jadi terapi ringan buat bantu mulihin.

– Kebersihan vagina bisa mempercepat pemulihan bagi bunda yang lahirannya normal. Makanya, usahain area sekitar vagina selalu bersih dan kering. Bunda harus rajin juga ganti pembalut khusus pasca bersalin. Biarin luka jaitan di vagina kena udara terbuka beberapa saat tiap harinya.

Dan lama penyembuhannya biasanya sekitar 1 mingguan. Sedangkan buat bunda yang lahiran cesar, basahin luka pakai air hangat tiap mandi. Kalo udah kering, bersihin pakai sabun antiseptic. Di pasaran juga dijual kok plester khusus buat nutup luka bekas operasi.

– Banyakin konsumsi protein. Ada pendapat yang bilang kalo abis lahiran ga boleh ngonsumsi protein dari telur, ikan ato daging. Padahal mah itu cuma mitos aja bun. Proses pemulihan pasca persalinan itu mesti didukung sama nutrisi lengkap. Protein bisa bantu proses penyembuhan luka jahitan. Dan protein ini banyak terkandung di dalam ikan.

Konsumsi vitamin B kompleks dan vitamin C juga ga boleh ketinggalan. Karena bisa bantu antibodi bunda pasca bersalin. Terus sayuran hijau juga tuh wajib, contohnya sayur bayam sama kacang-kacangan. Usahain konsumsi makanan yang kaya serat juga supaya buang air besar lancar. Ini ga kalah pentingnya, karena kalo buang air besar keras bisa ngehambat proses pemulihan.

Supaya bunda tetep cantik, bunda perlu juga senam ato olahraga. Senam pasca bersalin itu bisa dijadiin latihan gerak yang harus dilakuin secepet mungkin. Kenapa harus cepet? Karena supaya otot-otot yang tegang pas hamil dan bersalin bisa cepet normal lagi dan balik ke kondisi semula.

Tujuan perlunya dilakuin senam pasca bersalin yaitu:

– Ningkatin lagi kekuatan otot yang tegang selama hamil.
– Ningkatin rasa tenang dan ngelancarin sirkulasi darah.
– Ngembaliin tubuh biar ramping lagi.
– Ngehindarin terjadinya bengkak di pergelangan kaki dan mencegah munculnya varises.
– Ngembaliin rahim ke posisi dan bentuk semula.
– Ngelancarin ASI.

Tapi ya bun, senam pasca bersalin ini ada ketentuannya juga lho! Ga semua bunda yang abis lahiran bisa lakuin senam hamil ini.

Syarat-syarat senam pasca bersalin

– Khusus buat bunda yang lahirannya sehat dan ga ada kelainan.
– Senam ini dilakuin setelah 6 jam persalinan. Bisa dilakuin di rumah bersalin ato di rumah sakit, dan dilakuin berulang selama 2 minggu.

Pelaksanaan

– Pemanasan. Posisi tegak berdiri. Gerakkin kepala miring ke kiri dan ke kanan. Terus angkat dengan gerakan nunduk sambil ngangkat kepala. Bahu diangkat, putar-putar. Di posisi yang sama, buka kedua kaki, tangan direntangin, tekuk lutut sambil tumit diangkat, terus kembali ke posisi semula. Posisi diri dengan lutut ditekuk, lakuin gerakan nekuk pergelangan tangan ke atas dan bawah. lanjutin sama gerakan muter pergelangan tangan dari luar ke dalam, juga sebaliknya.

Posisi diri tegak perut dikencengin, ayunin badan ke kiri dan kanan. Masih diri tegak, perut dikencengin, tangan diayun dan kaki terbuka. Lakuin gerakan kayak lagi ngedorong, posisinya serong ke kiri dan sebaliknya. Pokonya semua gerakan diulang sampe 8x.

– Peregangan. Posisi berdiri dimana salah satu sisi badan miring ke kiri, tahan beberapa detik terus balik ke posisi semula. Lakuin kea rah sebaliknya.Tekuk kaki kanan (miring ke kiri), ayun tangan lurus ke samping, lakuin gerakan ke arah sebaliknya. Kaki dibuka, pandangan ke bawah. Tekuk kaki kiri sambil ngayunin tangan kanan sampe nyentuh kaki kiri dan sebaliknya. Posisi kayak jongkok dimana telapak tangan nyentuh lantai.

Angkat panggul pelan-pelan sambil ngangkat kedua tangan ke atas sampe posisi berdiri. Posisi kayak ngerangkak, lengan dibuka sejajar sama kaki dan bahu. Tundukkin kepala sambil narik nafas, angkat punggung sambil ngencengin otot panggul. Tahan beberapa detik terus kembali ke posisi semula. Lakuin semua gerakan berulang masing-masing 8x.

– Ngencengin otot paha. Posisi tetep kayak ngerangkak. Dorong kaki ke belakang tanpa nyentuh lantai. Lakuin gerakan ini dengan kaki bergantian. Posisi tetep ngerangkak, dorong juga kaki nyamping dan sama halnya kayak tadi, gerakan dilakuin bergantian. Masing-masing gerakan diulang 8x.

– Putar lengan sambil duduk dengan posisi sila. Rentangin tangan terus putar pergelangan tangan, bahu sama lengan. Lakuin gerakan dengan cepet sambil ngencengin perut.

– Putar pinggang sambil duduk dengan posisi kaki terbuka, tangan dibelakang sambil nundukkin kepala. Terus gerakin badan ke depan, samping dan nyerong dengan gerakan muter pinggang.

– Kencengin betis sama paha di posisi tidur miring ke kanan. Angkat kaki ke atas, turunin pelan-pelan. Lanjutin beberapa gerakan yaitu muter pergelangan kaki, gerakan kombinasi ngangkat kaki ke atas, putar pergelangan kaki, terus turunin pelan-pelan. Masih di posisi tidur miring, ayunin kaki ke depan barengan dengan posisi tangan ke arah berlawanan. Posisi tidur celentang, ayunin kaki turun naik. Lanjut dengan gerakan ngangkat salah satu kaki. Lakuin gerakan sebaliknya juga semua gerakan tadi ya bun, masing-masing 8x juga.

– Ngecilin perut dengan posisi ngangkat salah satu kaki barengan, ngangkat kepala dan bahu, terus tangan ngeraih kaki yang diangkat. Posisi celentang dengan kaki di tekuk dan tangan di dada. Angkat kepala sampe bahu sambil ngencengin perut. Lanjut ke gerakan ngangkat kepala sama punggung sampe posisi duduk, terus turunin pelan-pelan. Posisi tidur celentang. Angkat salah satu kaki sampe 90⁰, turunin dan lanjutin bergantian. Angkat kaki, tahan terus balik lagi ke posisi sejajar.

– Pendinginan. Posisi tidur celentang. Rentangin kedua tangan ke atas sambil muter nafas. Tekuk kaki terus tahan pakai kedua tangan. Masih di posisi tidur celentang, tekuk kaki sambil miringin badan, letakkin kaki ke sisi lain. Sambil miringin badan juga, letakkin lagi kaki ke sisi lain sambil atur pernafasan. Perut dikunci sambil atur terus pernafasan dan rongga dada bergerak.

Gimana bunda dan sista? Cukup jelas kan?

Jangan lupa dipraktekin ya biar kecantikan kalian tetep terjaga meski baru bersalin.
Semangat, semoga berhasil.

Gambar Hari Ini:

Obama Makan Mie Di Vietnam

Ini Dia Tips-Tips Cantik Pasca Bersalin/Melahirkan

Ini Dia Tips-Tips Cantik Pasca Bersalin/Melahirkan

Sumber: @kimdaoblog