Inilah Manfaat-Manfaat Berhenti Merokok Buat Kecantikan!

0 186

Inilah Manfaat-Manfaat Berhenti Merokok Buat Kecantikan!

Kita semua tau kalo yang namanya “ngerokok” itu punya dampak negatif buat kesehatan. Selama ini banyak juga kan digembar gemborin berita soal bahaya ngerokok yang bisa nimbulin penyakit kayak jantung, kanker paru-paru, dan masih banyak lagi. Tapi tau ga sis kalo ngerokok juga ternyata dampaknya buruk banget buat kecantikan kulit.

Ngerokok bisa ngerusak rambut sama kulit dan bikin sista jadi keliatan jauh lebih tua dari usia sista yang sebenernya. Karena oksigen sama nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dihalangin sama rokok. Maka dari itu, bagi sista yang ngerokok mending brenti deh mulai dari sekarang, dan baca manfaat brenti ngerokok buat kecantikan berikut.

– Mencegah kerutan

Salah satu manfaat terbaik dari brenti ngerokok itu bisa nyegah munculnya kerutan. Tapi brenti ngerokok bukan berarti ngurangin semua keriput yang muncul ya, karena hal ini udah alami dari proses penuaan. Ngerokok cuma bisa mempercepat perkembangan keriput sama memperdalem keriput yang udah ada.

Hal ini terjadi karena faktor yang disebabin sama bahan kimia di rokok mempengaruhi elastisitas kulit sista. Dan satu lagi yaitu gerakan berulang pas ngerokok bisa nimbulin kerutan di sekitar idung sama mulut. Bahkan menurut penelitian, rokok bisa bikin payudara kendor. Ih serem..

– Mencegah Bibir Jadi Hitam

Masalah yang paling umum dari efek ngerokok yaitu bibir jadi hitam. Panas rokok yang nempel langsung di bibir jadi penyebab utama kenapa perokok bibirnya jadi hitam. Selain itu, ngurangnya sirkulasi darah di kulit bibir juga jadi faktor pendukung bibir jadi hitam. Kalo sista ga ngerokok, pastinya bibir sista bakalan tetep merah merona kan?

– Bintik Hitam Di Wajah

Bintik hitam di wajah ato disebut “age spot” biasanya sering terjadi akibat paparan sinar matahari langsung. Tapi menurut penelitian, orang yang ngerokok lebih rentan kena bintik hitam dibanding mereka yang engga. Hal ini karena zat kimia yang terkandung didalem rokok bisa ngubah kulit sista jadi ga sehat.

Sebenernya sista bisa aja nutupin bintik hitam ini pake make-up. Tapi alangkah baiknya mending kita ngehindarin dong? Biar ga cepet kena penuaan dini.

– Ningkatin Kondisi Kulit

Buat memproses 1 batang rokok, tubuh manusia ngonsumsi 35 mg vitamin C. Vitamin C itu vitamin yang ga stabil dan gampang kedegradasi. Biasanya vitamin ini didapet cuma dari konsumsi makanan, karena vitamin C ga diproduksi sama tubuh.

Salah satu fungsi vitamin C yaitu buat mertahanin mutu sama keutuhan jalinan serat kolagen kulit. Kolagen adalah serat-serat protein di kulit yang nentuin tampilan kulit kenceng, mulus, dan awet muda. Kurangnya vitamin C, bisa bikin jalinan serat kolagen keurai. Jadi nanti bisa muncul gambaran kerutan premature di beberapa bagian, kayak di ujung mata sama area mulut.

– Nurunin Resiko Kanker Kulit

Menurut penelitian, rokok berkaitan banget sama peningkatan resiko beberapa jenis kanker kulit. Ga ada yang indah soal bekas luka berkerak ato luka biopsy di kulit kan sis? Apalagi kanker kulit itu bisa ngakibatin kematian. Belom lagi resiko kanker paru-paru juga ngancem kalangan perokok.

– Ngurangin Gigi Kusam Sama Bau Mulut

Sista mungkin pernah denger kalo minum kopi, teh ato soda bisa bikin gigi jadi kuning. Nah, rokok juga bisa nimbulin resiko yang sama. Penyebab utamanya adalah racun nikotin dari tembakau didalem rokok. Makanya gigi jadi kuning dan napas bau banget, ga sedep lah pokoknya! Tapi untungnya, hal ini masih bisa dihindarin ato berkurang kalo sista mo brenti ngerokok. Soalnya kalo efek ini permanen bisa berabe.

– Perbaikan Warna Sama Rona Kulit

Hemoglobin yang keiket sama karbon monoksida didalem sirkulasi darah ke kulit bisa memperburuk gambaran kulit jadi sedikit lebih gelap dan kuning. Selain perubahan warna sama rona kulit, kulit perokok biasanya keliatan lebih kering ketimbang kulit normal. Hal ini karena asap panas dari rokok langsung ngontak ke kulit terutama ke wajah.

– Mencegah Rambut Rokok

Ngerokok bisa bikin rambut jadi tipis. Penyebabnya yaitu, ngerokok bakal nyumbat pembuluh darah arteri yang tugasnya ngirimin nutrisi ke seluruh tubuh termasuk ke kulit kepala. Akibatnya, tubuh kekurangan asupan nutrisi yang baik, jadi pertumbuhan rambut juga ikut kehambat.

– Mencegah Bisul Sama Jerawat

Perokok cenderung wajahnya jerawatan. Jerawat ini muncul akibat nikotin sama racun dari rokok. Asap rokok juga bisa ngerusak tekstur kulit dan bisa nyumbat area lain, kayak bawah payudara, ketiak, sama leher.

– Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ngerokok bisa memperlambat supply darah dan pasokan oksigen ke kulit. Makanya kalo kulit luka, proses penyembuhannya juga bakal kehambat. Hal ini bisa ningkatin resiko infeksi sama masalah pembekuan darah dari rusaknya jaringan kulit.

– Rambut rontok ato kebotakan dini

Mo laki-laki ato perempuan cenderung bisa ngalamin kerontokan rambut akibat ngerokok. Dan ini udah jelas kebukti, para peneliti juga udah ngidentifikasi kalo ngerokok jadi faktor resiko yang cenderung dialamin sama kebanyakan cowok di Asia.

– Kehindar dari Penyakit Katarak

Ngerokok bisa bikin sista kena penyakit katarak. Katarak itu ganggguan mata yang nyerang lensa, akibatnya pandangan jadi burem ato kabur, bahkan bisa sampe buta.

Nah, udah tau kan sekarang sis apa aja manfaatnya kalo sista brenti ngerokok? Ato kalo sista yang ga ngerokok, lebih baik hindarin jauh-jauh asap rokok. Karena bukan Cuma perokok aja yang bisa kena efek rokok. Tapi udah banyak juga yang jadi korban asap rokok. Apalagi kalo sista lagi hamil, hhmmm uda deh jauhin tuh rokok kalo ga mo si janin kenapa-kenapa.

Sekali lagi, inget ya sis, no smoking..

Gambar Hari Ini:

Warnet Tidak Buka Karena Sedang Tutup

Inilah Manfaat-Manfaat Berhenti Merokok Buat Kecantikan!

Sumber: @kimdaoblog

Inilah Manfaat-Manfaat Berhenti Merokok Buat Kecantikan!