Jangan Buang Ampas Teh! Belom Tahu Kan Apa Manfaatnya Buat Kecantikan?

0 152

Jangan Buang Ampas Teh! Belom Tahu Kan Apa Manfaatnya Buat Kecantikan?

Pada umumnya, makanan ato minuman yang udah basi itu pastinya ga bisa dikonsumsi lagi kan? Tapi, beda sama yang satu ini, yaitu ampas teh.

Ampas teh? Mo diolah jadi apa emang? Diminum lagi gitu?

Heheee ya enggaklah. Tau ga sis, ternyata daun teh yang udah diseduh alias ampas teh yang didiemin sampai basi itu punya banyak manfaat buat kecantikan. Emang sih kayaknya ga banyak orang tau soal manfaat ampas teh ini.

Dan jenis ampas teh yang bisa dimanfaatin juga macem-macem, bisa teh hijau, teh hitam, ato jenis teh lain. Karena emang ampas teh dari semua jenis teh itu punya manfaat yang sama.

Jangan Buang Ampas Teh! Belom Tahu Kan Apa Manfaatnya Buat Kecantikan?

Terus apa aja sih manfaat ampas teh buat kecantikan? Berikut ulasannya.

Ampas teh mengandung vitamin E yang baik buat kulit wajah dan kulit kepala. Dan yang perlu kita semua tau juga nih sis, ampas teh itu mengandung vitamin 508 kali lebih banyak dibanding sama jeruk lemon. Makanya biar hasilnya maksimal, mending perawatan dilakuin tiap hari. Manfaat-manfaatnya antara lain:

Ngilangin Jerawat

Jerawat emang jadi boomerang bhangat bagi semua orang. Karena jerawat ini bisa ngeganggu penampilan dan bikin penampilan kita jadi ga pede. Tapi tenang aja sis, karena kalo sista rutin balurin ampas teh ke wajah yang jerawatan semaleman. Dijamin masalah jerawat bisa hilang sendirinya dan ga bakal ninggalin bekas.

Ngurangin Noda Bekas Jerawat

Selanjutnya, si ampas teh ini bisa dimanfaatin juga buat ngurangin noda bekas jerawat. Pas jerawat udah kering setelah terjadi peradangan, biasanya suka nimbulin bekas noda ato flek hitam gitu kan? Nah sista pakai aja ampas teh.

Jangan pakai krim penghilang noda jerawat yang belum tentu efektif. Caranya, olesin ampas teh ke noda ato flek hitam bekas jerawat sekitar 10-15 menitan, terus bilas deh pakai air bersih.

Ngencengin Kulit

Tiap orang pastinya pengen punya kulit wajah kenceng dan kehindar dari keriput. Salah satu perawatan yang bisa dimanfaatin biar wajah tetep kenceng adalah dengan pakai ampas teh. Caranya, ampas teh dibalurin ke wajah sebelum tidur. Biarin semaleman biar ampas teh ini bisa bener-bener merata dan nyeresep di wajah. Besok paginya, bilas ampas teh pakai air sampai bersih.

Nyembuhin Kulit Yang Kebakar Sinar Matahari

Sinar matahari yang kena kulit langsung pastinya bakal nimbulin dampak buruk buat kulit. Terutama nih bagi sista yang setiap harinya beraktivitas di outdoor dan kena paparan sinar matahari langsung. Kulit pasti suka jadi kemerahan dan kebakar. Kalo udah gini jangan dibiarin sis, coba dinginin kulit pakai ampas teh sebagai bahan campuran buat berendem.

Caranya, taro beberapa kantong ampas teh bekas yang udah dingin ke dalam bak mandi ato bath tub. Rendem aja tubuh sista setelah seharian beraktivitas dibawah sinar matahari. Ampas teh bisa ngasih efek dingin ke kulit dan bisa nyembuhin kulit kemerahan akibat kebakar sinar matahari.

Bikin Wajah Keliatan Awet Muda

Ampas teh bisa bikin kulit wajah kenceng dan bikin wajah jadi keliatan awet muda dari umur sebenernya. Kenapa? Karena kandungan antioksidannya emang ampuh bhangat buat nangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Makanya, kalo sista pengen punya kulit yang awet muda, ga ada salahnya manfaatin ampas teh buat perawatan kulit biar kulit awet muda terus.

Konditioner Rambut Alami

Selain bermanfaat buat kulit wajah, manfaat ampas teh lainnya yaitu bisa dijadiin conditioner rambut alami. Caranya, rendem lagi bekas ampas teh pakai air hangat, diemin supaya dingin. Setelah itu, langsung aja pakai buat ngebilas rambut yang udah dicuci. Biarin beberapa menit, terus bilas lagi pakai air sampai bener-bener bersih.

Ngilangin Mata Panda

Buat sista yang punya kebiasaan selalu didepan monitor, biasanya kantung matanya lama kelamaan nantinya bisa jadi gelap. Pastinya ini ngeganggu bhangat kan sis? Tapi buat ngatasin masalah ini, sista ga perlu bingung, langsung aja deh manfaatin bekas ampas teh yang udah basi.

Caranya gampang banget, masukkin wajah ke dalam air teh yang udah basi dengan posisi mata terbuka. Lakuin aja rutin tiap hari, perubahannya juga bisa langsung kita rasain sis, dimana mata jadi keliatan lebih jernih. Dan pastinya kantung mata jadi balik lagi ke semula karena lingkaran hitam di kantung mata udah hilang.

Mencegah Rambut Rontok

Ga sedikit wanita punya masalah rambut rontok. Penyebab rambut rontok ini juga macem-macem, bisa karena faktor cat rambut, hair dryer, faktor keturunan atopun sinar matahari. Dan ampas teh selain bermanfaat buat kecantikan kulit juga ternyata bisa ngatasin masalah rambut rontok sis.

Caranya, campur air sama teh basi secukupnya buat ngebilas rambut setelah keramas tiap pagi. Kalo pemakaiannya rutin, rambut bisa berkilau, akar rambut jadi kuat, dan rambut pun ga bakal rontok lagi.

Ngilangin Ketombe

Ampas teh bisa dipakai juga buat ngilangin ketombe di kulit kepala. Caranya hampir sama, yaitu pertama-tama campur ampas teh sama air secukupnya. Kalo di rambut rontok ampas teh dipakai buat ngebilas rambut setelah keramas. Di kasus rambut ketombean, campuran air sama ampas teh dipakai dengan cara disiramin ke kulit kepala sebelum keramas.

Kulit kepala dipijet lembut sampai nyerep, diemin selama kurang lebih 10 menit. Langkah terakhir, keramasin rambut pakai sampo dan bilas.

Demikian info soal manfaat ampas teh buat kecantikan kulit wajah dan kulit kepala sista. Menarik dan gampang bhangat kan sis? Selamat mencoba ya!

Gambar Hari Ini:

Pusat Layanan Internet Kecamatan

Pusat Layanan Internet Kecamatan

Sumber: @kimdaoblog

Jangan Buang Ampas Teh! Belom Tahu Kan Apa Manfaatnya Buat Kecantikan?