Jangan Harap Diet Kamu Bisa Berhasil Kalau Masih Melakukan Hal–Hal Berikut

0 69

Jangan Harap Diet Kamu Bisa Berhasil Kalau Masih Melakukan Hal–Hal Berikut

Hai Ladies, siapa disini yang sedang melakukan program penurunan berat badan? Pasti sedang melalui ujian yang maha berat. Bagi kalian yang sudah berhasil menurunkan berat badan, selamat ya semoga bisa konsisten nih turunnya.

Jangan sampai minggu ini turun dua kilo tapi minggu depan malah naik dua kilo. Waduh, impas dong alias nggak ada hasilnya, hehehe. Buat yang susah turun nih berat badannya, ayo berusaha lagi mungkin kamu belum maksimal dalam menjalankan program diet sehat kamu.

Penasaran nggak sih Ladies, kenapa ya banyak yang sudah melakukan diet mati-matian tapi nggak juga berhasil menurunkan berat badan? Jangankan turun, beberapa dari pejuang diet malah mengalami kenaikan berat badan setelah mengurangi porsi makan.

Nah kira-kira ini nih beberapa kesalahan umum yang dilakukan para wanita yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Simak baik-baik ya Ladies!

1. Diet Tanpa Tujuan yang Jelas

Ketika kamu memutuskan untuk menurunkan berat badan, sebenarnya kamu harus tahu dulu tujuan kamu secara rinci? Apakah memang ingin menurunkan kadar lemak tubuh, ingin tampilan yang lebih kurus dan tirus atau mungkin ingin membentuk tubuh? Kenapa begitu?

Karena beda tujuan pasti beda juga cara untuk mencapainya. Jadi ingat baik-baik ya, tetapkan dulu nih tujuan kalian. Jangan asal mau menurunkan berat badan aja, nanti yang mau keliatan langsing malah berotot karena salah pilih olahraga yang tepat. Kan bahaya nih kalau sampai kejadian.

2. Mengurangi Porsi Makan Secara Berlebihan

Gimana sudah memutuskan tujuan kamu? Oke, next step kita evaluasi hal apa lagi yang membuat kamu gagal. Saat pertama kali memutuskan untuk menjalani program penurunan berat badan, biasanya sih saking semangatnya para ladies langsung menurunkan porsi makannya secara drastis. Makan yang biasanya 3 kali sehari dipangkas jadi cuma sekali dalam sehari, yaitu makan siang aja. Belum lagi makannya cuma dua sendok makan nasi sama salad sayuran aja, waduh. Kalau begini, hari ketiga program kamu bisa pingsan loh.

Mengurangi porsi makan secara drastis ini sangat tidak dianjurkan ya, Ladies. Dengan cara seperti ini, bisa dipastikan program kamu akan gatot alias gagal total. Kenapa bisa begitu? Sistem metabolisme tubuhmu biasanya sudah terprogram dengan porsi dan waktu makan kamu sebelumnya jadi begitu porsi makan kamu berkurang secara berlebihan dan tiba-tiba, tubuhmu akan kaget dan sistem metabolisme kamu terganggu karena dipaksa menerima makanan dalam jumlah yang nggak biasa.

Akibatnya, tubuh kamu akan lemas karena kekurangan energi dalam jumlah besar, penyakit maag akan datang, dan yang umum sih nafsu makan kamu malah akan berlebihan di hari keempat program karena tubuhmu menuntut ‘jatah’ makanan yang kamu potong secara mendadak di hari sebelumnya. Bahaya kan? Cara kayak gini nih yang bikin berat badan biasanya malah naik bukan turun. Terus sebaiknya gimana ya?

Sebaiknya kamu nggak memkasa tubuhmu untuk menerima porsi makan yang sedikit secara tiba-tiba. Perasaan kamu aja nggak mau kan kalau dipaksa-paksa #ups salah fokus. Mengurangi porsi makan ini dilakukan secara bertahap menyesuaikan kondisi tubuhmu. Kamu harus tetap makan 3 kali dalam sehari tapi porsinya yang dikurangi misal yang sebelumnya 15 sendok makan menjadi 10 sendok dalam sekali makan, baik nasi, protein hewani (ikan, ayam, dan daging), dan protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan).

Namun, ada satu jenis makanan yang nggak boleh berkurang dan harus bertambah yaitu sayuran. Sayuran ini bagus untuk menambah serat dalam tubuh kamu, serat sangat baik loh untuk mengikat lemak bandel dan menjaga fungsi saluran pencernaan. Jangan lupa buahnya, ingat ya buah dan jus bergula itu berbeda. Usahakan untuk tidak makan buah dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula apalagi ditambah susu kental manis. Penting juga nih untuk minum air putih 8 gelas per hari. Gimana Ladies? Mudah kan?

3. Nggak Makan Sih, Tapi…

Semua pasti setuju banget nih kalau cewek-cewek mungkin bisa nggak makan seharian, tapi nggak akan bisa kalau nggak ngemil. Bener kan? Nah, sebenernya nggak ada masalah kok kalau kamu suka ngemil. Malah ngemil sebenernya bagus loh buat kesehatan dan menjaga gula darah stabil.

Masalahnya adalah kebanyakan dari para ladies, banyak nih yang sering ngalamin kejadian begini ‘nggak makan nasi, tapi makan siomay sepiring atau bakso semangkok bahkan kadang cuma ngemil cimol sebungkus,’. Ada yang pernah melakukan ini? Banyak ya pasti. Hal seperti ini perlu dihilangkan dalam kegiatan makan kamu selama dalam program penurunan berat badan ya Ladies.

Kenapa? Karena beberapa penelitian membuktikan, kalau mengganti seporsi makanan lengkap dengan jajanan meskipun porsinya cuma sedikit ini nggak akan membantu dalam program diet sehatmu. Makanan jajanan model seperti ini, tidak memiliki zat gizi lengkap yang dibutuhkan tubuh khususnya serat dan protein. Jajanan ini juga mengandung banyak lemak jenuh yang sulit dicerna tubuh dan membuat timbunan lemak di bawah kulitmu semakin menebal. Hmmm, menakutkan kan?

Jajanan apa dong yang bisa kita makan selama program diet sehat? Nah, ini nih tipsnya.

Pertama, hindari jenis makanan yang digoreng, seperti cimol, gorengan, batagor, crispy chicken, kentang goreng, dan lain-lain deh yang proses masaknya menggunakan minyak. Hindari juga jenis makanan yang mengandung banyak tepung, terlalu manis atau terlalu gurih, seperti bolu-boluan, keripik, snack dalam kemasan yang terlalu gurih, permen (dalam jumlah banyak), atau tartlet.

Pilih makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah segar, jus buah tanpa gula, agar-agar tapi dengan jumlah gula yang terbatas ya, asinan sayur, yoghurt rendah lemak, dan ini nih bocorannya, biasakan masak sendiri cemilan kamu di rumah karena makanan buatan sendiri pasti lebih sehat.

4. Nggak Konsisten Berolahraga

Ini juga sering banget terlupakan. Pola makan udah oke, jenis makanan udah cukup sehat, tapi olahraga sering bolong-bolong atau malah nggak olahraga sama sekali karena merasa udah cukup dengan membatasi makanan aja. Bisa dibilang sih program diet tanpa olahraga itu sia-sia loh Ladies.

Olahraga itu dibutuhkan untuk mempercepat metabolisme yaitu pembakaran karbohidrat dan lemak menjadi energi. Selain itu, olahraga juga berguna untuk membentuk otot. Jadi, buat yang mau programnya lancar olahraga ini harus dilakukan secara rutin ya, misalnya 30 menit bersepeda atau lari setiap hari atau pergi ke gym seminggu 3 kali.

Nah, tujuan olahraga ini juga berbeda kalau memang niat kamu hanya untuk membentuk tubuh ideal dan bukan untuk membentuk otot tertentu, olahraga seperti angkat beban sebaiknya tidak dilakukan karena olahraga jenis ini umumnya khusus untuk pembentukan otot seperti tangan dan perut.

Olahrga cardio, seperti renang, berlari, bersepeda, atau lompat tali sangat cocok dilakukan karena mempercepat metabolisme tubuh. Nggak perlu terlalu lama, cukup konsisten saja kok Ladies. Coba deh selama sebulan, dijamin tubuh kamu akan terasa lebih ringan dan lebih segar. Berat badan juga akan menjadi lebih ideal. Oke banget kan?

Gimana, ternyata pola hidup sehat untuk memperoleh berat badan ideal itu mudah banget ya? Beberapa dari kita mungkin nggak berhasil karena caranya ternyata memang salah. Nah, setelah mengetahui praktek yang benar, ayo kita mulai lagi programnya dari awal. Dijamin deh kali ini, nggak ada gagal-gagal lagi asal konsisten. Selamat mencoba Ladies!

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Jangan Harap Diet Kamu Bisa Berhasil Kalau Masih Melakukan Hal–Hal Berikut

Anak Gadis Dan Kucing

Jangan Harap Diet Kamu Bisa Berhasil Kalau Masih Melakukan Hal–Hal Berikut