Kepoin Yuk, Mitos-Mitos Keliru Tentang Perawatan Kecantikan!

0 81

Kepoin Yuk, Mitos-Mitos Keliru Tentang Perawatan Kecantikan!

Kecantikan wajah emang jadi prioritas utama bagi semua wanita. Makanya, berbagai usaha kadang nekat dilakuin biar wajah tampil tetep cantik dan menawan. Karena emang betul, kalo awal orang menilai kita itu adalah dari wajah. Tapi percaya ato enggak, ternyata ada banyak mitos yang keliru tentang perawatan kecantikan, khususnya wajah.

Wah apa aja yah kira-kira mitosnya?
Nih, kita kepoin yuk!

– Wajah cukup dibersihin dua kali sehari

Fakta: Ngebersihin wajah itu sebaiknya dilakuin di malam hari sebelum tidur dan pagi hari. Bahkan kalo kita suka olahraga, malah lebih bagus lagi wajah dibersihin juga setelah wajah ngeluarin banyak keringet.

– Cara terbaik ngebersihin wajah adalah pakai washlap

Fakta: Jangan pakai washlap! Pakai aja tangan sendiri, supaya gosokannya ga terlalu keras. Karena kebanyakan orang terlalu keras kalo bersihin wajah pakai washlap. Pastiin cuci tangan sebelum tangan dipakai buat bersihin wajah.

– Waktu ngebersihin wajah makin panas air makin bagus

Fakta: Air yang terlalu panas bisa bikin kulit jadi kering, sedangkan air yang terlalu dingin ga bisa ngangkat kotoran, minyak, sama make up. Jadi cara paling efektif adalah ngebersihin wajah pakai air suam-suam kuku.

– Wajah berminyak harus pakai produk penghilang minyak

Fakta: Kulit yang berminyak emang ngeganggu banget dan bisa ngurangin rasa percaya diri. Kulit berminyak ga bisa berubah jadi normal. Tapi bukan berarti kalo kita langsung buru-buru ngolesin berbagai macam produk penghilang minyak itu bisa ngeredainnya.

Salah satu solusinya adalah dengan milih kosmetik yang bahan dasarnya lotion dan alkhol supaya bisa ngelarutin lemak. Boleh juga pakai produk yang emang khusus diformulasiin buat kulit normal. Dan biasanya produk kulit normal kandungan minyak sama airnya udah seimbang.

– Air dingin dan es batu bagus buat ngecilin pori-pori

Fakta: Pas kita ngebasuh wajah pakai air dingin, otomatis pori-pori wajah bakal ngecilin. Begitu juga sebaliknya, pas kita ngebasuh wajah pakai air hangat, maka pori-pori wajah bakalan sedikit ngelebar. Tapi tenang aja, karena hal ini cuma berlangsung pas waktu itu aja kok. Makanya, wajah harus rutin dibersihin pakai masker ato scrub biar sel kulit mati keangkat dan wajah jadi cerah juga lembut.

– Ganti-ganti produk kecantikan biar kulit ga kebal

Fakta: Kalo dipakai terus-terusan, kadang suatu produk kecantikan itu bisa berkurang khasiatnya. Dan tubuh secara alamiah bakalan ngenetralisir bahan tersebut. Tapi, kalo udah cocok ya gpp ga usah ganti ke produk lain.

– Krim anti penuaan bisa bekerja lebih baik di malam hari

Fakta: Di malam hari, sirkulasi darah di kulit biasanya ningkat dan level pH kulit jadi nurun, jadi krim perawatan bisa keserap lebih gampang. Tapi, krim anti penuaan itu bukan cuma krim malam aja. Ada juga krim anti penuaan yang mengandung kadar SPF tinggi sama antioksidan. Krim ini bisa ngebantu ngelindungin kulit dari paparan sinar matahari dan memang harus diolesin di pagi juga siang hari.

– Makin banyak ngolesin krim anti penuaan hasilnya jadi makin baik

Fakta: Ngolesin produk perawatan terlalu banyak di kulit itu ga bakal beda manfaatnya. Yang ada malah jadi boros. Dan yang paling penting adalah milih formulanya harus tepat dan cara penggunaannya di wajah juga bener. Pakai krim yang terlalu tebel juga ga baik, karena pori-pori wajah bisa ketutup dan komedo jadi lebih gampang muncul.

– Produk pembersih wajah dengan formula anti penuaan ga berguna karena nantinya bakal dibilas juga setelah diolesin ke wajah
Fakta: Beberapa produk pembersih wajah punya formula anti penuaan yang mengandung glycolic acid yang bisa ningkatin elastisitas kulit meskipun bersentuhan sebentar aja. Jadi, kalo kita pakai produk pembersih wajah kayak gitu, jangan buru-buru langsung dibilas wajahnya.

Pas ngebersihin wajah, coba pijat lembut dulu dan diemin selama beberapa waktu supaya formulanya ngeresap, udah gitu baru bilas.

– Pori-pori bisa terbuka dan tertutup

Fakta: Pori-pori ga punya otot yang memungkinkan pori-pori bisa terbuka dan tertutup. Tapi, uap hangat bisa bantu ngelemesin kulit, jadi komedo di dalam pori-pori lebih gampang dikeluarin. Meski begitu, tetep lebih baik kalo hal ini dilakuin sama yang professional ya..

– Komedo hitam itu kotoran

Fakta: Titik kecil berwarna hitam ato komedo yang ada di hidung ato pipi itu merupakan hasil oksidasi, yakni reaksi kimia yang ngelibatin oksigen sama minyak alami. Munculnya komedo ini bisa dicegah dengan scrubbing secara rutin dan pakai pembersih yang mengandung asam salisilat buat ngebantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

– Pori-pori bisa ditutup

Fakta: Pori-pori ga bisa ditutup sepenuhnya. Tapi dengan perawatan kulit yang tepat, pori-pori bisa ga keliatan. Caranya, dengan ngurangin minyak berlebih, ngebersihin kotoran dan sisa riasan yang nyumbat pori-pori. Terus jangan lupa buat rajin ngebersihin wajah dan pastiin sisa keringet sama kotoran ga nyumbat pori-pori.

– Ngonsumsi air putih 8 gelas per hari bikin kulit jadi berseri, karena air putih emang bisa nyehatin tubuh, khususnya buat organ-organ bagian dalam

Fakta: Kalo kita lagi beraktivitas di luar, kulit biasanya sering jadi kering akibat kepapar sinar matahari, angin, udara dingin, AC ato penghangat ruangan. Makanya, biar kulit bisa lembap secara keseluruhan, konsumsi air 8 gelas per hari itu ga cukup.

Pelembap luar juga perlu diolesin ke kulit tiap kali abis mandi ato abis ngebasuh wajah. Olesin pelembap pas wajah lagi basah, jadi kulit bisa dapat dua manfaat sekaligus, yaitu air sama pelembap.

– Rokok dan kopi bisa bikin kulit kering

Fakta: Studi nunjukkin bahwa kafein didalam kopi ga punya pengaruh langsung ke kulit. Kafein bikin air kedorong keluar dari dalam tubuh. Sementara, asap rokok bisa bikin kulit jadi kekurangan oksigen akibat udara di sekitarnya ga bersikulasi secara normal. Padahal, buat mertahanin kesehatan sel kulit, dibutuhin udara seger tiap saat.

Selain itu, seringnya mata disipitin akibat kena asap dan tekanan bibir pas ngisap rokok bisa bikin kulit di sekitar mata sama bibir jadi makin berkerut. Nah, makanya biar kulit kering yang udah terlanjur kering bisa diatasin, coba pakai baby oil ato petroleum jelly. Bahan ini bagus buat mencegah kulit makin kering, meski ga bisa ngembaliin kondisi kulit ke semula.

– Sabun batangan ga bagus buat kulit

Fakta: Di zaman dulu, mungkin mitos ini bener. Tapi sekarang, formula sabun udah lebih lembut dan kandungan moisturizernya (pelembap) ga bakal bikin kulit jadi kering. Dan disaranin sebaiknya, cari sabun yang cocok sama kulit, karena reaksi kulit tiap orang itu beda-beda.

Hhmm di zaman yang serba modern kayak sekarang ini, ternyata masih banyak ya mitos soal perawatan kecantikan yang percaya ga percaya juga sebenernya. Hehehee..

Yaa pokonya apapun caranya, yang penting mah jangan sampe nyakitin tubuh aja ya sis kalo emang mo lakuin perawatan kecantikan.

Gambar Hari Ini:

Pride And Prejudice And Zombies

Kepoin Yuk, Mitos-Mitos Keliru Tentang Perawatan Kecantikan!

Sumber: @kimdaoblog

Kepoin Yuk, Mitos-Mitos Keliru Tentang Perawatan Kecantikan!