Mau Coba Infused Water Buat Diet? Bikin Sendiri Yuk Pakai Resep Di Bawah Ini!

0 329

Mau Coba Infused Water Buat Diet? Bikin Sendiri Yuk Pakai Resep Di Bawah Ini!

Sista ada yang tau apa itu infused water?

Emmm kayanya belom banyak yang tau ya… Oke deh, kita bahas aja yuk!

Infused water adalah spa water yang dilakuin dengan cara nyampurin beberapa potong buah ke dalam 1 botol air mineral, terus dikocok merata, ditutup dan disimpen didalem kulkas minimal 2 jam sampai sari buah dan rasanya nyatu sama air mineral itu.

Kalo disimpen didalem rendeman air mineral dalam waktu lama, biasanya potongan buah suka jadi lembek dan pas dimakan rasanya ga enak. Makanya potongan-potongan buah ini dibuang aja kalo udah nyampur, yang penting sari buahnya udah nyatu sama air.

Kalo sista pengen minum air putih aroma seger buah-buahan, cara ini bagus bhangat buat kalian karena gizi yang berasal dari potongan buah-buahannya bermanfaat buat kesehatan. Tapi inget sis, jangan nambahin campuran pemanis lain, kayak sirup ato gula ya.

Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang infused water.

Manfaat Infused Water Buat Tubuh, Kecantikan Kulit dan Diet

– Sebagai sarana detoks dan cara ngelancarin metabolisme tubuh

Sarana detoks bisa dilakuin dengan cara ngonsumsi air mineral yang udah dicampur sama potongan lemon. Cara ini diklaim sebagai sarana detoks, karena toksin-toksin yang numpuk didalam tubuh bisa hilang dengan cara ini.

Tapi sebenernya belum ada bukti kalo toksin itu numpuk didalam tubuh, karena kalo ada racun yang numpuk didalam tubuh, kemungkinan tubuh bisa sering sakit. Jadi, secara klinis detoks ini belum jelas terbukti kebeneran manfaatnya.

– Sebagai anti penuaan

Buah-buahan emang kaya akan zat antioksidannya, sedangkan air mineral bermanfaat buat ngelembapin kulit secara alami. Makanya kalo keduanya dicampurin, dipercaya bisa ngehambat proses penuaan.

Antioksidan yang berasal dari buah-buahan bermanfaat buat nangkal radikal bebas yang bisa nimbulin berbagai penyakit didalem tubuh manusia dan bagus ngejaga kesehatan kulit. Dengan rutin ngonsumsi buah-buahan, proses penuaan didalam kulit bakal kehambat.

Makanya, infused water ini punya manfaat yang lebih dalam ngehambat proses penuaan dibanding minum air putih aja. Jadi, jelas terbukti kan kalo infused water ampuh jadi obat anti penuaan? Cuma tetep kita harus ngonsumsi buah sama sayuran langsung juga.

– Sebagai sarana diet

Infused water dipercaya sebagai sarana diet yang bisa nurunin berat badan secara sehat. Meskipun belum ada penelitian yang ngebuktiin manfaat infused water buat kesehatan, tapi jangan pernah raguin kebaikan yang bisa kita dapetin dari infused water. Biasanya kan ada orang yang ga suka minum air putih, tapi lebih suka minum teh, kopi, sama minuman instan lain.

Padahal, daripada sering minum-minuman kayak tadi itu yang ga baik manfaatnya buat kesehatan. Lebih baik minum infused water aja yang kaya manfaatnya dan bisa menuhin kebutuhan cairan tubuh kita. Karena minuman berkafein itu bukannya bagus tapi malah bikin tubuh kita kekurangan cairan.

Terus dinilai dari segi ekonomisnya juga lebih ekonomisan air mineral yang bisa dimanfaatin jadi infused water pakai aneka buah sesuai selera.

Buah Apa Aja Sih Yang Bisa Dipakai Dalam Pembuatan Infused Water?

Sista ga perlu nyari resep khusus buat minuman infused water. Buah apa aja bisa dikombinasiin kok. Tapi ada beberapa jenis buah yang biasanya sering dipakai, misalnya strawberry, jeruk, belimbing, apel, lemon, manga, kiwi, dan nanas.

Yang penting yang perlu diperhatiin adalah buahnya yang rasanya asem, ga boleh yang manis. Biasanya infused water yang disimpen di kulkas dalem waktu minimal 6 jam bakal bertahan sampai tiga ato lima jam tergantung jenis buah yang dipakai.

Resep Cara Bikin Infused Water Buat Diet

Sebenernya ga susah bikin infused water. Cuma cukup sediain buah yang mo dipakai, terus buahnya dipotong kecil-kecil dan masukkin ke dalam botol yang udah diisi air mineral. Perbandingan antara buah sama air mineralnya yaitu buat 100 ml air, buahnya 5-10 potong.

Tapi kalo buahnya asem bhangat, bisa tambahin sedikit gula biar rasanya ga terlalu asem. Oia buat sista yang lagi diet, pakai gulanya khusus yang buat diet. Setelah semua siap, tutup botolnya dan masukkin ke kulkas minimal 2 jam. Potongan buah yang dipakai buat infused water sebaiknya langsung dibuang kalo udah ga seger lagi.

Kalo masih bingung kira-kira buah apa yang mo dipakai. Sista bisa coba beberapa resep buah yang bisa dimanfaatin buat bikin infused water berikut.

– Mentimun, lemon dan jeruk nipis

Perpaduan buah mentimun, lemon dan jeruk nipis bermanfaat buat ngendaliin nafsu makan. Jadi baik bhangat sebagai penunjang diet. Selain itu, infused water ini bermanfaat juga buat ngatasin dehidrasi, perut kembung, dan ngejaga kesehatan pencernaan.

Cara bikinnya:

– Siapin air mineral 1 atau 2 liter
– Potong lemon jadi lima bagian, masukkin ke dalam botol
– Peres air jeruk nipis, ambil sarinya
– Potong mentimun tipis-tipis, masukkin juga ke dalam botol
– Campur semua buah ke dalam air mineral, terus simpen di kulkas kurang lebih 2 jam.

– Strawberry dan kiwi

Campuran buah strawberry dan kiwi bermanfaat buat nurunin kadar glukosa, ngejaga kesehatan kardiovaskular, nyehatin pencernaan, sekaligus mertahanin sistem antibody tubuh.

Caranya:

– Potong-potong buah strawberry dan kiwi tapi jangan ketipisan
– Masukkin semua potongan buah ini ke dalam 1-2 liter air
– Simpen didalam kulkas, biarin selama 2 jam.

– Teh hijau, jeruk nipis, dan daun mint

Infused water dari campuran teh hijau, jeruk nipis, dan daun mint bermanfaat buat ngeredain sakit kepala, bantu merbaikin sistem pernafasan, ngebakar lemak, ngejaga kesehatan pencernaan, dan bantu ngatasin stretch mark ato selulit. Zat antioksidan yang terkandung didalam teh hijau berperan sebagai anti kanker dan bisa ngejaga antibody tubuh.

Caranya:

– Siapin air mineral 1-2 liter
– Masukkin daun teh hijau, daun mint yang udah dipotong-potong, juga perasan air jeruk nipis
– Simpen didalam kulkas, biarin 2 jam lebih.

Infused water dari buah-buahan alami emang lebih seger juga sehat. Jadi cocok bhangat dicoba sama sista yang emang pengen diet sehat tanpa efek samping. Oia, meski udah minum infused water, tapi jangan lupa olahraga yang teratur dan jalanin pola hidup sehat juga ya sis biar nutrisi didalam tubuh selalu seimbang.

Yuk sis dicoba! Rasain deh manfaat dan kesegerannya..

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Mau Coba Infused Water Buat Diet? Bikin Sendiri Yuk Pakai Resep Di Bawah Ini!

Anjing Di Kano

Mau Coba Infused Water Buat Diet? Bikin Sendiri Yuk Pakai Resep Di Bawah Ini!