Mau Jadi Muslimah Cantik? Berikut Tips-tipsnya!

0 137

Mau Jadi Muslimah Cantik? Berikut Tips-tipsnya!

Ngebahas soal kaum hawa, jelas identik sama kata “cantik”. Nah, kali ini kita bakal ulas seputar tips-tips kecantikan ala wanita muslimah. Buat sista muslimah merapat yuk kita sharing di sini.

Cantik ala wanita muslimah itu ada 3, tapi cantik disini diartiin bukan cuma dari segi fisik aja ya, tapi harus cantik dari dalam (inner beauty) baik secara spiritual ato mental, cantik juga sehat secara fisik, dan cantik dalam hal berbusana juga penerapan gaya fashion yang sesuai sama kaidah-kaidah islam.

1. Cantik Dari Dalam (Inner Beauty)

Ada sebuah pendapat berkata, bahwa kecantikan wanita yang sebenernya itu adalah wanita yang cantik luar dalam. Luar disini yakni dari segi fisik, sedangkan dalam diartiin sebagai hati nurani ato jiwa dan pola pikir yang baik. Kedua hal ini emang jelas penting banget. Karena kalo dalamnya udah bagus, pasti luarnya juga bagus.

Dalam hal ini, hati nurani ato pikiran jernih merupakan peran penting. Wanita hebat itu adalah wanita yang mampu ngendaliin dirinya ke arah yang bener. Bagi wanita muslim, udah pasti arah yang dimaksud yaitu arah yang sesuai sama ajaran islam.

Ngebiasain diri ngelakuin kebiasaan-kebiasaan baik, ningkatin kualitas ibadah, selalu berfikir positif, berperilaku dengan penuh rasa percaya diri, dan selalu ngejaga harga diri itu adalah beberapa hal penting yang mesti diterapin dalam kehidupan muslimah.

Meski zaman makin berkembang dan trend-trend asing baru yang ga sesuai sama ajaran agama Islam lagi booming banget. Tapi seorang muslimah diharapin harus tetep bisa ngejaga agamanya baik-baik, dan jangan gampang kegoda sama hawa nafsu yang sifatnya negatif.

2. Cantik dan Sehat Secara Fisik

Kesehatan dan kecantikan adalah dua hal yang berkaitan banget buat wanita. Baik kesehatan atopun kecantikan sama-sama ngeliputin semua anggota tubuh. Dalam hal ini, kunci sebenernya yaitu dengan ngebiasain diri ngelakuin kebiasaan bagus yang sifatnya positif.

Mulai dari bangun pagi sampai tidur malem, pastiin buat ga ngelewatin gaya hidup sehat dan perawatan kecantikan. Kebiasaan-kebiasaan kayak tidur cukup di waktu yang tepat, konsumsi makanan yang gizinya seimbang, cukup minum air putih, teratur mandi di waktu yang tepat, dan rajin ngelakuin perawatan kecantikan dari ujung kepala sampai ujung kaki aja udah ngebuktiin banget kalo seorang muslimah itu emang cantik dan sehat.

Lebih baiknya lagi, tiap perawatan itu dilakuin pakai bahan-bahan alami. Kalo emang ga sepenuhnya bisa lepas dari produk kimia, seengaknya kurangin porsi pemakaiannya. Coba cari informasi soal produk-produk alami sebagai bahan perawatan tubuh.

Jangan lupa juga buat ngejaga lingkungan sekitar, khususnya tempat tinggal kita sendiri supaya selalu bersih dan bebas dari kuman berbahaya. Nerapin gaya hidup sehat sekaligus ngaplikasiin perawatan alami secara teratur bakal ningkatin kecantikan dan kesehatan tubuh secara fisik.

3. Cantik Dalam Gaya Berbusana Muslimah

Busana yang dipaduin sama hijab merupakan gaya berpakaian para wanita muslim. Tapi, zaman sekarang busana hijab udah makin ngetrend banget. Hal ini dibuktiin sama munculnya gaya-gaya dengan warna dan motif baru yang makin bervariasi, sehingga nambah style muslimah jadi makin elegan.

Sebenernya, busana dan hijab yang diwajib dipakai sama wanita muslimah adalah yang syar’i (harus bener-bener ketutup dan ga boleh nonjolin lekuk-lekuk aurat tubuh). Tapi sayang, sekarang ini tampilan hijab ternyata banyak yang ga sesuai sama kaidah Islam. Hal ini dibuktiin sama makin banyaknya gaya hijab wanita modern sekarang ini yang udah ga syar’i lagi.

Soal berbusana, gimanapun gayanya, ya balik lagi ke diri wanita itu sendiri yang nentuin mo gimana gayanya. Cuma yang harus diinget, gaya penampilan seseorang itu bisa mengaruhin penilaian orang lain ke diri kita. Kayak yang kita tau, fungsi hijab yang paling utama salah satunya adalah nutup aurat kaum wanita muslimah. Tapi, bukan berarti wanita berhijab itu ga bisa berpenampilan elegan sama hijab syar’i nya lho. Makanya, wanita muslimah harus cerdas ngakalin dan milih gaya busana sama hijabnya biar sesuai aturan agama Islam. Meski syar’i harus tetep fashion dan punya nilai estetik dong! 🙂

Mayoritas kaum wanita muslimah Indonesia itu suka gaya hijab yang dipaduin sama kombinasi warna-warna yang selaras. Jadi ga heran kalo kita mungkin sering liat banyak wanita berhijab alias hijaber Indonesia pakai busana muslimah yang motif dan warnanya selaras dari ujung kaki sampai ujung kepala.

Apalagi, gaya selaras ini kebanyakannya dipakai sama kaum wanita muslimah yang usianya udah 45 taun ke atas. Mulai dari gaya abstrak, polkadot, baroque, dll, semua bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Contoh simplenya, motif floral lembut bisa dipadu padanin sama atasan, terus bawahannya polos dan warnanya monokromatis. Ato buat yang seneng pakai pakaian lebih dari 2 warna terang, bisa coba nambah 1 degradasi warna yang diselarasin sama aksesoris bernuansa netral.

Satu contoh lagi, kalo milih hijab motif bunga, landscape, atopun abstrak yang berwarna hijau ato biru bisa dipaduin sama atasan tunik polos warna putih, hitam ato abu-abu. Bawahannya, bisa pakai celana palazzo ato rok panjang yang warnanya kontras. Sebagai tambahan, sista bisa pakai koleksi aksesoris favorit warna emas, perak, putih ato hitam.

Intinya, yang perlu diperhatiin dalam ngemix n match busana muslimah itu adalah jangan sampai lebay. Hehee.. Kalo di dunia fashion mah bisa dibilang effortlessly stylish yang artinya tampil menawan tapi ga berlebihan.

Sista-sistaku yang cantik, sebenernya masih banyak lagi hal yang nentuin kecantikan seorang wanita. Tiga hal tadi cuma beberapa penentu utama kecantikannya aja. Dan kalo ketiga hal ini dipaduin, pastinya kualitas diri kita juga jadi makin baik.

Meski ketiga hal tadi butuh proses, tapi ga ada salahnya kalo kita mulai nerapin dari sekarang. Yuk jadi hijaber syar’i.

Semoga bermanfaat.

Gambar Hari Ini:

Akuarium Meja

Mau Jadi Muslimah Cantik? Berikut Tips-tipsnya!

Sumber: @kimdaoblog

Mau Jadi Muslimah Cantik? Berikut Tips-tipsnya!