Mau Nikah? Wajib Baca Perawatan Pra-Nikah Berikut Ini

0 146

Mau Nikah? Wajib Baca Perawatan Pra-Nikah Berikut Ini

Moment pernikahan emang merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu sama semua orang. Dan biar pas hari H keliatan lebih fresh dan menawan, biasanya sebelumnya si calon penganten cewek rela ngelakuin berbagai perawatan tubuh secara total, baik dilakuin sendiri di rumah ato pergi ke salon.

Dan nyatanya, perawatan tubuh ini emang berguna banget lho sis sebelum menjelang acara pernikahan. Karena bisa ngilangin stress akibat lelah nyiapin segala sesuatu kebutuhan pernikahan, dan juga buat malam pertama dong pastinya. :p

Pokoknya demi malam pertama, penampilan harus fresh dan bener-bener bersih deh meski udah seharian capek lewatin acara pernikahan.

Perawatan tubuh buat calon penganten cewek emang patut dijadwalin jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan. Kalo emang mo total, sista bisa lakuin perawatan di salon-salon kecantikan ato body spa meski budgetnya agak mahal. Tapi kalo emang sista sibuk dan ga punya banyak waktu, bisa juga kok lakuin perawatan sendiri di rumah.

Nih beberapa tips perawatan biar badan lebih seger dan halus menjelang hari pernikahan.

1. Luluran dan mandi rempah

Luluran dan mandi rempah ini bisa dijadwalin 1-2 bulan sebelum hari H. Gunanya buat ngerawat kulit bagian luar. Cara ini emang udah dipercaya banget dari dulu, bahkan sejak jaman kerajaan. Luluran dan mandi rempah bisa bikin kulit harum, halus, dan cocok buat warna kulit perempuan indo. Lulur rempah ini juga ga repot lagi kok nyarinya, udah banyak yang jual baik dalam bentuk kemasan atopun sabun.

Sebelum mulai luluran, pijat duulu badan pakai minyak kelapa atau minyak zaitun biar otot-otot bisa rileks dan ga tegang. Disamping itu, pemijatan ini juga bisa memperlancar peredaran darah. Terus olesin minyak sama lulur dan diemin sampai kering.

Setelah kering, mandi pakai air hangat yang dicampur rempah-rempah wangi. Pemilihan sabunnya lebih baik yang sabun antiseptic daripada sabun biasa. Setelah itu jangan lupa pakai lotion tiap pagi dan malam.

Lulur dan mandi di salon, cukup satu atau dua kali aja agar sel kulit mati ke angkat secara menyeluruh. Setelah nya bisa dilakuin dirumah kok. Mandi pakai rebusan rempah-rempah, diantaranya daun sirih, sereh, kayu cendana, jahe, rimpang kunyit, dan pinang sambil luluran. Kalo dilakuin sendiri dirumah bisa dijadwalin seminggu dua kali. Selain buat ngilangin rasa lelah, juga bisa bikin rileks.

2. Perawatan Rambut

Pesona alami calon pengantin wanita bisa ditonjolin lewat perawatan rambut dan wajah, terutama pas resepsi pernikahannya.

Perawatan rambut bisa dijadwalin 3 bulan sebelum hari H. Kalo rambut sista kering dan lepek, perawatannya bisa berupa hair mask dan hair spa. Setiap habis keramas pakai shampoo, jangan lupa pakai conditionernya. Hindarin pakai alat catok dan hair dryer. Kalo rambut sista kusam, sebelum tidur rambut bisa diolesin sari minyak kemiri, minyak zaitun, ataupun minyak kelapa.

Ga harus ke salon kok sis, kamu bisa bikin masker alami untuk menutrisi folikel rambut. Coba deh bikin masker dari campuran lemon+madu, pisang+papaya, santan kelapa+minyak zaitun, dll. Balurin merata di rambut kira-kira satu minggu tiga kali.

3. Perawatan wajah

Bersihin wajah tiap pagi dan malam hari. Usap pakai toner dan susu permbersih biar minyak berlebih dan kotoran bisa keangkat semua dari pori-pori wajah. Pakai sabun muka yang tentunya udah cocok sama kulit kamu ya.

Jangan lupa pakai pelembab biar wajah ga kekeringan dan kusam. H-7 usahain ke salon buat facial biar area dagu, hidung, dan dahi bisa bebas dari komedo.

Olesin wajah kamu pakai masker alami yang berkhasiat banget buat mencerahkan dan mengencangkan wajah. Masker alaminya bisa dibikin sendiri di rumah. Misalnya pakai perasan lemon atau jeruk nipis & sari bengkoang yang diparut, ambil airnya. Tetesin sedikit madu, balurin ke wajah. Diemin 20 menitan, terus bilas sampai bersih. Lakuin perawatan ini seenggaknya seminggu 2-3 kali.

Biar lebih sempurna, oles wajah pakai minyak zaitun sebelum tidur malam dan bilas dipagi harinya.

4. Perawatan Kuku

Bagian ini keliatannya emang sederhana, tapi ga lucu kan kalo seluruh badan udah cakep, eh kukunya rusak apalagi hitam. Malu atuh kalo lagi salaman kuku nya kasar :p Soal perawatan kuku gampang kok sis, tinggal manicure dan pedicure ke salon aja, ato bisa lakuin sendiri dirumah.

5. Perawatan Gigi

Perawatan gigi ga kalah penting sist, selain bikin kita lebih pede, tentunya juga bisa bikin senyum kita lebih cemerlang. Gosok gigi lebih rutin ya, apalagi H-1. Jangan sampe sisa makanan kemarin masih ada pas resepsi, apalagi lebih parah kalo ada cabe yang nyempil di sudut gigi.

Ga usah malu tanya ke mempelai pria apa ada cabe di gigi sista, daripada tamu yang ngomong langsung ke kamu hayoh! Hahahaa..

6. V-Spa Treatment

Perawatan organ intim vagina biar kesat dan ga berbau bisa dilakuin di salon kecantikan dengan cara uap tradisional. Ini penting juga lho, biar kamu lebih pede waktu malem pertama kamu yang sakral.

7. Pijat Payudara

Pijat payudara gunanya buat mengencangkan payudara. Bisa kok dilakuin sendiri. Oles pakai minyak zaitun dan pijat memutar selama 10 menit. Lakuin ini setiap malam sebelum tidur.

8. Ngejaga Nutrisi

Lakuin diet sehat dengan ngurangin porsi kalori dan ganti dengan sayuran segar, buah-buahan segar, dan ikan. Diet ini dilakuin biar badan kamu lebih segar sampai hari-H. Inget ya, diet ini bukan ngurangin makan jadi 2 kali sehari atau makan jadi cuma 2 sendok doang. Tapi diet ini intinya ngurangin asupan karbohidrat dan lemak terus diganti sama vitamin, protein, zat lain yang bermanfaat buat tubuh kamu.

9. Olahraga

Biar lebih mantep, lakuin olahraga cardio. Misalnya aerobic, jogging, yoga, ataupun berenang. Kalo kamu belum terbiasa, jangan tiba-tiba olahraga berat ya, sesuain dengan kebiasaan kamu. Biar badan ga kaget. Seenggaknya mulai dari 5 bulan sebelum hari H.

Persiapan pernikahan itu lumayan melelahkan loh, kalo stamina kamu kurang kuat, bisa-bisa kecapean. Apalagi ngadain resepsinya sampai seharian, bukan hal gampang. Dengan olahraga teratur, stamina sista bisa lebih stabil dan terjaga.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Mau Nikah? Wajib Baca Perawatan Pra-Nikah Berikut Ini

Pemotong Sayuran

Mau Nikah? Wajib Baca Perawatan Pra-Nikah Berikut Ini