Musim Hujan Takut Si Kecil Sakit? Coba Deh Lakukan Hal Ini

0 195

Hay Moms…musim penghujan seperti ini, si kecil menjadi menjadi lebih rentan terserang penyakit. Karena kondisi cuaca yang tak menentu, serta sampah-sampah yang terkena air hujan mebuat bakteri dan virus mudah berkembang biak.

Namun jangan risau, sebagai momies muda yang cantik dan berwawasan luas kita harus memepersiapkan diri untuk melindungi kecil kita dari berbagai kemungkinan dan ancaman penyakit

So, apa saja yang bisa Mommies lakukan untuk memprotect si kecil agar mereka tetap sehat. Yap….ini ada beberapa saran, tepatnya sharing sih pengalaman aku selama merawat si kecil saat musim penghujan seperti ini.

1. Minum Air putih.

Hawa dingin akan membuat orang malas minum, jangankan anak-anak, kita yang dewasa saja sering malas minum saat musim penghujan seperti ini. Padahal minum adalah hak kita, bukan kewajiban lagi lho?

Jika kurang minum sedangkan aktivitas si kecil cukup tinggi, bisa jadi suhu tubuh akan naik karena tubuh panas kekurangan cairan. Beri si kecil cairan yang cukup, terutama air putih. Namun jika si kecil bosan,,, atau menolak mommies bisa mengakalinya dengan memberikan jus,susu atau teh.

2. Makan soup.

Dingin-dingin enaknya memang makan yang hangat terutama soup. Perbanyaklah makan soup paling tidak 2X seminggu untuk melindungi si kecil dari serangan flu. Soup ayam dengan banyak irisan bawang putih akan meningkatkan kekebalan tubuhnya. Bawang putih sangat baik untuk si kecil karena mengandung antibiotik alami.

3. Minum Madu

Kemampuan Madu dalam mengobati penyakit dan menjaga kesehatan memang sudah terkenal sejak lama. Tak ada salahnya jika saat musim penghujan seperti ini si kecil rajin kita beri madu. Berikan satu sendok makan sehari untuk anak diatas 5 tahun. Untuk dibawah 5 tahun cukup berikan satu sendok teh setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.

putih kulit

4. Jas Hujan dan pakaian hangat

Yang namanya musim penghujan tentu identik dengan air dan dingin. Siapkan jas hujan di tas sekolah mereka atau masukan jas hujan kedlama tas kecil agar mereka dapat membawanya kemanapun mereka pergi. Jangan sampai si kecil terkena air hujan karena bisa menyebabkan demam.

Siapkan pula baju hangat untuk menghindari tubuh si kecil masuk angin. Jika terlanjur terkena masuk angin segera beri si kecil minuman hangat semisal coklat panas untuk mengusir angin dalam tubuh. Jangan lupa oleskan sedikit minyak kayu putih disekitar pusar untuk menghindari kembung.

5. Selalu gunakan lotion anti nyamuk.

Genangan air tempat bersarang nyamuk akan semakin banyak disaat musim hujan. Nyamuk Demam Berdarah (DB) dan Malaria juga mengancam sat musim penghujan seperti ini. Jadi sebisa mungkin oleskan lotion anti nyamuk terutama saat mereka berada diluar rumah seperti sekolah, tempat bermain ataupun tempat-tempat lainnya.

Jika momies menganggap lotion anti nyamuk akan merusak kulit si kecil, mommies dapat membuat sendiri lotion anti nyamuk dengan mengkstrak daun serai dan mencampurkannya dengan minyak kelapa murni (VCO) atau minyak Zaitun. Selain serai ekstrak bunga lavender dan kulit jeruk juga bagus untuk digunakan sebagai lotion anti nyamuk.

6. Kebersihan badan

Selain DB dan Malaria, penyakit kulit seperti cacar dan koreng juga mengintai, terutama bagi anak-anak yang senang bermain air kotor. Untuk menghindari penyakit kulit seperti ini terutama cacar, mommies harus rajin menguras bak mandi paling tidak 2X dalam seminggu. Selain menyebabkan cacar, bak mandi juga merupakan tempat yang disenangi nyamuk untuk menetaskan telur-telurnya.

Sangat dianjurkan untuk meneteskan anti septik ke dalam bak mandi untuk mebunuh kuman-kuman didalamnya. Dan minta si kecil untuk sementara waktu menjauhi temannya yang sedang terkena penyakit kulit karena bisa jadi menular.

Jadi, apa yang perlu ditakutkan dari musim hujan…Be smart mommies…

*** original write by kinaya

Gambar Hari Ini:

Gerhana Matahari

Musim Hujan Takut Si Kecil Sakit? Coba Deh Lakukan Hal Ini