Nih Sis Fakta & Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Yang Wajib Kalian Tau!

0 70

Nih Sis Fakta & Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Yang Wajib Kalian Tau!

Kulit kering dan dehidrasi bisa terjadi dalam jangka waktu sementara. Sebenernya kulit kering bisa ditentuin secara genetik dan merupakan hasil dari pola hidup yang ga seimbang, ditambah sama paparan sinar matahari yang terus menerus, bahan kimia, angin, juga lingkungan.

Dehidrasi terjadi dimana tubuh kita kekurangan air dan cairan lain yang cukup. Hal ini biasanya disebabin sama proses pembekuan darah, kejang-kejang, dan komplikasi lain. Selain itu, kulit yang dehidrasi bisa juga disebabin sama pemakaian produk perawatan kulit yang ga cocok. Perlu kita tau, bahwa ada perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi. Kulit kering (kulit alipoid) umumnya ngacu ke kulit yang ngalamin kekurangan minyak. Sedangkan kulit dehidrasi ditandain sama kurangnya kelembapan di stratum korneum.

Nih Sis Fakta & Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Yang Wajib Kalian Tau!

Fakta nunjukkin bahwa kulit berminyak juga bisa ngalamin dehidrasi. Kayak yang disebutin tadi, dehidrasi adalah kekurangan air, bukan minyak. Hal ini nandain bahwa aktivitas produksi minyak sama kelenjar sebaceous masih dalam keadaan normal ato bahkan terlalu aktif di kulit dehidrasi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Istilah ini emang bener, lebih baik mencegah kulit dehidrasi daripada ngobatinnya. Dalam mencegah dan ngobatin kulit dehidrasi, kita harus punya pengetahuan yang cukup apa aja hal yang bener seputar kulit dehidrasi, juga mitos-mitos yang belom terbukti faktanya. Makanya biar ga penasaran, yuk kita simak aja beberapa fakta sama mitos yang sering disalahartiin berikut dalam ngatasin masalah kulit dehidrasi.

Mitos 1: Kita Cuma Perlu Minum Lebih Banyak Air Pas Kulit Lagi Dehidrasi

Yup, minum lebih banyak air itu adalah rutinitas wajib yang harus kita lakuin. Tapi hal ini ternyata ga cukup buat nyelesaiin masalah dehidrasi di kulit. 75% tubuh kita emang terdiri dari air, tapi semua sel-sel yang ada di permukaan kulit sebenernya ga bakal berubah seiring sama bertambah ato berkurangnya konsumsi air yang kita lakuin. Jadi, bukan hal inilah yang jadi penyebab utama masalah dehidrasi di kulit.

Mitos 2: Nyemprotin Water Mist Bakal Bantu Ngatasin Kulit Dehidrasi

Nyemprotin water mist ke kulit emang bukan hal yang salah. Nyemprotin water mist bakal bantu nyegerin kulit, tapi kalo kalian nganggep hal ini bisa ngatasin kulit dehidrasi itu salah besar. Nyemprotin water mist tanpa diikutin sama penerapan pelembab ato serum buat ngiket kelembapannya percuma aja, karena cuma bakal nambah masalah di kulit kita.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Air yang disemprotin di wajah bakal nguap ke atmosfer dan ngambil kadar air dalam kulit. Hal ini sering terjadi khususnya kalo kita ada di lingkungan kering misalnya didalem pesawat terbang dan ruangan ber-AC, di mana kelembapan alami kulit kita bakal kesedot. Makanya, pakai water mist ini harus dibarengin juga sama serum ato pelembab supaya kelembapannya tetep kejaga.

Mitos 3: Kita Butuh Produk Yang Mengandung Pelembap Tinggi

Ga bisa dipungkirin bahwa pas kita ngerasa kulit kering, kita pasti bakal ngolesin pelembap ato pakai produk yang kaya akan pelembap ke kulit. Hal ini emang bukan ide buruk, tapi kalo kita pakai pelembapnya berlebihan, nantinya kulit bisa kena dampak buruk. Kalo dehidrasi kulit salah didiagnosis sebagai kulit kering, terus kita ngolesin krim yang kaya pelembap, kulit malah bisa jadi lebih dehidrasi lho dan pH kulit jadi ga seimbang.

Mitos 4: Kulit Dehidrasi Ga Ada Hubungannya Sama Diet

Penting banget ngatur asam lemak esensial yang berkontribusi ke kekuatan dan struktur penghalang lipid kulit kita. Setiap kekurangan asam lemak esensial, biasanya penghalang lipid ga bisa bekerja dengan baik ato ngalamin disfungsional, pengelupasan di epidermis kulit, dan ga mampu mertahanin kelembapan.

Tapi, kita jangan cuma ngandelin pelembap dari krim perawatan yang kita punya. Kita juga perlu asupan kelembapan kulit lain dari bahan-bahan makanan kayak ikan, kerang, bayem, kangkung, dll.

Makanan yang kita masukin kedalem menu diet bisa ngehasilin perbedaan yang signifikan buat retensi air didalem kulit. Tubuh ga punya cara lain buat ngeproduksi asam lemak esensial ini kecuali dengan cara ngonsumsi makanan yang udah disebutin di atas tadi.

Cara Terbaik Buat Ngatasin Kulit Dehidrasi

Minum banyak air murni baik banget buat kesehatan kita secara keseluruhan. Hal ini bisa bantu mastiin sel-sel didalem tubuh supaya tetep kehidrasi. Hindarin juga paparan sinar matahari dan kurangin konsumsi alkohol.

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakuin buat ngatasin masalah kulit dehidrasi:

– Seimbangin penghalang lipid ato jaringan lemak pakai pembersih wajah yang lembut.
– Lindungin kulit dengan cara ngolesin pelembap, terus tambahin asam lemak esensial dan ceramide.
– Pakai serum yang kaya akan hyaluronic acid.
– Lembapin lingkungan di sekitar kita dengan alat humidifier portable.
– Tambahin asupan asam lemak esensial ke dalem menu makanan.

Selain itu, bantu juga kulit kita supaya selalu kehindar dari dehidrasi dengan tips-tips dibawah ini:

– Latihan atau olahraga buat ningkatin sirkulasi darah dan ngasih tampilan kulit yang lebih bercahaya. Setelah olahraga, usahain selalu bilas wajah pakai air hangat dan olesin pelembap juga supaya wajah ga kehilangan banyak air. Karena olahraga itu pasti ngeluarin banyak keringet dan nyebabin kulit kehilangan banyak air. Kalo kadar air di kulit berkurang, kulit suka jadi kering dan ga seger.

– Pas bepergian pakai pesawat, jangan ngebilas wajah pakai air karena hal ini cuma bakal nguapin kulit wajah di lingkungan pesawat yang kering, sehingga kulit bisa kena dehidrasi parah. Sebaliknya, bersihin wajah sebelum naik pesawat dan jangan lupa selalu pakai pelembab ringan setelahnya.

Demikian. Jangan sampai kulit kalian kena dehidrasi ya sis

Gambar Hari Ini:

Jumlah Penduduk Di Dalam Lingkaran Lebih Banyak Daripada Yang Di Luarnya

Nih Sis Fakta & Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Yang Wajib Kalian Tau!

Sumber: @kimdaoblog

Nih Sis Fakta & Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Yang Wajib Kalian Tau!