Nih Wajib Tau Sis, Makanan-Makanan Pencegah Keriput

0 81

Nih Wajib Tau Sis, Makanan-Makanan Pencegah Keriput

Sista yang selalu pengen tampil cantik di usia 30-an, keriput mungkin jadi musuh terbesar kita. Yup, keriput emang mulai nyerang wanita yang usianya udah masuk kepala 3. Keriput biasanya ditandain sama munculnya garis-garis ato kerutan di area dagu, mata, atopun dahi.

Keriput merupakan tanda-tanda awal dari proses penuaan. Dan seiring berjalannya waktu, kulit bakal kehilangan elastisitasnya, sehingga jadi lebih kering, tipis juga rawan sama kerusakan.

Keriput selain terjadi akibat proses penuaan, juga bisa terjadi karena faktor keturunan, rokok, dan paparan sinar matahari yang berlebih. Nah, meski udah dicegah, tapi alangkah baiknya kalo kita juga ngehindarin faktor penyebabnya. Cara ngehindarinnya, bisa dengan ga ngonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa mencegah munculnya kerutan dan ngurangin proses penuaan.

Berikut nama-nama makanan pencegah keriput:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah makanan pencegah keriput yang pertama. Minyak zaitun bisa bantu ngasih kelembapan ke kulit. Kandungannya terdiri dari vitamin C, D, E, zat besi dan antioksidan yang fungsinya bisa ngeregenerasi kulit.

2. Lemon

Lemon juga ampuh mencegah keriput secara efektif. Lemon udah terbukti bisa ngurangin garis-garis halus dan kerutan di wajah yang merupakan tanda awal keriput.

3. Teh

Teh juga termasuk makanan pencegah keriput yang baik. Teh mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang bisa bantu ngejaga kesehatan kulit, bikin kulit jadi bersih bercahaya, bisa nunda sekaligus ngurangin kerutan di wajah, dan mencegah berbagai penyakit kulit.

4. Alpuket

Alpuket punya kandungan lemak tak jenuh yang sehat buat tubuh. Kandungan lemak didalem alpuket ini juga bisa dipakai buat mencegah keriput. Lemak didalem alpuket berguna buat ngelindungin kelembapan alami kulit. Selain itu juga mengandung beberapa vitamin juga nutrisi yang dibutuhin kulit.

5. Ikan

Ikan salmon bisa dikategoriin juga sebagai makanan pencegah keriput. Hal ini karena ikan salmon punya kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Omega 3 ini fungsinya sebagai pelumas alami kulit yang bisa ngejaga kelembapan kulit. Dengan rutin ngonsumsi ikan salmon 2-3 kali per minggu, dijamin kulit bakalan tetep halus, sehat dan lembut.

6. Kale

Kale adalah sejenis sayuran hijau yang mirip sama bayem. Kale punya kandungan antioksidan yang tinggi dan zat-zat penting lain misalnya lutein, zat besi, dan vitamin A yang udah terbukti ampuh bisa ngejaga kesehatan kulit.

7. Sayuran Berwarna Orange

Makanan pencegah keriput berikutnya yaitu sayuran berwarna orange, misalnya wortel, labu, sama paprika orange. Sayuran berwarna orange kaya akan antioksidan dan bioflavonoids alami yang bagus banget buat kesehatan kulit.

8. Kacang Almond & Kacang Mete

Dibalik rasanya yang gurih dan lezat, kacang almond sama kacang mete juga bagus ternyata buat mencegah keriput. Kacang almond sama mete punya kandungan lemak sehat yang bisa bantu nyehatin kulit dan ngelindungin kulit dari kerusakan. Makan kacang almond secara teratur juga bisa ningkatin kemampuan otak, nurunin resiko kena alzheimer, dan penyakit lain yang berhubungan sama ingetan.

9. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidannya yang bisa dimanfaatin sebagai makanan pencegah keriput juga. Antioksidan yang terkandung didalam blueberry mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam jangka panjang, ngelawan radikal bebas, dan ngelindungin diri dari kerusakan kulit.

10. Tomat

Tomat merupakan makanan pencegah keriput berikutnya. Tomat punya kandungan likopen yang tinggi, dimana likopen ini dipercaya mampu ngejaga kesehatan kulit supaya kulit tetep sehat berseri.

11. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan antioksidan, mineral, dan zat besi yang bagus banget buat ngejaga kesehatan kulit. Bayam juga merupakan makanan pencegah keriput sekaligus makanan anti penuaan dini.

12. Jeruk

Jeruk punya kandungan air yang cukup tinggi yang bisa ngejaga kulit supaya ga kedehidrasi dan juga bisa ngejaga kelembapan kulit. Selain itu, jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang bagus, karena mampu ngeproduksi kolagen yang bisa ngejaga elastisitas kulit.

13. Paprika Merah

Paprika merah merupakan salah satu sumber makanan yang paling kaya vitamin C nya. Menurut penelitian, makanan yang kaya vitamin C itu emang bagus buat mencegah keriput.

14. Anggur

Anggur terutama anggur hijau punya kandungan AHA yang bagus banget dalam ngilangin keriput dan kerutan. Anggur juga terbukti bisa memperlambat proses penuaan, dan mencegah kerusakan kulit akibat efek sinar UV.

15. Tiram

Tiram adalah sejenis kerang yang termasuk ke dalam salah satu makanan pencegah keriput selanjutnya. Tiram punya kandungan zinc yang tinggi yang berguna sebagai antioksidan dan berperan dalam proses pembuatan kolagen. Selain itu, zinc didalam tiram juga berfungsi buat merbaikin kesehatan kulit, ningkatin elastisitas, dan bisa ngasih kekuatan ke kulit dalam mencegah proses penuaan.

16. Mentimun

Mentimun selain bisa dimanfaatin sebagai pembersih wajah, bisa juga dikategoriin sebagai makanan pencegah keriput. Mentimun punya kandungan air yang cukup tinggi yang bisa nyegerin dan ngehalusin kulit, plus ngilangin keriput di wajah.

17. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni biasa dipakai sebagai masker alami yang punya kemampuan dalam ngangkat sel-sel kulit mati dan bisa ngejaga kelembapan alami kulit.

18. Nanas

Nanas merupakan buah yang punya kandungan vitamin C yang tinggi dan efektif banget ngilangin kerutan di wajah.

19. Kiwi

Kiwi merupakan makanan pencegah keriput yang efektif karena kiwi punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan terbukti ampuh mencegah keriput.

20. Strawberry & Jambu

Strawberry dan jambu merupakan deretan makanan pencegah keriput terakhir. Strawberry dan jambu punya kandungan vitamin C yang tinggi juga, makanya ampuh dalam mencegah keriput di wajah.

Selain dengan ngonsumsi makanan-makanan sehat pencegah keriput diatas tadi, sista juga bisa mencegah keriput dengan ngurangin kafein, alcohol dan jumlah kadar garam di menu hariannya. Karena hal ini bisa ngejaga kulit jadi tetep sehat dan seger sampai usia berapapun.

Gambar Hari Ini:

Anak Kecil Nonton Dora

Nih Wajib Tau Sis, Makanan-Makanan Pencegah Keriput

Sumber: @kimdaoblog

Nih Wajib Tau Sis, Makanan-Makanan Pencegah Keriput