Pengen Punya Kuku Cantik? Cobain Perawatan Kuku Sederhana Ini Di Rumah!

0 143

Pengen Punya Kuku Cantik? Cobain Perawatan Kuku Sederhana Ini Di Rumah!

Kuku merupakan salah satu bagian penting dari tubuh kita yang bisa ningkatin rasa percaya diri.

Kuku yang dipoles cat cantik warna-warni emang menarik dan sekarang udah jadi trend yang ngejamur di kalangan kaum hawa. Tapi tau ga sis, kalo kuku itu ga boleh dicat sembarangan lho! Karena kuku bisa-bisa jamuran.

Sista pasti ga mo kan penampilan kalian jadi ga maksimal gara-gara kukunya ga kerawat? Makanya biasain sis buat rutin ngerawat kuku.

Nah berikut ada beberapa tips buat ngerawat kuku biar tetep cantik.

Ngebersihin Kuku

– Biasain buat selalu cuci tangan dan kaki tiap abis bepergian dan pas mandi. Pakai sabun antiseptic biar kuman-kuman yang nempel di kuku mati. Sikat kuku pakai sikat khusus kuku yang bisa ngilangin kotoran-kotoran yang nempel dibawah kuku.

– Sista bisa pakai belimbing waluh buat ngebersihin kuku. Caranya cukup olesin potongan belimbing waluh di area kuku, terus bilas pakai air. Lakuin ini seminggu sekali.

– Setelah kuku dibersihin, sista juga bisa ngelakuin perawatan lain biar kuku keliatan mengkilap. Caranya gampang, yakni peres jeruk nipis secukupnya, campur sarinya sama air hangat. Rendem kuku selama ± 10 menitan. Perhatian, kuku harus kecelup semua ya sis, biar ga ada bagian yang kelewat.

Setelah itu, angkat dan bersihin sisa-sisa kotorannya. Rendem lagi sebentar, dan jreng-jrengg… Kuku sista udah keliatan mengkilap deh tuh. :p

Ngecat Kuku

Sebagai kaum hawa yang modis dan peduli sama kecantikan kuku, sista pasti bakal seneng sama seni ngehias kuku ato sering disebut nail art. Nail art emang bisa bikin penampilan sista jadi makin sempurna. Apalagi ornament hiasannya bisa makin mempercantik penampilan.

Tapi, perlu sista tau, kalo ngecat kuku itu ga bisa sembarangan. Ada hal-hal yang wajib diperhatiin, diantaranya:

– Jangan ngecat kuku setiap waktu

Kuku juga perlu nafas sama kayak manusia. Kalo kuku sista selalu ketutup cat kuku ato kuteks, nanti kuku ga bisa nafas. Akibatnya, kuku bisa rusak, jadi agak kuning, permukaannya kasar, gampang patah, dan rapuh. Makanya sis, warnain kuku secara maksimal selama 7 hari, setelah itu bersihin kuteksnya, dan biarin kuku bernafas ato bersih dari kuteks beberapa hari. Barulah kalo udah beberapa hari nanti kuku dicat lagi.

– Pakai base coat.

Base coat adalah cairan khusus (cat dasar) yang diolesin ke permukaan kuku sebelum pakai pewarna kuku (kuteks). Fungsinya adalah buat ngelindungin kuku supaya ga langsung kena bahan kimia dan meminimalisir kerusakan kuku yang diakibatin sama bahan-bahan kimia yang terkandung didalam kuteks. Jadi, biasain buat ngolesin base coat tipis-tipis sebelum pakai kuteks.

– Warnain kuku searah.

Setelah pakai base coat, sekarang waktunya buat ngewarnain kuku… Pilih warna kuteks yang sesuai kesukaan kalian ya sis, kalo sista pengen kesannya natural, sista bisa pilih warna transparan (bening), pink, beige, sama rose. Tapi kalo pengen terkesan lebih berani dan elegan, sista bisa pilih warna-warna terang kayak hijau, merah, gold silver, biru, dll.

Sista harus punya banyak waktu kalo mo warnain kuku sendiri biar ga buru-buru dan hasilnya maksimal. Caranya, pas ngolesin cat kuku, olesin searah dan urutin dari pinggir supaya hasil catnya maksimal dan halus. Ulangin 2-3 kali biar hasil catnya lebih bagus dan kinclong.

– Tutup pakai top coat.

Setelah kuku diwarnain pakai kuteks, jangan lupa tutup pakai top coat ya sis. Penggunaan top coat setelah kuteks bisa ngehasilin warna yang mengkilap dan bikin cat kuku jadi awet.

– Penggunaan hair dryer.

Boleh-boleh aja kok kalo emang sista pengen pakai hair dryer buat ngeringin cat kuku. Tapi harus inget, pakai suhu yang dingin ya, dan atur jaraknya sekitar 15 cm dari kuku biar cat kuku bisa kering sempurna tanpa ninggalin gelembung-gelembung cat. Gelembung-gelembung ini sering terjadi karena penggunaan hair dryer yang terlalu deket sama kuku.

– Ngerawat kuku.

– Rutin bersihin kuku dengan cara yang dijelasin tadi. Kuku yang bersih bakal kehindar dari kotoran yang numpuk di bagian bawah kuku tangan ato kaki sista, bebas jamur dan bau.

– Rendem kuku ke dalam campuran cuka apel sama minyak zaitun yang udah dihangatin supaya kuku jadi lebih kuat dan ga gampang patah. Bisa juga pakai bawang putih yang diusapin ke bagian kuku.

– Pakai krim pelembap khusus kuku (vitamin kuku) yang gunanya buat ngelembapin area sekitar kuku biar ga kering. Vitamin kuku ini diperluin banget buat ngenutrisi kuku biar kuku tetep sehat dan ga gampang rusak.

– Terakhir, biar kuku tetep kejaga kesehatannya, banyakin minum air putih, terus rutin juga ngonsumsi kalsium yang terkandung didalam susu dan makanan jenis kacang-kacangan. Kalsium berguna banget buat ngejaga kuku sista biar tetep kuat dan sehat.

Sista, itulah beberapa penjelasan soal tips ngerawat kuku yang bener dan bisa sista coba sendiri di rumah. Jangan lupa dicoba ya sis!

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Pengen Punya Kuku Cantik? Cobain Perawatan Kuku Sederhana Ini Di Rumah!

Bayi Kecil

Pengen Punya Kuku Cantik? Cobain Perawatan Kuku Sederhana Ini Di Rumah!