Pikirin Baik-baik Sebelum Sista Ambil Keputusan Operasi Plastik

0 144

Pikirin Baik-baik Sebelum Sista Ambil Keputusan Operasi Plastik

Saat ini operasi plastik udah jadi fenomena banget dan makin banyak digemarin sama masyarakat khususnya kaum perempuan guna mempercantik penampilannya. Gimana engga coba sis? hidung yang pesek bisa jadi mancung, muka bulet tembem bisa jadi lonjong tirus, kulit hitam bisa jadi putih, yang udah tua bisa jadi lebih mudaan, bahkan kalo wajah kita misalnya mo dibuat mirip sama artis idola juga bisa lewat operasi plastik. Yang penting kuat aja budgetnya.

Waduhh keren ya meski agak serem..

Hhmmm tapi buat sista yang tertarik, mendingan pikirin dulu lagi deh. Jangan sampe nantinya nyesel. Karena ga semua operasi plastik itu berhasil. Efek ke depannya juga bisa buruk banget. Nanti yang ada bukannya malah cantik, tapi buruk rupa lagi! Ih amit-amit deh.. Dan emang udah banyak kejadian juga kan gagal operasi plastik sampe bikin orangnya depresi terus bunuh diri.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus dan perlu kita tau sebelum ngambil jalan operasi plastik:

Apa kondisi sista bener-bener siap jalanin operasi plastik?

Sista pasti pernah liat sebagian orang keliatan jauh lebih menawan setelah operasi plastik, terutama di bagian wajah tertentu. Makanya, penting banget nih ngetahuin gimana kondisi fisik sista sebelum operasi dijalanin. Karena kemungkinan operasi gagal dilakuin itu banyak banget sis.

– Operasi hidung. Kalo niat mo operasi hhidung, pastiin sista punya kulit hidung yang tebel. Prosedur ini cocok buat yang hidungnya gede, bengkok, ato ada benjolannya. Baiknya hindarin juga operasi hidung buat anak-anak yang masih proses pertumbuhan. Kalo sista doyan olahraga juga lebih baik jangan dioperasi hidungnya, karena rawan kena benturan pas abis dioperasi.

– Operasi kelopak mata. Sista bisa dapet hasil maksimal kalo punya kelopak mata yang bengkak dan ada kantong matanya. Sebaiknya hindarin deh kalo punya lingkaran hitam di sekitar mata, garis-garis halus ato keriput.

– Memperbesar bibir. Kandidat terbaik buat memperbesar bibir itu buat kalangan muda. Bagi sista yang udah berumur, bisa ngelakuinnya kalo kondisi bibirnya udah tipis. Operasi jenis ini ga cocok buat yang alergi, herpes, punya riwayat diabetes, sama penyakit autoimun kayak lupus ato rheumatoid arthritis.

– Implan pipi. Silahkan lakuin tindakan ini kalo sista punya tulang pipi berbentuk datar ato kena pengendoran dini di pipi. Tapi jangan lakuin tindakan operasi implan pipi kalo kulit wajah sista terlalu kendor ya. Kondisi kayak gitu lebih baik ditanganin dengan tarik wajah ato facelift.

– Implan dagu. Pas dagu ga seimbang sama hidung, sista boleh lakuin operasi implant dagu. Tapi hindarin kalo ternyata punya masalah sama gigi.

– Ngangkat alis ato dahi. Hindarin tindakan ini kalo alis botak ato punya kulit yang gampang luka. Kalangan yang tepat buat operasi alis ato dahi itu yang punya alis tebel, keriput di dahi, sama kerutan.

– Narik wajah ato leher supaya keliatan lebih muda. Operasi jenis ini sering disebut facelift. Biasanya dilakuin sama mereka yang udah berusia lanjut dan pengen keliatan awet muda. Mereka yang punya kulit leher sama wajah kendor terus ada keriput dan punya lemak berlebih di dagu cocock banget lakuin operasi ini. Kalo yang kulitnya elastis ato ngalamin masalah obesitas baiknya jangan.

Selain hal diatas, ada juga faktor-faktor lain yang harus diperhatiin, kayak kondisi kesehatan secara keseluruhan. Kalo sista punya masalah kesehatan, misalnya depresi, diabetes, penyakit jantung, hipertensi, ato gangguan pendarahan, baikknya hindarin tindakan operasi plastik.

Gaya hidup juga ternyata bisa ngehalangin sista lakuin operasi plastik, khususnya bagi perokok berat. Ngerokok bisa mempengaruhi proses penyembuhan luka bahkan sampe memperparah bekas luka. Kandungan didalem rokok kayak karbon monoksida, nikotin sama racun lainnya bisa nurunin aliran darah ke kulit. Pembekuan darah, pneumonia, sama hipertensi juga bisa jadi resiko komplikasi pasca pembiusan akibat rokok.

Kalo sista perokok dan nekat pengen operasi plastik, baiknya brenti dulu ngerokoknya. Biasanya ahli bedah plastiknya bakal nyuruh sista buat brenti ngerokok dulu selama sekitar 2-4 minggu sebelum sama setelah operasi.

Selama proses ini, hindarin deh asap rokok. Dan hal ini juga berlaku buat sista yang perokok pasif. Usahain jangan sampe kena asap rokok selama periode tadi. Sista juga dituntut buat punya berat badan yang stabil selama seenggaknya 6 bulanan sampe 1 taun sebelum operasi plastik.

Yang harus kita tau tentang operasi plastik

Operasi plastik emang hasilnya menggiurkan banget. Tapi sebelum nikmatin hasilnya, kita harus bersakit-sakit dulu. Berikut ini nih hal-hal yang harus kita tau tentang operasi plastik.

– Pas sista mutusin buat mempercantik diri lewat jalan operasi plastik, baiknya sista harus punya waktu luang buat ngurung diri di rumah. Karena pastinya nanti sista bakal ngerasa kurang nyaman kalo harus beraktivitas dengan wajah memar ato bengkak akibat operasi. Biasanya proses penyembuhannya juga makan waktu cukup lama sekitar 6-12 minggu. Tapi tergantung kondisi juga sih sama tindakan yang dijalanin.

– Satu kali operasi kadang belom cukup buat dapetin bentuk wajah yang dipengen. Dibutuhin operasi lanjutan lagi buat dapetin hasil yang baik dan pastinya nguras banyak banget biaya. Terus perlu diinget juga kalo operasi plastik yang tujuannya buat kecantikan ga akan ditanggung sama asuransi.

– Sista bakal punya bekas luka sayatan, tapi bisa pudar dari waktu ke waktu.

Kalo sista emang udah fix mutusin mo operasi plastik, sista juga harus siap nanggung semua resikonya pas udah operasi. Kira-kira resiko apa aja yang bakal terjadi?

– Gagal pas implantasi pipi ato dagu. Implan yang dimasukkin ke wajah mungkin bisa jadi infeksi ato ditolak sama tubuh. Kadang, pemasangan implan juga bisa salah posisi ato bahkan bocor, jadi butuh operasi lanjutan.
– Pas operasi alis ato dahi. Sista harus nerima resiko kehilangan rambut di sekitar area yang dioperasi. Mungkin juga bisa mati rasa di sekitar area dahi sama kulit kepala.
– Sista juga harus terima resiko ngalamin kebutaan meski jarang kejadian, misalnya kalo operasi kelopak mata.
– Kebentuknya cairan di bawah kulit.
– Pendarahan ringan yang mungkin merluin pembedahan lain ato transfusi darah.
– Kesemutan bahkan mati rasa akibat rusaknya saraf. Hal ini mungkin bisa jadi sifatnya permanen.
– Kulit rusak dan penyembuhannya harus lewat jalur operasi.
– Bagi yang punya penyakit paru-paru, diabetes, kardioviskular, ato obesitas, punya resiko lebih tinggi kena komplikasi. Komplikasi ini bisa berupa penyakit serangan jantung, stroke, pembekuan darah di paru-paru ato kulit, sama pneumonia.

Mutusin buat operasi plastik itu ga bisa dianggep enteng. Karena pertama, sista bakal ngebentuk wajah secara permanen. Terus kedua, resiko kena komplikasi dibalik itu semua juga tinggi, dan harus siap diterima.

Makanya, pikirin lagi mateng-mateng deh, jangan maksain diri kalo kondisi ga ngedukung. Inget, hasil operasi tiap orang itu ga sama. Jadi, konsultasiin dulu sebelumnya ke dokter dari a sampe z kalo mo lakuin operasi plastik.

Sekian semoga bermanfaat sis!

Gambar Hari Ini:

Ukraine

Pikirin Baik-baik Sebelum Sista Ambil Keputusan Operasi Plastik

Sumber: @kimdaoblog

Pikirin Baik-baik Sebelum Sista Ambil Keputusan Operasi Plastik