Produk Kecantikan Organik, Beneran Aman? Kenali Dulu Sebelum Beli!

0 91

Produk Kecantikan Organik, Beneran Aman? Kenali Dulu Sebelum Beli!

Saat ini produk kecantikan udah macem-macem deh, selain dibuat dari bahan non organic. Katanya sih sekarang ada juga produk kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan organic. Ga cuma di mal, tapi di pameran-pameran produk kecantikan juga udah tersedia berbagai produk kecantikan dari bahan organic ini.

Mulai dari produk perawatan tubuh sampe produk perawatan wajah sama make up juga ada dari bahan organic. Bahkan produsen produk kecantikan trend terbaru ini ga cuma dari kalangan produsen besar aja, dari produsen home industry juga udah banyak. Produk dari bahan organic emang lebih aman dipakai buat perawatan kecantikan, karena ga bercampur sama bahan-bahan kimia yang bisa ngebahayain kulit.

Tapi,, beneran aman gak tuh produk kecantikan dari bahan organic?

Saat ini produk kecantikan baik buat perawatan ato kosmetik dari bahan organic emang lagi trend. Tapi bukan berarti kita jadi ikut-ikutan juga pakai produk berbahan organic tanpa tau apa aja bahan-bahan sebenernya.

Kayak gimana sebenernya produk kecantikan organic itu?

Produk kecantikan organic pada dasarnya sama aja sama kosmetik biasa, cuma terbuat dari bahan-bahan alami. Jadi produk diklaim emang ga mengandung bahan ato senyawa kimia yang notabene bisa nimbulin efek samping yang buruk buat kulit.

Produk kecantikan organic mengandung sekitar 70-90% bahan organic dan sisanya non organic. Tapi, tetep harus ada unsur yang diperhatiin sis. Misalnya, paraben, zirconium, alumunium, lead, cooper, mercury, steroid, thalium sama hexachlorophene yang bisa ngedorong munculnya penyakit kanker payudara dan ganggu kesehatan juga. Meski terbuat dari bahan organic, tetep harus inget sis, jangan nafsirin dulu kalo produk terbuat dari sayuran ato buah organic yang banyak di jual di pasar ato supermarket.

Yang perlu difahamin adalah produk kecantikan organic itu beda komposisinya sama produk kecantikan natural. Jangan kejebak sama katanya yang natural, organic, ato alami. Karena keterangan alami aja ga cukup.

Misalnya sampo beraroma buah ato herbal, bahannya itu belum tentu lho bener-bener alami. Biasanya bahannya itu terbuat dari bahan kimia yang punya aroma essence kayak wangi bahan alami. Makanya, disaranin supaya milih produk yang bener-bener pakai bahan alami ato organic.

Perbedaan produk natural dan organic

Meski produk kecantikan orangik sebenernya juga adalah produk kecantikan natural. Tapi sebenernya istilah organic itu sendiri beda sama natural. Produk kecantikan yang labelnya natural umumnya terbuat dari bahan-bahan alami tapi tetep mengandung bahan kimia dengan dosis aman dan ringan. Misalnya, buat ngehasilin busa sabun ato ningkatin performa kerja bahan aktifnya.

Sedangkan produk kecantikan organic sendiri dibuat dari bahan ato tanaman yang emang dikembangin secara organic dan non bahan kimia, mulai dari bibit sampe proses panennya. Para petani yang nanam tanaman organic harus pakai metode pertanian organic pas memprosesnya. Pokoknya dari awal sampe ke langkah penyortiran bagian yang layak diolah lebih lanjut, semua pakai teknologi yang ramah lingkungan.

Setelah itu, proses berlanjut ke tahap pencucian dengan ngebersihin kotoran yang nempel di tanaman. Terus tanaman yang udah dibersihin dirajang dan dikeringin. Proses pengeringannya juga beda-beda, bergantung sama jenis tanamannya.

Langkah terakhir dari teknologi pasca panen yaitu pengemasan sama penyimpanan. Produk yang udah diolah ini bisa tahan lumayan lama sampe 2 taunan. Dan pasti kondisinya juga kejaga banget dong!

Jadi, kunci dari produk kecantikan organic itu adalah tanpa bahan kimia. Meski begitu, pembuatan produk kecantikan organic ini sendiri bukan berarti bebas dari proses kimiawi ya. Kayak contohnya masker bengkoang, kalo ga ada proses kimianya, komposisisnya pasti ga kan sempurna.

Tapi tambahan unsur kimia itu biasanya cuma sebagai stabilisator aja sih, bukan bahan kimia pengawet, dan kadarnya juga ga lebih dari 30%.

Produk Kecantikan Organik Lebih Aman

Karena cuma sedikit mengandung bahan kimia, jadi produk kecantikan organic dipastiin relative lebih aman dibanding produk kecantikan pada umumnya.

Kita kan sering liat tuh ada wanita yang wajahnya agak gelap akibat pakai produk kecantikan dari bahan kimia. Ato wajahnya jadi lebih sensitif setelah pakai produk tertentu. Bahkan digaruk dikit aja luka ato berdarah.

Nah, kalo sista pakai produk kecantikan organic, masalah-masalah kayak tadi ga bakal terjadi. Apalagi kalo pemakaian produk kecantikan organic ini dibarengin konsultasi sama pakar kecantikan, pastinya penggunaan produk kecantikan organiknya bakal makin maksimal hasilnya.

Sekilas mengenai produk kecantikan modern yang terbuat dari bahan kimia, sebenernya ga semuanya nimbulin efek samping. Karena sebelum dirilis ke pasaran, produk kecantikan itu kan pasti udah ngelewatin serangkaian proses yang disebut R&D. Malah sistem quality controlnya juga ketat banget. Jadi, pas diluncurin ke pasaran pastinya punya tujuan sama fungsi masing-masing yang layak pakai.

Yang perlu diinget itu, semua produk kecantikan mo yang alami ato modern, keduanya pasti diproses secara kimia juga. Tapi jelas dengan persentase yang wajar ya antara bahan satu sama lainnya. Dan bisa dipastiin kalo produk kecantikan organic itu ga punya imunitas ke kulit. Sedangkan kosmetik kimia punya imunitas ke kulit, dan kalo ga cocok bisa nimbulin alergi.

Perhatiin label & Tes

Produk kecantikan organic boleh dibilang baik kalo kandungan zat aktif, zat aditif (pewarna, pengawet, dll) juga zat vehikulumnya (pembawa) aman. Dan cara ngecek apa aja kandungan bahan organicnya, coba cek label ato tanya-tanya langsung sama pihak produsennya. Buat mastiinn, tes juga produk dengan cara ngolesin sedikit di bagian belakang kuping ato di lipatan tangan. Kalo ga ada reaksi yang ga enak, berarti kulit sista cocok sama bahan dari produk itu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatiin sebelum ngegunain produk kecantikan organic supaya hasilnya maksimal.

– Cari tau dulu problem wajah dan konsultasiin sama pakar kecantikan supaya kosmetik organic cocok dan pas di kulit wajah.
– Tes produk ke kulit sebelum beli produk kecantikan organic.
– Pastiin merk produk kecantikan yang mo dibeli udah dapet kode register dari Dinas Kesehatan.
– Pilih produk kecantikan yang sesuai sama jenis kulit.
– Teliti bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kecantikan yang mo dibeli. Ada kandungan bahan bahayanya ato engga.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Produk Kecantikan Organik, Beneran Aman? Kenali Dulu Sebelum Beli!

Kue Strawberry

Produk Kecantikan Organik, Beneran Aman? Kenali Dulu Sebelum Beli!