Produk-Produk Kecantikan Yang Wajib Dimiliki Di Usia 40 Tahun Ke Atas

0 285

Produk-Produk Kecantikan Yang Wajib Dimiliki Di Usia 40 Tahun Ke Atas

Setiap manusia semua pasti bakal ngalamin yang namanya proses penuaan, begitu juga halnya sama kulit kita. Seiring nambahnya usia dari waktu ke waktu, kulit ga bakal sama lagi kayak waktu zaman muda dulu.

Kalo waktu muda kulit kerasa kenyel dan lembut, lain ceritanya sama pas kita udah nginjek usia 40 taun ke atas. Itulah sebabnya, kita perlu ngelakuin perawatan wajah sesuai sama usia.

Ngerawat kulit ekstra setelah usia 40 taun emang perlu dan ga bisa dinegosiasi lagi. Apalagi makin bertambahnya usia produksi kolagen sama elastin didalem kulit makin berkurang, dan proses peremajaan juga regenerasi kulit makin ngelambat.

Itu semua nandain bhangat bahwa kulit kita bakal makin rentan terhadap kerusakan. Efeknya nanti, garis-garis halus, kerutan, dan noda akibat sengatan sinar matahari bisa gampang muncul.

Jadi, kalo sista ga ngambil tindakan perawatan yang tepat, tampilan kulit nantinya bisa jadi tambah buruk. Dibawah ini ada ulasan beberapa produk esensial kulit yang wajib kita punya pas usia 40 taun ke atas.

– Tabir Surya (Sun Screen)

Kenapa produk ini penting?

Paparan sinar matahari yang kaya akan ultraviolet adalah penyebab utama penuaan dini dan bisa ngakibatin kanker kulit. Sinar ultraviolet bakal makin mempercepat pembentukan kerutan, garis wajah, dan noda di wajah.

Parahnya lagi, kerusakan akibat sinar matahari ini juga bisa ngehambat kemampuan kulit buat merbaikin dirinya sendiri. Jadi, penting buat kita selalu pakai tabir surya yang mengandung SPF biar kulit kelindung dari paparan sinar matahari langsung.

Khusus buat yang usianya 40 taun ke atas:
Hati-hati milih tabir surya buat golongan usia kalian. Seiring nambahnya usia, kulit kita jadi lebih sensitive. Makanya, cari tabir surya yang formulasi SPF nya 30 fisikal (bukan yang kimiawi). Kandungannya biasanya berupa bahan-bahan aktif misalnya titanium dioksida dan zinc oksida.

Tabir surya jenis ini punya kandungan bahan kimia yang lebih sedikit dan cenderung ga terlalu bikin kulit iritasi.

Cara pemakaian:
Pakai tabir surya setelah bersihin wajah dan pakai serum. Tabir surya ini sebaiknya jadi produk perawatan terakhir yang diaplikasiin setelah pakai make up.

– Retinol

Kenapa ini penting banget?

Banyak para pakar kulit setuju kalo ga ada lagi pengembali usia yang lebih kuat daripada retinol. Dan inilah yang terjadi pas kita pakai retinol. Produksi kolagen bakal ngelambat, dan pertumbuhan sel kulit baru pun berkurang.

Efeknya kulit jadi lebih tipis, kendor dan kerutan jadi lebih kusam. Retinol fungsinya ngerangsang dan ngembaliin lagi produksi kolagen juga pergantian sel biar kulit tetep kenyal dari taun ke taun meski tanda-tanda penuaan udah banyak muncul.

Kalo sista baru pertama kali coba retinol, baiknya beli produk yang udah mengandung retinol yang banyak dijual bebas di toko-toko kecantikan. Karena produk-produk yang udah mengandung retinol ini hasilnya lebih lembut dan lebih ampuh dibanding sama retinol kuat yang diresepin sama dokter kulit.

Tapi kalo sista emang udah lama pakai retinol, coba perhatiin dan rasain perubahan kulitnya. Kalo misalnya ga ada perubahan, segera konsultasiin ke dokter supaya dikasih resep retinol yang tepat. Pokoknya semua tergantung kulit kalian sis. Inget, harus sabar, karena hasilnya ga langsung keliatan sebulan dua bulan, tapi setelah bertaun-taun.

Cara pemakaian:
Pakai tiap malem setelah cuci muka, olesin dulu krim retinol sebelum pakai night cream.

– Serum Kaya Antioksidan

Kenapa produk ini penting banget?

Radikal bebas yang berasal dari sinar ultraviolet sama polusi bisa ngerusak DNA sel kulit kita, jadi kulit bisa keliatan lebih tua. Dengan pakai serum yang kaya kandungan antioksidan, kulit bakalan diblok biar sel-selnya ga rusak. So, kulit pun jadi tetep awet muda dan cerah.

Khusus buat usia 40 taun ke atas:
Cerdaslah nerapin produk ini ke kulit. Waktu yang paling baik serum kaya antioksidan buat ngelembutin kulit adalah pas pagi hari, karena kulit kita rentan kena radikal bebas pas matahari udah terik. Dan ada pendapat dari seorang pakar kecantikan nyebutin, serum yang bagus buat wanita yang udah usia 40 taun ke atas adalah yang mengandung ekstrak teh hijau.

Cara pemakaian:
Tiap pagi hari setelah bersihin wajah.

– Pelembap

Mengapa produk ini juga penting banget?

Karena pelembap bisa bantu ngeproduksi kelenjar minyak didalem kulit yang bakal berkurang seiring bertambahnya usia. Kalo produksi kelenjar minyak berkurang, akibatnya kulit cuma bisa mertahanin sedikit kelembapan. Kulit biasanya cenderung kendor dan timbul garis-garis halus juga kerutan.

Khusus buat usia 40 taun ke atas:
Di usia 20-an, kulit punya kelembapan yang lebih alami, jadi kita masih bisa ngelewatin pemakaian pelembap sewaktu-waktu. Tapi setelah masuk usia 40 taunan ke atas, pemakaian pelembap secara rutin ga boleh dilewatin. Pastiin pilih pelembap yang mengandung asam gliserin, hyaluronic, peptide, dan ceramide yang semuanya bisa bantu mertahanin kelembapan sementara waktu.

Cara pemakaian:
Pakai pelembap tiap siang dan malem setelah pakai serum juga obat (karena teksturnya lebih tebel).

Demikian. Semoga membantu ya sis 🙂

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Produk-Produk Kecantikan Yang Wajib Dimiliki Di Usia 40 Tahun Ke Atas

Anjing Laut

Produk-Produk Kecantikan Yang Wajib Dimiliki Di Usia 40 Tahun Ke Atas