Punya Bopeng Bekas Jerawat Punggung? Ini Dia Cara Mujarab Ngilanginnya!

0 170

Punya Bopeng Bekas Jerawat Punggung? Ini Dia Cara Mujarab Ngilanginnya!

[dropcap]J[/dropcap]erawat? Hmm penyakit yang sepele, tapi ngeganggu banget. Kita semua pasti pernah ngalamin yang namanya jerawat. Ada juga yang jerawatnya parah banget entah sodara, temen, atau kita sendiri ngejadiin kita ga pede, minder, dan sering di bully.

Kalo jerawat dimuka itu udah umum, tapi kalo di punggung emang jarang. Mungkin karena punggung ga keliatan sih, jadi kesannya masalah ini jarang terjadi. Secara pasti punggung kan jarang di umbar.. mungkin juga sebenarnya banyak dari kita yang ngalamin masalah ini.

Ada yang mukanya bersih, tapi punggung dan dada nya jerawatan, ada juga yang sebaliknya.

Nih beberapa penyebab munculnya jerawat di punggung dan dada:

Faktor utamanya itu karna keringat. Biasanya bagi kita yang aktif kaya cacing kepanasan (ga bisa diem), keringet akan sangat berlimbah. Cewek kelenjar keringatnya lebih banyak, jadi peluang terjadinya jerawat punggung dan dada lebih besar.

Keringat yang banyak bisa bikin punggung dan dada jadi lembab dan memicu timbulnya jerawat, apalagi kalo jarang mandi, makin numpuk aja deh jerawatnya.

Penyebab yang kedua itu karena pemakaian kondisioner rambut. Kandungan silicon yang ada di kondisioner bisa memicu jerawat. Makanya waktu pakai kondisioner jangan kena kulit punggung.

Penyebab yang ketiga adalah kita ga cocok sama pelembut pakaian atau pewangi pakaian yang kita pakai. Kadang jadi iritasi dan bisa nimbulin jerawat. Hmm.. baru tau kan? Penyebab yang keempat, karena kita kebiasaan pakai tas.

Tas yang kita bawa misalnya tas gendong yang bisa bikin keringat ketahan dan ga bisa keluar maksimal dari kulit, jadi bisa nimbulin iritasi karena gesekan dan jadi jerawat deh. Nah makanya coba pilih tas yang di selempangin dan talinya kecil.

Penyebab kelima yaitu pakaian yang terlalu ketat dan nggak nyerap keringat. Ingetkan? Kalo keringat itu masalah utama jerawat? Jadi cari yang agak longgar dan bahannya nyerap keringat.

Penyebab keenam adalah pelembut kulit atau lotion yang ga cocok sama kulit kita. Iritasi kulit karena lotion biasanya karena parfum dan pewarna yang terkandung di body lotion itu. Nah, iritasi itu yang timbul jadi jerawat. Pakai lotion juga menyumbat pori yang bisa bikin keringet ga keluar dan jadi jerawat.

Gimana sih caranya ngilangin jerawat di punggung dan dada?

Nih ada beberapa tips untuk ngilangin jerawat punggung dan dada, yaa, seenggaknya bisa ngurangin lah.

Karena kita udah bahas faktor-faktor penyebab munculnya jerawat punggung dan dada, sekarang kita tinggal antisipasi dan mencegahnya aja. Tapi buat sista yang punggung dan dadanya masih bersih, hidarin deh penyebab-penyebab di atas.

Hmmm terus kalo udah terlanjur banyak nyebar gimana?

1. Jaga kebersihan badan. Penyebab utama jerawat punggung itu dari keringat yang bercampur bakteri. Cara mudahnya ya mandi secara teratur. Pakai sabun anti bakteri atau sabun kesehatan. Inget ya, sabun kecantikan juga perlu, tapi sabun kesehatan juga perlu untuk kamu yang punya jerawat di punggung.

2. Scrubbing.. jangan salah baca ya, bukan clubbing, tapi scrubbing. Luluran dengan bahan lulur yang agak kasar secara berkala perlu juga buat angkat kotoran yang menyumbat pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati. Misalnya seminggu sekali boleh lah ke salon spa.

cream pemutih

Ato kalo mau hemat, minta aja ke mama, atau ke adik/kakak perempuan kamu. Jangan ke pacar ya, dosa. Hehee… Seminggu sekali juga cukup, karena emang dosis amannya segitu buat scrubbing. Jangan sering-sering, ntar malah bahaya. Bisa ngebentuk jerawat batu. Sista bisa jadwalin tiap weekend untuk scrub punggung.

3. Olesin putih telur ke daerah kulit yang berjerawat. Pas si mama bikin kue, minta aja tuh putih telurnya daripada ga kepake. Karena putih telur ini dipercaya bisa ngobatin jerawat punggung. Putih telur diolesin di punggung, diemin kira-kira setengah jam, terus mandi sampai bersih. Harus rutin tapi ya.

4. Ngolesin buah tomat yang sudah diblender di daerah punggung yang berjerawat. Buah tomat ini bisa buat alternatif scrub. Tomatnya tapi harus yang mateng, jangan yang mentah. Abis dioles, tunggu sampai kering, lalu bilas sampai bersih.

5. Pakai obat Aspirin. Eits, tapi obatnya bukan buat diminum. Obat aspirin mengandung anti flamasi sehingga bisa dipakai untuk ngilangin jerawat di punggung. Caranya, obat aspirin digerus sampai halus, campur air, terus diolesin ke punggung yang berjerawat. Tunggu sekitar setengah jam, bilas sampai bersih pakai air es.

6. Pake kulit jeruk. Vitamin C tinggi yang terkandung dalam jeruk bermanfaat banget dan dipercaya bisa ngobatin jerawat di punggung. Caranya, kulit jeruk yang udah kering di rendam di air, lalu di blender. Tambahin beberapa sendok susu. Jangan diminum, tapi tetap diolesin di punggung yang berjerawat. Diemin sekitar setengah jam terus bilas pake air dingin atau air es.

7. Cara yang terakhir adalah pakai buah lemon. Bekas jerawat punggung yang udah jadi flek hitam bisa diilangin dengan buah lemon yang punya kandungan vitamin C, B, Karbohidrat, dan Fosfor. Satu buah lemon di peres dan dicampur sama beberapa sendok air, terus di oles ke punggung yang berjerawat. Setelah 15 menit langsung bilas sampai bersih.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara ngobatin jerawat punggung. Namanya pengobatan, jadi harus sabar ya sis kalo jerawatnya ga langsung ilang gitu aja.

Cara di atas tadi emang lumayan efektif dan udah banyak yang buktiin. Dari pada pakai obat kimia, atau obat minum yang kita ga tau ada efek samping atau nggak. Lebih baik pake cara alami dan aman biar kulit juga tetep sehat.

Sekian sista. Jangan lupa dicoba yaa.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Blue Lava

Punya Bopeng Bekas Jerawat Punggung? Ini Dia Cara Mujarab Ngilanginnya!