Secara Ga Sadar, Mungkin Kita Sering Lakuin Kesalahan-Kesalahan Pas Mandi Berikut!

0 814

Secara Ga Sadar, Mungkin Kita Sering Lakuin Kesalahan-Kesalahan Pas Mandi Berikut!

Wanita itu menarik bukan dari tampilan wajahnya yang cantik aja. Wajah cantik bakal kerasa kurang kalo wajah ga keliatan seger dan fit. Dan salah satu hal yang bisa dilakuin demi ngejaga kesegaran adalah dengan mandi.

Tapi, mandi juga harus tepat caranya lho. Karena meski udah mandi udah wangi juga, belum tentu tubuh kita udah bener-bener bersih dari daki ato kotoran juga bakteri penyebab bau badan.

Emang apa aja sih kesalahan-kesalahan pas mandi?

Berikut listnya.

1. Mandi Air Panas

Banyak yang ngira mungkin mandi air panas itu baik buat terapi karena bisa bikin otot-otot tubuh jadi rileks. Padahal, mandi pakai air panas itu sebenernya harus dihindarin. Hal ini juga banyak diungkapin sama para dokter kulit.

Air panas bisa ngilangin banyak minyak alami didalam tubuh, dan bisa bawa sirkulasi darah ke kulit, makanya kulit suka jadi kemerahan, timbul gatel bahkan ruam.

Tuh sis, jangan mandi pakai air panas lagi ya. Khususnya buat yang kulitnya kering. Kasian nanti si kulit bisa makin kering.

2. Terlalu Lama Mandi

Karena saking enaknya mandi, ga jarang kalo kita jadi suka kelamaan mandinya. Apalagi kalo mandi uap ato sambil pakai lulur, pasti betah bhangat dah tuh lama-lama di kamar mandi. Bisa 1 jam kali ya! Hihihi… Padahal hal ini tuh ga bagus bhangat buat kelembapan kulit kita sis.

Bagusnya itu, mandi ga lebih dari 5-10 menit. Lebih cepet lebih baik (kata dokter kulit itu juga! :p).

3. Pakai Sabun Deodorant

Pakai sabun deodorant, sabun yang beraroma wangi, sabun antibakteri, ato jenis sabun berbahan keras lain, ternyata bukannya bagus tapi justru malah nurunin kadar kelembapan kulit kita sis. Sabun deodorant ato antibakteri bisa nyebabin kulit jadi kering bhangat, rentan ngelupas, sampai gatel-gatel.

Sabun yang bagus itu adalah yang buat penuaan kulit. Seiring bertambahnya umur, kulit suka jadi lebih tipis, kehilangan lemak, keringet, dan kelenjar penghasil minyak buat ngelembapin kulit jadi nurun juga kadarnya.

Disaranin, jangan pakai sabun berbahan keras misalnya wewangian, paraben, triclosan, formaldehida, warna sintesis, dan sodium laureth sulfate (sodium lauryl sulfate). Karena bahan-bahan ini bisa makin memperparah kesehatan kulit dan bikin kulit semakin kering.

4. Nyabunin Seluruh Area Tubuh

Ternyata ada teknik mandi yang perlu kita tau sis. Dimana pas mandi itu sebenernya kita cuma perlu nyabunin bagian wajah, paha, ketiak, pantat, sama telapak kaki. Kenapa? Karena bagian-bagian ini tempatnya minyak ato bau badan.

Sabun bisa ngilangin kotoran-kotoran di area-area ini. Sedangkan area lengan ato betis kan ga terlalu banyak ngeproduksi minyak. Jadi cukup dibasuh air aja.

5. Terlalu Lama Ngelembapin Kulit

Kalo sista pakai pelembap kulit setelah beberapa menit beres mandi, hal ini percuma aja. Bagusnya pakai pelembap itu dipakai pas abis mandi bhangat, pas air masih nempel di badan. Dengan begini, si pelembap nantinya bisa bekerja maksimal dan ga bakal bikin kulit jadi cepet kering.

6. Ga Ganti Puff Shower

Puff shower harus diganti secara berkala tiap bulannya. Karena jamur sama bakteri bisa tumbuh bebas disitu. Kalo bakteri udah nempel, tubuh bisa gatel-gatel.

7. Pakai Produk Sabun Alami Yang Belum Tentu Alami

Meski banyak produk kecantikan kayak sabun mandi itu pakai embel-embel alami, tapi belum tentu dampaknya sehat ke kulit tubuh kita. Jangan gampang terbuai sama kata-kata natural yang ditawarin, karena bukan berarti semua bahan yang terkandung didalam sabun itu alami.

8. Keramas Tiap Hari

Sista yang punya rambut tipis, halus, dan lembut baiknya jangan terlalu sering keramas. Seenggaknya cukup 2x sehari dalam seminggu supaya produksi minyak alami didalam rambut tetep seimbang. Terus buat sista yang rambutnya kasar ato keriting alami, keramasnya seminggu sekali aja.

Karena si rambut butuh waktu lebih lama buat nyeimbangin jumlah minyak alaminya. Kalo emang pengen rambut ato kulit kepalanya seger, sista bisa pakai kondisioner. Yang penting sampoannya jangan keseringan.

9. Pakai Sampo Yang Sama Dalam Waktu Lama

Rambut sama halnya kayak kulit kita yang bisa kering seiring makin bertambahnya umur. Semakin kita menua, rambut kita bakal makin kehilangan elastisitas, protein, dan kepadatannya. Makanya, mulai deh ganti sampo yang biasa kita pakai keramas sama sampo yang bebas sulfat, supaya rambut ga gampang rapuh dan lebih lembut.

Nah, kalo rambut sista justru malah nunjukkin kerusakan, disaranin mending cepet-cepet lakuin perawatan protein seengaknya sebulan sekali biar protein yang hilang bisa pulih lagi, dan rambut jadi makin kuat.

Sekian semoga terbantu..

Gambar Hari Ini:

Batubara

Secara Ga Sadar, Mungkin Kita Sering Lakuin Kesalahan-Kesalahan Pas Mandi Berikut!

Sumber: @kimdaoblog

Secara Ga Sadar, Mungkin Kita Sering Lakuin Kesalahan-Kesalahan Pas Mandi Berikut!