Semua Yang Wajib Sista Tau Kalo Mau Pakai Softlens

0 129

Semua Yang Wajib Sista Tau Kalo Mau Pakai Softlens

Buat sista para pecinta softlens ato yang sering pakai softlens, wajib tau beberapa hal nih gimana cara penggunaannya yang bener.

1. Hindarin penggunaan eye liners, karena bisa bikin softlens kotor. Kalo bisa pilih eye liner yang ramah softlens ato aman buat pengguna softlens. Jangan asal pakai eye liner!
2. Jangan pakai softlens pas lagi tidur.
3. Hindarin softlens di lingkungan yang banyak asapnya, banyak uap, ato berdebu. Karena mata bisa iritasi dan softlens yang dipakai rusak.
4. Kalo sista mo berenang, baiknya lepas softlensnya. Ato kalo emang mo tetep dipakai, jangan lupa pakai kacamata renang juga.
5. Pas bepergian jauh, bawa terus cairan softlens.
6. Jangan lupa bawa softlens cadangan minimal 1 pasang kemanapun sista pergi.

Tips Milih Softlens Yang Aman

Softlens sebenernya berfungsi buat sista yang ngalamin masalah mata dan males pakai kacamata. Tapi seiring perkembangan zaman, sekarang softlens ga cuma dipakai sama yang matanya bermasalah aja. Sista pasti tau kan kalo softlens sekarang itu udah jadi salah satu kebutuhan penting juga buat nambah penampilan? Karena emang mata otomatis jadi keliatan lebih cetar dan hidup dengan pakai softlens.

Hhmmm.. tapi meski buat ngegaya aja, sista ga boleh asal pilih ya! Nanti bisa-bisa matanya jadi sakit ato bahkan rusak. Apalagi kalo sista pilih softlens murah alias abal-abal yang ga jelas steril apa engganya.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatiin pas milih softlens yang aman:

1. Warna Softlens

Buat sista yang punya warna lensa mata satu warna, sista bisa pakai warna softlens yang berwarna. Tapi, kalo sista pengen pakai softlens cuma buat alesan kesehatan ato males pakai kacamata, cukup pakai softlens yang warnanya natural kayak cokelat sama hitam. Kalo matanya minus, baiknya pakai softlens yang bening ato transparan.

2. Kadar Air & Tingkat Ketipisan

Pas sista mutusin pakai softlens buat sehari-hari, yang pertama harus sista tau adalah berapa kadar air sama tingkat ketipisannya. Softlens itu kan banyak merknya, dan tiap merk itu kadar air sama ketipisannya beda-beda. Makin tinggi kadar air sama ketipisannya, softlens bakal semakin nyaman dipakai di mata.

3. Diameter Softlens

Pas milih softlens, penting banget nih sis merhatiin diameternya. Kalo bolamata sista bentuknya bulat penuh ato besar, pilih softlens yang diameternya besar juga. Tapi kalo bola mata sista kecil, jangan pilih yang diameternya terlalu besar supaya pas dipakai tetep nyaman di mata. Malah disaranin mendingan pilih yang diameternya sedeng aja.

4. Pastiin Sesuai Sama Minus Mata

Kalo sista pakai softlens karena matanya minus, usahain softlensnya sesuai sama minus mata sista. Jangan sampe milih softlens yang minusnya terlalu tinggi ato terlalu rendah.

5. Cek Expired Date

Sebelum sista beli softlens, jangan lupa cek juga expired datenya. Karena kalo softlens yang udah expired tetep dipakai, mata bisa perih, merah, bahkan parahnya sampe ngerusak selaput mata.

Cara Perawatan

Softlens juga bisa nurun lho kualitasnya, penyebabnya antara lain:

– Pemakaian terus menerus. Harusnya dipakai maksimum 12 jam aja per harinya dan pas tidur lebih baik dilepas.
– Debu. Softlens harus dibersihin dan dicuci tiap pagi sama sore biar tetep steril.
– Numpuknya lemak di bagian dalam. Lemak yang numpuk ini bisa bikin mata perih dan ga nyaman karena softlens udah terkontaminasi. Cara ngebersihinnya yaitu:
– Siapin air hangat (± 70° C) di gelas biasa.
– Masukkin softlens ke lenscase dan ganti cairan dalamnya sama cairan baru.
– Masukkin lenscase tadi ke dalam air hangat di gelas dan digoyang-goyang selama sekitar 10 menitan.
– Keluarin softlens terus gosok-gosok lembut pakai cairan softlens.
– Ulangin lagi lenscase dimasukkin ke dalam air hangat (pakai air yang baru).
– Softlens siap dipakai lagi deh!
– Disaranin lebih baik pakai kacamata pelindung debu kalo sista lagi ada di luar ruangan. Hal ini biar mata kehindar dari debu yang bisa ngakibatin iritasi.
– Jari tangan yang sering dipakai buat masang sama ngelepas softlens harus pendek kukunya.

Cara Masang Softlens

Kunci pas masang softlens adalah jangan gugup! Kenapa ga boleh gugup? Karena nanti softlens yang kepasang bisa ga bener dan malah bikin mata jadi perih. Apalagi kalo sista baru pertama kali pakai, pasti agak kesulitan. Tapi tenang aja sis, sista pasti bakal langsung bisa pakai sendiri kok setelah nyoba pertama kali. Dan ini dia cara-caranya:

– Jangan lupa tangan harus bersih sebelum masang softlens, jadi cuci dulu pakai sabun ya!
– Pastiin tangan ga abis pakai lotion, parfum ato deodorant yang bisa ngerusak softlens dan bikin pemakaiannya ga nyaman.
– Keringin tangan sampe bener-bener kering, karena permukaan softlens yang lunak bisa jadi datar kalo jari sista basah.
– Keluarin satu lensa softlens dari tempatnya, periksa apakah lensa sobek, dan ada kotorannya ato engga.
– Kalo ada yang ganjil, coba cek pakai ujung jari telunjuk dengan cara ngelengkungin lensa jadi ngadep ke atas.
– Buat masang lensa softlens yang lunak, tarik ke bagian bawah kelopak mata pakai jari tengah.
– Mata liat ke atas sampe bagian putih mata sista keliatan.
– Taro softlens pelan-pelan di bagian putih mata, terus biarin lensa softlens didalem kelopak mata.
– Kedipin mata, dan lensa nantinya bakal menuju kornea dengan sendirinya.

Cara Ngelepasin Softlens

– Cuci tangan terus keringin.

– Kalo mata sista kering, sebelum softlens dilepas tetesin dulu mata pakai cairan lensa lubricant.

– Gerakkin lensa ke bawah menuju bagian putih mata pakai jari. Teken lensa pelan-pelan pakai telunjuk sama ibu jari, lalu angkat lensa dan arahin keluar dari mata.

Cara Nyimpen Softlens

– Lensa dikasih 2-3 tetes cairan pembersih khusus lensa (solution). Gosok searah pakai ujung jari telunjuk, terus bilas lensa pakai solution.

– Rendem lensa kontak di tempatnya pakai solution sesuai aturan pemakaian yang disaranin sama praktisi optik tempat sista beli softlens.

– Kalo sista pengen pakai lagi jangan lupa bilas dulu, bersihin lensa di tempatnya pakai solution juga, terus keringin.

– Setelah pemakaian selama 2 minggu, rendam lensa softlens pakai tablet sesuai sama yang disaranin. Tujuan dilakuin hal ini adalah buat ngebersihin deposit protein yang susah dibersihin.

Nah gimana sis? Simple bukan?
Keep save yang penting ya sis, jangan sampe ngelanggar prosedur pemakaiannya..

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Semua Yang Wajib Sista Tau Kalo Mau Pakai Softlens

Little Mermaid

Semua Yang Wajib Sista Tau Kalo Mau Pakai Softlens