Simak Yuk Sis, Ciri-Ciri Kosmetik Yang Mengandung Merkuri!

0 189

Simak Yuk Sis, Ciri-Ciri Kosmetik Yang Mengandung Merkuri!

Keseharian perempuan emang ga bisa lepas dari kosmetik ato make-up buat mempercantik diri. Yaa..minimal pake pelembab ato bedak biar wajah ga terlalu keliatan kusem tanpa make-up. Tapi mungkin diantara sista ada yang pake make-up lebih dari itu. Hehee… yaa namanya juga perempuan, pasti pengen keliatan cantik terus dan bling-bling.

Berbagai jenis sama merek kosmetik juga udah banyak dijual di pasaran sekarang ini, bahkan sampe ada yang pasang iklan biar mereknya terkenal. Ga cuma perempuan, laki-laki juga nyatanya sekarang udah banyak yang pake kosmetik biar kulitnya tetep sehat sama lembut. Dan produk kosmetik yang ditawarin ini juga bukan cuma sekedar buat moles wajah aja, tapi udah macem-macem deh, mulai dari ujung kepala sampe ujung kaki.

Kosmetik emang punya kandungan aktif yang bisa bikin kulit kita jadi lebih cerah dan keliatan cantik. Bahkan ada yang bisa meregenerasi sel-sel kulit dan support vitamin juga buat kulit.

Tapi meski begitu, ga sedikit juga kosmetik yang bisa ngebahayain kesehatan kulit. Misalnya kosmetik yang dicampur sama bahan merkuri dan efeknya bahaya banget kalo diolesin ke kulit. Karena merkuri itu harusnya dipake buat bahan bangunan ato perabotan aja, bukan buat kosmetik.

Merkuri adalah logam berat yang kalo masuk ke dalem tubuh bisa jadi racun. Dan faktanya emang bener, bukan cuma satu ato dua, tapi udah banyak pabrik kosmetik yang sengaja nyampurin merkuri ke dalem campuran bahan kosmetiknya.

Kosmetik yang biasanya mengandung bahan merkuri adalah krim pemutih wajah. Produk krim pemutih bermerkuri ini ciri-ciri umumnya ga ada label krim dari dokternya dan sering dijual bebas di toko-toko kosmetik kecil di pasar. Sista yang pake krim yang bermerkuri, wajahnya emang bakalan kinclong banget meski sebelumnya kulit sempet merah-merah sama berbintik.

Biar lebih jelas, makanya simak yuk beberapa ciri lain kosmetik yang mengandung merkuri berikut ini:

– Kosmetik bermerkuri biasanya teksturnya lengket pas dioles. Sebagian malah ada yang nyampurin merkuri sama bedak jerawat (bedak dingin) biar keliatan lebih encer.

– Bahan kosmetik sama minyak kepisah. Perhatiin deh pas sista pake, nanti suka ada endapan kosmetik sama minyaknya.

– Biasanya kosmetik bermerkuri bakal kecium bau nyengat dari merkurinya. Meski ada sebagian kosmetik bermerkuri yang dicampur sama pewangi buatan biar baunya bisa kesamarin. Tapi tetep aja bau si merkuri bakalan kecium sedikit juga.

– Warna kosmetik bermerkuri biasanya pekat banget, misalnya orange. Hal ini karena ga pake bahan pewarna buat kosmetik, umumnya pake bahan perwarna tekstil (cap kupu-kupu yang kemasannya warna kuning).

– Kalo dipake ke kulit rasanya panas dan pas kena sinar matahari kosmetik bakalan luntur kayak ada minyaknya.

– Pas di awal pemakaian biasanya bisa nimbulin iritasi kulit dan kemerah-merahan kalo kena sinar matahari.

– Dalam jangka waktu dua hari ke depan, wajah bakal keliatan beda banget jadi lebih putih. Tapi lama-lama kulit jadi rusak.

– Warna putihnya di kulit ga lazim banget dan umumnya pucet.

– Ngelupasnya lapisan epidermis ato lapisan kulit luar selama 1 minggu pemakaian.

– Kulit bisa berubah putih dalam waktu singkat ato sekitar kurang dari 1 minggu, tergantung seberapa banyak kadar merkurinya. Kalo makin tinggi kadarnya bisa lebih cepet putih.

– Kalo ga pake kosmetik bermerkuri tersebut sekali aja biasanya kulit suka tiba-tiba jadi hitam dan gelap.

– Pori-pori kulit bisa menyempit dan bakal keliatan setelah 1 minggu pemakaian.

– Kemasan kosmetik bermerkuri kurang menarik dan ga bagus, malah mereknya juga ga terkenal.

– Harga yang ditawarin dibawah standar banget, jauh beda selisihnya sama produk kosmetik asli.

– Banyak dijual di pasar ato warung-warung kecil yang ga kejamin kebersihannya.

– Ga nimbulin jerawat sama sekali karena lapisan kulit luar tadi udah rusak. Kulit udah ga mengandung melanin sama protein lagi yang fungsinya buat ngelindungin paparan radiasi dari sinar matahari. Jadi jasad renik ato kuman ga bakal suka sama kulit yang udah tercemar merkuri, termasuk nyamuk.

Jerawat normal berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di kulit. Hal ini juga buat ngontrol perawatan kulit wajah kalo sista lupa ngebersihin wajah. jadi umumnya jerawat bakal muncul kalo wajah ga dibersihin. Tapi kalo udah kena merkuri biasanya jerawat ini ga muncul, karena struktur protein didalem kulit udah berubah dan rusak.

– Pori-pori jadi makin kecil dan halus. Hal ini sebenernya disebabin karena lapisan kulit paling luar wajah ktia udah tipis dan kegerus sama logam berat merkuri. Jadi sekilas keliatan kecil sama halus. Buat ngujinya, sista bisa nyoba ke sinar matahari, kulit pasti bakal kayak kebakar sama gatel, terus jadi kemerahan.

Hal ini terjadi karena kulit wajah udah ga dapet perlindungan lagi dari melanin. Beda sama produk kosmetik yang non merkuri, yang ga kan ngakibatin iritasi kalo kulit kepapar sinar matahari. Karena produk kosmetik asli non merkuri ada kandungan SPF yang bisa mencegahnya.

– Kalo udah tercemar merkuri terus pemakaiannya dibrentiin, bisa timbul jerawat kecil-kecil yang super gatel sama bintik-bintik hitam di sebagian ato merata dibawah kulit.

– Warna putih di kulit lama-lama bakal berubah jadi abu-abu terus kehitaman, dan lanjut ke penyakit lain.

Selain kulit jadi rusak, ada juga efek samping lainnya yaitu:

– Bisa nyebabin kanker kulit dalam jangka panjang, karena merkuri bisa langsung masuk ke dalem tubuh lewat pori-pori kulit.
– Numpuknya racun didalem tubuh.
– Rusaknya organ bagian dalem kayak saraf, ginjal, sama otak. Khusus ibu hamil, janin bisa rusak dan lahir dengan kondisi cacat permanen.
– Kalo pemakaian dilakuin terus menerus, kandungan melanin sama protein di kulit juga bisa rusak.
– Di hari tua bakal muncul buletan hitam yang susah diilangin.
– Kalo pemakaian dibrentiin terus dipake lagi, kulit bakal menghitam dan keliatan lebih tua. Bahkan kulit bisa mengkeriput.

Pokoknya, kalo sista nemuin ciri-ciri kosmetik kayak gini, lebih baik stop jangan dipake lagi! Kalo pengen putih, pilih produk yang aman dan halal. Ato lebih baik pake bahan-bahan alami aja biar kulit tetep sehat dan tubuh juga ga keserang penyakit lain.

Jangan lupa dishare ke temen-temennya ya sis..

Gambar Hari Ini:

Warga Baduy Luar Melakukan Pencoblosan

Warga Baduy Luar Melakukan Pencoblosan

Sumber: @kimdaoblog

Simak Yuk Sis, Ciri-Ciri Kosmetik Yang Mengandung Merkuri!