Simak Yuk Sis, Solusi-Solusi Pemakaian Bedak Dibawah Ini!

0 196

Simak Yuk Sis, Solusi-Solusi Pemakaian Bedak Dibawah Ini!

Tampil cantik pakai bedak di wajah, tentunya bisa nambah kesan penampilan kita. Tapi hati-hati, kalo kita pakai bedak yang ga cocok ato cara ngebersihinnya ga tepat, bisa-bisa berbagai masalah bisa muncul.

Terus gimana dong seharusnya? Berikut ini ada beberapa tanya jawab seputar bedak dan solusinya yang mungkin sering sista temuin ato lakuin sehari-hari.

Pemilihan Bedak

Kalo tiap hari pakai bedak bayi, aman ga sih? Apa bisa berpengaruh ke kesehatan kulit wajah?

Bedak buat badan komposisinya beda sama bedak buat wajah. Bedak badan buat bayi biasanya mengandung mentol, dan kalo ditaburin ke badan bayi, maka si bayi bisa ngerasa hangat. Tapi, kalo bedak bayi dipakai di wajah kita, bahaya lho! Karena kulit wajah nantinya bisa bersisik dan kalo dipakai dalam jangka panjang, kulit bisa jadi makin kering dan bersisik.

Milih bedak itu harus sesuai juga ga sama jenis kulit? Sama kayak milih alas bedak?

Yup. Pemilihan bedak harus sesuai juga sama jenis kulit. Buat yang kulitnya berminyak, cocoknya pakai bedak tabur supaya ga nyumbat pori-pori. Apalagi kalo kulit yang berminyak ada komedonya juga. Tapi, buat tipe kulit kering, baiknya pakai bedak padat.

Bedak padat mengandung lebih banyak minyak, jadi si bedak bisa nempel di kulit wajah. Buat yang kulitnya jerawatan, jangan pakai bedak padat karena bisa nyumbat pori-pori dan akibatnya muncul komedo. Makanya sebelum beli bedak, kita harus tau dulu jenis kulit kita sis.

Gimana cara milih warna bedak supaya sesuai sama warna kulit?

Warna bedak yang paling cocok adalah satu tingkat lebih terang dari kulit. Kalo kulit berwarna gelap, jangan pilih bedak yang satu tingkat lebih gelap dari kulit kita. Nanti kulit malah makin keliatan gelap. Pilih warnanya yang agak terang, misalnya yang berwarna kekuningan. Karena salah satu fungsi bedak itu kan buat mencerahkan kulit, bukan bikin kulit makin gelap.

Kalo kita lagi perawatan kulit, boleh ga pakai bedak?

Kalo masalah ini, liat kasusnya dulu. Kalo didalam perawatannya ga ada masalah, boleh aja pakai bedak. Karena bedak bisa ngeprotek (ngelindungin) kulit, jadi boleh aja dipakai meski kulit lagi perawatan. Tapi kalo kulit lagi jerawatan dan jerawatnya parah, pilih bedaknya yang tabur ya.

Gimana cara pakai bedak yang bener?

Kalo pakai spons, olesin bedaknya agak banyak, terus teken-teken agak keras. Setelah itu, ambil lagi bedak agak banyakan dan teken-teken lagi biar hasilnya bagus.

Ngebersihin Bedak

Gimana cara ngebersihin bedak di wajah?

Kalo pakai bedak tabur, bersihinnya pakai facial wash sama soap cleanser. Tapi kalo yang dipakai bedak two way cake (bedak yang mengandung alas bedak) yang tebel, ga cukup cuma dengan facial wash. Wajah harus dibersihin dulu pakai cleansing milk (susu pembersih).

Ganti ato perbaharui bedak barengan waktunya sama tabir surya (biasanya 5 jam setelah pemakaian). Cuci wajah dan setelah wajah dikeringin, pakai lagi tabir surya sama bedaknya. Bedak merupakan pelindung kulit paling luar. Debu sama sisa-sisa minyak di kulit bisa nempel di bedak. Solusinya, ganti bedak yang udah bercampur sama kotoran ato minyak kulit karena udah ga efektif lagi.

Bahaya ga kalo sering bersihin bekas bedak pakai sabun wajah tanpa dibersihin dulu pakai susu pembersih? Tapi setelah berkali-kali lakuin pembersihan wajah pakai cara itu, wajah jadi timbul bercak-bercak putih ato belang. Kenapa bisa gitu yah?

Kemungkinan bercak-bercak putih itu muncul bukan karena bedak ato pembersihnya. Tapi karena efek buruk dari sinar ultraviolet. Kalo pemakaian tabir surya ga merata ato salah, biasanya kulit emang suka jadi belang (warnanya ga rata). Kenapa belang? Karena pigmen di tempat-tempat tertentu itu ada yang aktif dan ada juga yang ga aktif. Jadi, hasilnya kulit jadi belang.

Bener ga nyuci wajah setelah panas-panasan bisa nyebabin munculnya panu?

Sebenernya pemikiran ini sama sekali ga bener. Justru jangan nunda-nunda nyuci wajah, karena polusi dijalanan itu banyak bhangat. Kalo abis beraktivitas di luar, cepet-cepet deh bersihin, sisa bedak yang nempel bisa berbaur sama kotoran dan debu yang akhirnya bakal nyumbat pori-pori.

Efek Penggunaan Bedak

Apa kebiasaan gonta-ganti bedak itu gpp?

Kalo kulitnya ga bermasalah mah gpp sis. Misalnya, bulan ini pakai bedak tabur X, bulan depannya ganti lagi pakai bedak tabur Y, silahkan aja. Tapi kalo gantinya jadi bedak padat, harus diperhatiin apa sesuai sama jenis kulitnya.

Boleh ga pakai spons gentian sama orang lain?

Ga boleh. Meski kita gentian pakai bedak ama sodara, kakak ato adik, tapi kebiasaan ini ga boleh dibiasain. Tiap orang itu punya jenis kulit yang beda-beda. Apalagi kalo orang itu kulit wajahnya lagi infeksi ato lagi tumbuh jerawat nanah. Ihh,, jijik! Jangan deh sis kalo emang ga mo ketularan!

Sama juga kalo kulitnya jamuran juga ga boleh satu spons barengan. Meski kakak adik kompak apa-apa selalu sepakai, tapi spons, bedak, ato kosmetik lain yang berhubungan sama kulit ga boleh dipakai bareng.

Karena sibuk, spons jadi suka lupa dibersihin. Gimana sih cara ngebersihin spons? Dan kapan baiknya spons diganti?

Spons harus disimpen lagi ke kotak bedak dalam kondisi kering. kalo nyimpennya dalam kondisi basah, nanti sponsnya bisa jamuran. Jamur bisa bawa efek buruk ke kulit wajah. Makanya biasain cuci spons pakai facial wash, jangan pakai detergen ato sabun mandi.

Cucinya bentar aja, terus rendem didalam air sampai sisa-sisa bedaknya hilang. Peres spons dan keringin dengan cara dijemur. Ganti spons yang udah tipis, sobek-sobek sponsnya, apalagi kalo udah kumel. Karena dihkawatirin kotoran yang nempel di spons bakalan ngerusak kulit.

Apa wajah harus dibersihin tiap hari? Soalnya kadang suka lupa bersihin kalo abis pulang kerja.

Iya, harus dong! Tiap pulang kerja apalagi. Karena meski wajah sista cenderung ga jerawatan, tapi kalo males bersihin wajah, bedak dan minyak yang nempel bisa ngedorong munculnya komedo. Dan waktu paling efektif buat bersihin wajah adalah 3x sehari. Sebelum tidur jangan lupa juga bersihin wajahnya!

Gimana sis cukup lengkap kan penjelasannya? Semoga solusinya bisa ngebantu ya..

Gambar Hari Ini:

Pizza Hut Mesir

Pizza Hut Mesir

Sumber: @kimdaoblog

Simak Yuk Sis, Solusi-Solusi Pemakaian Bedak Dibawah Ini!