Sista, Coba Konsumsi Buah-buah Ini Deh Supaya Asupan Kolagennya Cukup

0 87

Sista, Coba Konsumsi Buah-buah Ini Deh Supaya Asupan Kolagennya Cukup

Kolagen adalah protein yang paling banyak di dalam tubuh manusia. Kolagen ini ada 20 jenis dan banyak ditemuin di kulit, jaringan ikat, mata, sama dinding pembuluh darah. Kolagen juga kaya akan asam prolin dan lisin.

Kolagen emang berperan penting banget buat kulit, khususnya dalam ngejaga kecantikan kulit. Dimana fungsinya adalah buat ngencengin dan ngejaga kulit tetep lentur dan elastis. Makanya ga aneh kalo banyak produk perawatan wajah yang manfaatin kolagen sebagai kandungan utamanya.

Kulit kita emang butuh asupan kolagen yang cukup sis. Tapi, meski tubuh kita ini bisa ngeproduksi kolagen alami sendiri. Faktanya, kalo usia udah 25 taun ke atas, tubuh ternyata mulai banyak kehilangan kolagen sekitar 1,5% per taunnya. Kalo kulit kekurangan kolagen, nantinya kulit jadi keriput dan bisa kebayang kan jadi kaya udah nenek-nenek aja kulitnya keriputan?

Buat maksimalin fungsi kolagen ini, kita harus selalu jaga persediaannya di dalam tubuh dengan rutin ngonsumsi suplemen kolagen. Dengan begitu, kulit bakal tetep terjaga kesehatannya, garis-garis keriput di wajah berkurang, kuku sama rambut juga jadi kuat.

Tapi ya sis, sebenernya tanpa kita harus ngonsumsi suplemen, kita juga bisa dapet asupan nutrisi kolagen dari buah-buahan yang pastinya alami dan aman. Harganya juga kan relative lebih murah dibanding dengan beli suplemen. Dan berikut ini beberapa list buah-buahan yang mengandung kolagen dan wajib dikonsumsi:

– Pear. Tekstur buah pear ini mirip banget sama buah apel dan kaya akan nutrisi. Kandungan kolagennya sekitar 7% didalam 100 gr buah pear. Selain mengandung kolagen, pear juga kaya serat, mineral, dan vitamin lain yang jumlahnya ga kalah banyak.

– Apel. Didalam 125 gr buah apel, terkandung 5,7% mg vitamin C dan bisa menuhin kebutuhan vitamin C didalam tubuh kita sekitar 10%. Selain itu, kandungan kolagen dan antioksidannya juga bagus banget buat ngerawat kecantikan kulit.

– Manggis. Manggis punya warna daging buah berwarna putih yang rasanya manis dan banyak disukain orang, khususnya orang Indonesia. Di tiap 100 gr buah manggis, terkandung 7,2 mg kolagen alami bagi tubuh. Manggis juga mengandung vitamin B kompleks, yakni folat, niacin dan thiamin.

– Buah peach. Di Indonesia, buah peach ini dikenal dengan nama buah persik. Vitamin C sebagai antioksidan dan kolagen alaminya mampu menuhin kebutuhan vitamin C didalam tubuh kita sebanyak 11%.

– Pisang. Pisang mengandung banyak nutrisi yang bagus banget buat kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain vitamin C yang baik buat ngejaga daya tahan tubuh, mengandung potassium, vitamin B6. dan pastinya merupakan sumber kolagen yang bagus.

– Buah plum. Buah plum banyak ditanam di Negara Eropa, Cina, Amerika dan Indonesia. Buah plum ini merupakan buah rendah kalori tapi kaya akan kolagen yang terdapat di kandungan vitamin C nya.

– Blueberry. Meski ukurannya kecil, tapi buah ini mengandung pigmen pro anthocyanin yang tinggi dan bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Didalam buah blueberry, terkandung vitamin C yang kaya kolagen sebanyak 9,7 mg ato sekitar 16% dari total kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhin tubuh.

– Delima. Sekitar 17% vitamin C dari total kebutuhan vitamin C yang dibutuhin tubuh ada di dalam buah delima. Dengan rutin ngonsumsi buah delima yang kaya kolagen ini, maka tubuh bakal terhindar dari penyakit diabetes, limfoma dan prostate, juga pastinya kulit jadi terjaga kecantikannya.

– Buah apricot. Buah ini wanginya harum, rasanya manis dan emang banyak disukain. Pas mateng, rasa buah apricot ini mirip banget sama rasa buah plum mateng. Dan ga kalah sama plum, apricot juga mengandung banyak nutrisi. Apricot mengandung sekitar 16% vitamin C yang bisa nyukupin kebutuhan vitamin C dan kolagen harian buat tubuh.

– Buah langsat. Buah langsat bentuknya mirip sama buah duku. Tapi jelas jenisnya beda ya, jadi jangan dianggap sama. Buah langsat mengandung sekitar 13,3 mg vitamin C di tiap 100 gr buahnya, dan ngedukung persediaan kolagen tubuh.

– Anggur. Anggur kaya akan vitamin A, C, K dan B kompleks yang bagus banget. Dan di tiap 100 gr buah anggur, terkandung sekitar 10,8 mg vitamin C yang berperan sebagai kolagen alami.

– Sawo. Buah sawo juga kaya akan kolagen alaminya. Buah ini mengandung sekitar 24,5% vitamin C dan didalam buah sawo mateng terdapat banyak potassium, folat, dan zat besi yag baik.

– Tomat. Tomat mengandung banyak lycopene yang juga merupakan sumber kolagen alami yang bagus buat ngelindungin kulit dari sinar UV.

– Durian. Salah satu buah yang paling digemari di Indonesia ini juga ternyata kaya akan vitamin C nya yang berperan penting sebagai kolagen alami di dalam tubuh. Tapi hindarin makan durian terlalu banyak ya sis, karena bisa bahaya.

– Sirsak. Sirsak termasuk buah yang kaya vitamin dan serat. Vitamin yang paling dominan didalam buah ini yaitu vitamin C yang juga baik sebagai sumber kolagen buat kulit.

– Markisa. Markisa juga mengandung banyak kolagen yang berasal dari vitamin C nya. Selain vitamin C, ada juga nutrisi lain yakni potassium dan vitamin A.

– Belimbing. Belimbing bisa tumbuh baik di wilayah yang punya iklim tropis. Rasa buah ini manis kalo udah mateng meski agak sedikit kecut. Didalam buah belimbing ini juga ternyata banyak terkandung kolagen dari vitamin C nya, dan bisa nyukupin asupan vitamin didalam tubuh sebesar 52%.

– Jeruk Bali. Buah ini kalo udah mateng warnanya merah dan rasanya seger banget. Warna merah tersebut merupakan sumber lycopene, vitamin A dan juga ada kandungan beta carotenenya. Beta carotenenya cukup tinggi loh sis. Selain itu, kita semua kan tau yah, kalo jeruk mengandung vitamin C. Tapi, jeruk Bali ini lebih istimewa dibanding jenis jeruk lain. Kenapa begitu? Karena vitamin C yang ada di jeruk Bali lumayan tinggi dan bisa mencukupi 25% kebutuhan tubuh harian akan vitamin C.

– Srikaya. Buah srikaya punya rasa yang manis dan enak banget. Srikaya juga punya kandungan nutrisi yang bagus buat tubuh sista dan salah satunya yaitu kolagen. Kandungan lainnya yaitu vitamin, mineral, dan antioksidan. Per 100 gram srikaya terkandung 35,9 mg vitamin C.

– Kedondong. Buah asli Indonesia ini bisa kita temuin banyak dipasar. Biasanya udah diolah, bisa dibikin manisan atopun rujak. Padahal kalo sista makan kedondong langsung tanpa diolah bisa lebih seger dan juga lebih bagus loh. Karena kandungan vitamin C nya bisa sampe 36 mg dan bisa support sekitar 60% kebutuhan harian tubuh.

– Mangga. Buah asli Indonesia ini bisa kita temuin banyak dipasar. Biasanya udah diolah, bisa dibikin manisan dan didalamnya terkandung sekitar 45,7 mg vitamin C yang berguna sebagai kolagen penting buat ngejaga kesehatan kulit.

– Jambu biji. Di Indonesia, jambu biji gampang banget ditemuin dan mengandung vitamin C 3x lebih besar dari kebutuhan vitamin C harian tubuh kita. Jambu biji juga jadi salah satu sumber vitamin A dan serat yang sehat bagi tubuh.

Produksi kolagen alami didalam tubuh emang makin berkurang seiring dengan pertambahan usia. Kulit jadi kehilangan elastisitas, keliatan kendur, timbul garis kerutan, dan tulang rawan jadi lemah di sendi.

Tubuh secara konsisten bisa ngeproduksi kolagen sampe sekitar usia 40 taunan, dan biasanya turun setelah lewat usia ini. Maka dari itu, kalo pengen kolagen didalam tubuh kita ga kurang, konsumsi buah-buahan ini tiap hari ya sis..

Gambar Hari Ini:

Obama Anak Kecil

Sista, Coba Konsumsi Buah-buah Ini Deh Supaya Asupan Kolagennya Cukup

Sista, Coba Konsumsi Buah-buah Ini Deh Supaya Asupan Kolagennya Cukup

Sumber: @kimdaoblog