Stop Belanja Make-Up Berlebihan! Ntar Keburu Kadaluarsa Loh!

0 115

Stop Belanja Make-Up Berlebihan! Ntar Keburu Kadaluarsa Loh!

Kita mungkin sering simpen make-up sampai bertaun-taun bahkan mungkin bisa jadi tuh make-up udah turun temurun bekas si mamah pas zaman muda dulu. Jiaaaa… Alasannya, entah sayang mo dipakai karena make-up nya mahal dan branded, ato bisa jadi emang pengen dikoleksi, jadi dipakainya jarang-jarang aja biar tetep awet.

Saking istimewanya tuh make-up, kita kadang sampai lupa kalo make-up itu juga bisa expired alias kadaluarsa. Haduhh berabe dah kalo udah begini. Tau-tau pas sekalinya dipakai lagi, kulit jadi iritasi weh! Nah loh!!

Dan faktanya emang bener kalo ternyata sebagian kalangan masih ada yang belom tau tentang kadaluarsa make-up.

Helloooo hari gini masih ga tau soal kadaluarsa make-up?? Ckckckkk…

Yauda deh kita langsung bahas aja yuk soal kadaluarsa si make-up. Hhmm emang apa aja sih bahaya pakai make-up yang udah kadaluarsa itu?

Pertama ya sis, logika aja, makanan aja bisa kadaluarsa kan? Trus kalo kita makan makanan kadaluarsa, kita bisa keracunan akibat bakteri didalam makanan kadaluarsa itu. Sama aja halnya dengan make-up, bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya itu bisa ngakibatin peradangan di kulit kalo kita tetep pakai.

Malah menurut beberapa pendapat, kadaluarsa kosmetik itu tergantung sama komposisi bahan si make-up. Misalnya, kalo bahan-bahan kosmetiknya terbuat dari tumbuhan, umumnya kadaluarsa jadi lebih singkat. Karena kalo pakai bahan alami dari tumbuhan, biasanya ga pakai bahan pengawet. Biasanya tujuan penambahan bahan pengawet di kosmetik itu sebagai pencegah kontaminasi bakteri lewat udara.

Emang ada beberapa kosmetik yang bisa tahan sampai bertaun-taun, kayak lip gloss, lipstick, bedak, dan alas bedak. Tapi, ada juga kosmetik yang masa kadaluarsanya cuma tahan beberapa bulan aja, diantaranya eyeshadow, mascara, dan blush on. Pokoknya kalo ada reaksi negative setelah pakai kosmetik yang udah kadaluarsa, sista harus cepet konsultasi ke dokter.

Terus gimana cara kita bisa tau kalo kosmetik yang dipakai udah kadaluarsa?

Cara simpelnya adalah dengan liat warnanya, nyium baunya, dan liat teksturnya juga. Apa make-up yang kita punya warnanya udah berubah ato masih sama? Apa kecium bau tengik ato bau-bau lain yang ga biasa dari si make-up? Apa teksturnya berubah dari padat jadi cair? Ato kita juga bisa cek tanggal kadaluarsa di kemasannya.

Ga ada tanggal kadaluarsanya? Ga bisa bedain juga perubahan-perubahan kayak diatas tadi?

Baiklah, kita bahas satu-satu deh soal kadaluarsa masing-masing produk kosmetik.

Eyeshadow

Masa kadaluarsa eyeshadow adalah 6-12 bulan (paling lama bisa sampai 2 taunan) setelah dibuka. Inget tuh sis, setelah dibuka ya.. Kalo tanggal kadaluarsa yang tercantum di kotak pallet eyeshadow itu adalah best time si produk dipakai. Sama aja kayak minum susu Ultra Milk yang bisa kadaluarsa setelah dibuka.

Duh padahal sayang ih itu eyeshadow favorit gue, belinya ge mahal lagi 🙂
Yaelahh gampang tinggal beli lagi aja keles. Daripada ntar bahaya loh, biaya ngobatinnya malah lebih muahal dari harga si eye shadow!!!

Blush On

Blush on masa kadaluarsanya lebih lama, sekitar 12-36 bulan setelah dibuka. Jadi kalo ga mo rugi, sista harus rajin-rajin pakai blush on biar ga keburu kadaluarsa.

Maskara & Eyeliner

Nah kedua produk make-up ini paling sebentar masa kadaluarsanya sis, yaitu sekitar 3-9 bulanan setelah dibuka. Tapi tergantung jenis eyelinernya ya, eyeliner berbentuk pensil biasanya lebih awet dibanding eyeliner cair. Makanya, sering-sering aja dah tuh pakai mascara sama eyelinernya, karena kalo udah keburu kadaluarsa, nanti gejala konjungtivitas bisa nyerang, dimana gejalanya mata jadi merah, bengkak dan gatel.

Eyebrow

Eyebrow alias pensil alis ini punya kadaluarsa yang cukup lama, rata-rata bisa sampai 3 taunan. Paling yang cepet itu jenis eyebrow yang dipbrow ato cream alis yang cuma bisa tahan 1 taun.

Foundation

Kalo ga terlalu butuh foundation, mending pakai bb cream aja. Jadi ga buang-buang uang juga kan sis. Apalagi foundation ini cuma tahan 12 bulan aja. Lagian lebih enak pakai bb cream sis, lebih simple dan irit juga.:p

Bedak

Kalo urusan bedak, sista ga usah khawatir, karena bedak biasanya sih suka abis sebelum masa kadaluarsanya. Bedak kan salah satu make-up utama yang sering dipakai tiap hari kemana-mana. Masa kadaluarsanya sendiri sekitar 1 taun. Dan kayaknya sih sebelum 1 taun juga udah bisa beli refill lagi. Iya kan?

Lip Balm

Dari sekian banyak make-up, lip balm ini yang paling sering dibawa kemana-mana dan dipakai kemanapun dimanapun sista beraktivitas sesibuk apapun. Dan sista pasti ga pernah sayang kan beli kosmetik ini? Apalagi kalo bibir kering, pasti dipakai terus. Meski kadaluarsanya 12 bulan dari setelah dibuka, tapi lip balm mah belom 3 bulan ge pasti udah abis.

Lip Liner

Ini nih, salah satu make-up yang penting ga penting buat dibeli. Karena pemakaiannya itu jarang banget, apalagi yang super sibuk, kadang suka lupa pakai ini. Hhmm tapi bagi yang pengen bibirnya cetar ato emang dituntut harus pakai kosmetik ini mah pasti ga bakal lupa pakai. Sebenernya emang penting, biar warna lipstick ga beleber juga. Tapi, malesnyaa itu loh! Hihihi… Apalagi kalo udah dikejar waktu harus buru-buru ke kantor ato udah telat ngampus. Untungnya sis, lip liner ini masa kadaluarsanya cukup lama sekitar 2-3 taunan setelah dibuka.

Lipstik

Lipstick juga jadi salah satu make-up penting cewek-cewek nih. Warnanya yang warna-warni bisa makin mempercantik penampilan kita, dan bisa dipaduin sama warna dan gaya pakaian kita juga. Hehehee.. makanya ga aneh kalo lipstick juga sering dibawa kemana-mana. Dan untungnya nih, meski lipstick bisa cepet abis, tapi masa kadaluarsanya lamreta juga, bisa sampai 3 taunan. Eits, itu cuma buat lipstick padet yah, kalo yang cair lebih sebentar cuma 6-9 bulan setelah dibuka aja kadaluarsanya.

Gimana sis, udah tau kan sekarang soal masa kadaluarsa make-up? Ingetin terus tuh ya sis, biar ga mubazir juga kan kalo ga kepake. Jadi pas beli jangan langsung seabreg, beli seperlunya aja. Terus jangan lupa rutin juga bersihin make-up setelah dipakai. Karena selain kadaluarsa, katanya sih kebersihan si make-up juga bisa berpengaruh sama masa pakainya.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Stop Belanja Make-Up Berlebihan! Ntar Keburu Kadaluarsa Loh!

Bebek Kecil

Stop Belanja Make-Up Berlebihan! Ntar Keburu Kadaluarsa Loh!