Ternyata Ini Penyebab Biang Keringat Bandel & Cara Mengatasinya

0 181

Ternyata Ini Penyebab Biang Keringat Bandel & Cara Mengatasinya

Biang keringat adalah ruam kecil menonjol berwarna merah yang kerasa gatel dan perih ato nyengat di area kulit. Biang keringat yang juga dikenal dengan sebutan ruam panas ato miliaria ini ga cuma nyerang kulit bayi. Tapi orang dewasa juga bisa ngalamin apalagi pas cuaca lagi panas-panasnya ato lingkungan suhunya lagi lembap.

Biang keringat biasanya muncul beberapa hari setelah kulit kena paparan suhu panas. Kondisi ini bisa muncul di semua bagian tubuh, tapi seringnya sih muncul di bagian wajah, punggung, leher, dada, dan bagian paha.

Nah, sista pasti ada kan yang sering ngalamin masalah biang keringat?
Risih deh pokonya ya, ga nyaman. apalagi kalo di wajah, leher sama punggung. Bisa ngerusak rasa pede sama penampilan banget!

Makanya kita bahas lebih lanjut deh soal biang keringat.

Gejala Apa Aja Sih Yang Ditimbulin Akibat Biang Keringat?

Ada perbedaan lokasi munculnya ruam di kulit orang dewasa dan bayi. Di kulit bayi, biang keringat biasanya muncul di bagian leher, dan kadang di bagian ketiak, lipatan siku, sama selangkangan. Sedangkan di kulit orang dewasa, biang keringat suka muncul di lipatan kulit yang bergesekan sama pakaian.

Tanda dan gejala munculnya biang keringat itu bervariasi tiap jenisnya. Dan berikut ini bakal dijelasin beberapa jenis biang keringat menurut perbedaan tingkat keparahannya.

– Miliaria Kristalina, adalah jenis biang keringat yang paling ringan, karena cuma mengaruhin saluran keringat dari lapisan kulit paling atas. Tanda dan gejala yang muncul yaitu bintil-bintil berisi cairan berwarna jernih yang gampang pecah. Kondisi ini lebih cenderung terjadi di bayi dibandingin orang dewasa. Biang keringat jenis ini biasanya ga gatel dan ga kerasa sakit.

– Miliaria Rubra. Biang keringat jenis ini muncul di lapisan kulit lebih dalem dan biasanya terjadi di area yang suhunya panas dan lembap. Tanda dan gejala kondisinya yaitu rasa gatel dan nyengat di kulit dibarengin munculnya bintil-bintil merah. keringat juga biasanya berkurang kadarnya di bagian yang kena pengaruh. Kulit bakal ngalamin inflamasi (peradangan) dan kerasa sakit akibat keringat yang ga bisa keluar dari permukaan kulit.

– Miliaria Pustulosa. Biang keringat ini merupakan perkembangan dari miliaria rubra dimana bintil-bintilnya ngalamin inflamasi dan berisi nanah.

– Miliaria Profunda. Biang keringat Milaria Profunda adalah jenis biang keringat yang paling jarang terjadi dan dampaknya ke dermis (lapisan kulit lebih dalam). Biang keringat jenis ini sifatnya bisa kronis dan sering kambuh. Kondisi ini cenderung lebih sering nyerang orang dewasa setelah beraktivitas fisik, karena ngehasilin banyak banget keringat. Tanda-tanda yang muncul akibat kondisi ini yaitu bintil-bintil merah berukuran gede dan lebih keras.

Apa Aja Kondisi Penyebab Biang Keringat?

Biang keringat disebabin sama keringat yang kejebak di balik kulit akibat kelenjar keringat tubuh yang kehambat sehingga keringat ga bisa nguap. Akibatnya, kulit ngalamin ruam dan peradangan. Berikut ini beberapa faktor yang bisa ngehambat kelenjar keringat tubuh, diantaranya:

– Iklim Tropis. Munculnya biang keringat bisa disebabin sama cuaca ato suhu lingkungan yang panas dan lembap.

– Kepanasan. Pemakaian pakaian yang terlalu tebel, ato tidur pakai selimut yang berlebihan bisa nyebabin kulit jadi kepanasan yang bisa ngakibatin munculnya biang keringat.

– Aktivitas Fisik Tertentu. Olahraga dan pekerjaan yang merluin aktivitas fisik berat sampai ngeluarin banyak keringat juga bisa nyebabin munculnya biang keringat.

– Kelenjar keringat Belum Berkembang. Kasus biang keringat lebih gampang terjadi di kulit bayi, khususnya bayi yang lagi di inkubator, lagi pakai pakaian yang bahannya panas, ato emang lagi ngalamin demam. Bayi belum punya kelenjar keringat yang udah berkembang sepenuhnya dan kadang bisa bikin keringat jadi ketahan di balik kulit.

– Bed Rest Terlalu Lama. Buat pasien yang diwajibin istirahat dalam waktu cukup lama, biasanya juga kulitnya suka ngalamin biang keringat.

Langkah-langkah Ngatasin Biang keringat

Meski biang keringat bukan kondisi serius, tapi ga ada salahnya kalo diatasin secepat mungkin. Kondisi ini bisa ditanganin sendiri di rumah pakai cara-cara sederhana kayak berikut ini.

– Ngehindarin Panas Berlebih dan Tempat Yang Lembap. Paparan panas bisa bikin kulit kita lebih banyak ngeluarin keringat dan ngakibatin ruam jadi makin parah. Makanya pastiin kita harus lebih sering neduh ato nyari tempat dingin buat ngehindarin panas. Jangan lupa banyak minum cairan supaya kehindar dari dehidrasi.

– Ngejaga Kulit Tetep Dingin. Buat nurunin kadar keringat dan ngejaga kulit biar tetep dingin, rendem aja badan ato mandi supaya tubuh kerasa sejuk dan kehindar dari keringat berlebih.

– Pakai Pakaian Yang Longgar. Hindarin pemakaian pakaian yang terbuat dari bahan serat sintetis, kayak nilon ato polyester. Karena bahan ini lebih nyerep panas dan malah bikin kulit kita jadi lebih banyak ngeluarin keringat.

– Rajin Ngonsumsi Obat Antihistamin. Obat antihistamin ampuh buat ngeredain gatel-gatel di kulit. Pastiin kita selalu konsultasi ke dokter supaya tau cocok apa engga ngonsumsi obat ini.

– Pemakaian Krim Hidrokortison. Krim ini efektif ngatasin bagian kulit yang ngalamin gatel-gatel juga iritasi. Tapi jangan dipakai di bagian wajah ya, dan usahain selalu ikutin petunjuk pemakaian yang tercantum di kemasannya.

– Pakai Lotion Calamine. Lotion Calamine bisa dibeli bebas di toko-toko obat terdekat buat bantu ngeredain kulit yang sakit ato ngalamin iritasi.

Biang keringat umumnya bukan kondisi yang perlu penanganan medis tertentu. Kondisi ini biasanya bisa pulih sendiri dengan cara ngedinginin kulit dan ngehindarin paparan panas. Cepet-cepet konsultasi deh ke dokter kalo ruam di kulit keliatan makin parah, gejalanya lama, ato kalian ngalamin tanda-tanda infeksi kayak berikut ini:

– Menggigil dan demam.
– Rasa sakit makin nambah.
– Nanah keluar dari benjolan dan bintil ruam.
– Adanya pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan area selangkangan.

Ayo sis kita cegah si biang keringat bandel! Jaga terus kecantikan kulit kalian ya..

Gambar Hari Ini:

Ketinggian

Ternyata Ini Penyebab Biang Keringat Bandel & Cara Mengatasinya

Sumber: @kimdaoblog

Ternyata Ini Penyebab Biang Keringat Bandel & Cara Mengatasinya