Ternyata Kacang Ijo Bagus Lho Buat Kecantikan!

0 144

Ternyata Kacang Ijo Bagus Lho Buat Kecantikan!

Hhmm apa kalian pada suka ngonsumsi kacang ijo?
Pernah ga coba manfaatin kacang ijo buat perawatan kecantikan?
Heheee jawabannya pasti belom pernah kan?

Daripada penasaran, mending kita bahas aja yuk!

Kacang ijo termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya nutrisi sehingga manfaatnya ga cuma baik buat kesehatan tubuh tapi juga bagus buat kecantikan. Kacang ijo bisa diolah jadi aneka makanan atopun minuman yang nikmat dan bergizi, antara lain: diolah jadi jus kacang ijo, bubur, puding, kue, cake, dll.

Kacang ijo mengandung nutrisi luar biasa yang bagus buat kecantikan. Kandungannya antara lain: serat, protein, asam folat, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, asam lemak omega 3 dan 6, riboflavin, niasin, asam pantothenat, mineral-mineral penting (magnesium, fosfor, potasium, kalsium, zat besi, mangan, zinc, dan selenium).

Dengan rutin ngonsumsi kacang ijo, kecantikan kita bakal tetep kejaga. Penasaran apa aja manfaatnya? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

– Nyehatin Rambut Dan Kuku

Kandungan protein, kalsium, sama zinc didalem kacang ijo bagus banget buat ngejaga kesehatan rambut dan kuku. Dengan rutin ngonsumsi kacang hijau, rambut bakal lebih subur dan sehat berkilau.

– Ngejaga Elastisitas Kulit

Kandungan protein yang tinggi didalem kacang ijo dipercaya bisa bantu ningkatin produksi kolagen tubuh sehingga elastisitas kulit bakalan tetep kejaga.

– Nyejukkin Kulit

Kacang ijo berfungsi sebagai astringent yang bisa nyejukkin kulit. Bahkan di sebuah buku pengobatan tradisional China, Kai Bao Ben Cao disebutin kalo kacang ijo juga punya khasiat sebagai detoksifikasi racun didalem kulit.

– Ngatasin Jerawat

Sifat antioksidan dan anti inflamasi di kacang hijau dipercaya mampu ngatasin masalah kulit, kayak jerawat, iritasi, sama ruam-ruam.

– Ngatasin Minyak Berlebih Di Wajah

Wajah berminyak seringkali bikin pemiliknya ngerasa ga nyaman. Tapi ternyata dengan rutin pakai masker kacang ijo, masalah wajah berminyak bisa berkurang lho! Makanya kulit jadi keliatan lebih seger.

– Ngangkat Sel-Sel Kulit Mati Dan Kotoran Penyumbat Pori-Pori

Sel-sel kulit mati dan kotoran bisa bikin kulit jadi kasar, berjerawat dan kusem. Buat ngatasin hal ini, kita bisa rutin maskeran pakai masker kacang ijo.

– Mencegah Keriput Dini

Elastisitas kulit yang tetep kejaga, secara ga langsung bisa mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini kayak keriput atopun stretch mark. Menurut pakar kecantikan kulit dan wajah, masalah keriput dini itu terjadi akibat nurunnya produksi kolagen di dalem tubuh.

– Pelindung Dari Radikal Bebas

Kandungan vitamin E didalem kacang ijo bermanfaat banget buat kecantikan wajah, yaitu ngelindungin kulit dari serangan radikal bebas.

– Ngatasin Kulit Kering Dan Bersisik

Kacang ijo mengandung vitamin B yang merupakan katalisator biokimia mineral magnesium yang berfungsi buat mertahanin produksi kelenjar minyak di wajah, sehingga wajah kehindar dari masalah kulit kering dan bersisik.

– Mencegah Melasma

Melasma adalah salah satu bentuk gangguan pigmentasi kulit yang ditandain sama munculnya bintik-bintik hitam. Melasma biasanya nyerang seseorang yang usianya udah ga muda lagi. Kalo mo kehindar dari melasma, coba rutin konsumsi kacang ijo supaya pembentukan melasma yang disebabin sama radikal bebas jadi kehambat. Kacang ijo bakal ningkatin kemampuan antioksidan kulit supaya melasma ga nyerang. Antikoksidan yang ada didalem kacang ijo ini berupa vitamin E.

– Mencegah Phytoesterogen Sintetis

Menurut beberapa pakar kecantikan, kacang ijo punya kandungan senyawa asam etanoat yang mampu ngesintesis hormon estrogen yang bermanfaat buat ngatur keseimbangan metabolisme tubuh. Tapi, kandungan asam etanoat di kacang ijo yang bermanfaat buat ngesintesis phytoesterogen sintesis ini emang ga sebanyak yang ada didalem kacang kedelai.

Cara Ngeracik Masker Kacang Ijo

Bahan-bahan:

125 gram biji kacang ijo
Plain yogurt secukupnya
2 tetes minyak lavender
1 tetes minyak rosemary
Kertas masker (Kain tipis)

Cara Ngeraciknya:

Giling biji kacang ijo pakai blender khusus sereal sampai kebentuk bubuk halus. Ambil 50 gram bubuk kacang ijo terus campur sama yogurt dan aduk rata sampai kentel. Tambahin minyak lavender dan minyak rosemary, aduk rata.

Bersihin wajah pakai air anget. Simpen kertas masker di wajah dan ratain adonan masker di atasnya. Diemin selama 20-30 menitan, terus angkat kertas masker. Basuh wajah pakai air, kasih toner di kulit buat ngejaga kelembapannya.

Jadi, supaya kita dapetin manfaat kacang ijo secara maksimal, kita bisa lakuin perawatan dari dalem dan luar. Dari dalem bisa dengan rutin ngonsumsi kacang ijo dan dari luarnya kacang ijo dijadiin masker wajah alami.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya sis..

Gambar Hari Ini:

Kucing Menempel Kepala Di Tembok

Ternyata Kacang Ijo Bagus Lho Buat Kecantikan!

Sumber: @kimdaoblog

Ternyata Kacang Ijo Bagus Lho Buat Kecantikan!