Tumit Pecah-Pecah & Kering? Ikutin Deh Solusi Jitunya!

0 123

Tumit Pecah-Pecah & Kering? Ikutin Deh Solusi Jitunya!

Tumit Pecah-Pecah & Kering? Ikutin Deh Solusi Jitunya!

Tumit pecah-pecah emang bisa ngurangin rasa percaya diri kita. Kondisi ini umumnya terjadi karena tumit kaki kurang dirawat ato kering akibat kepapar bahan tertentu. Menurut pemeriksaan medis, tumit pecah-pecah ini muncul akibat kapalan dan kalo dibiarin terus, lama-lama bisa meluas ke samping juga.

Akibatnya, kulit epidermis ato bahkan kulit dermis yang ada di bagian dalam bisa sakit. Tapi, bukan cuma hal tadi yang jadi penyebab tumit pecah-pecah. Bisa juga karena tubuh kurang asupan gizi tuh.

Kulit kering ato nama lainnya xerosis bisa jadi salah satu penyebab umum juga tumit jadi pecah-pecah. Kebanyakan, kondisi ini muncul akibat kaki kurang dirawat yang sebenernya bisa dihindarin. Meski umumnya ga ngebahayain, tapi kalo retakan tumit udah dalam bisa bikin kulit jadi berdarah dan sakit. Bahkan bisa infeksi juga lho! Makanya buat para penderita penyakit kronis kayak diabetes, penurunan sistem antibody tubuh, dan penyakit kronis lain, baiknya jangan sampe kena masalah tumit pecah-pecah.

Selain itu, seiring sama makin nambahnya usia kan produksi sebum juga ikut nurun. Hal ini bisa jadi salah satu penyebab juga tumit jadi pecah-pecah dan kering. Kebanyakan orang yang udah lanjut usia kan emang rata-rata tumitnya suka kering, pecah-pecah bahkan sampe ngelupas.

Nah, buat sebagian sista pasti ada juga nih yang ngalamin masalah tumit pecah dan kering. Hayoh ngaku! Hehee.. Masa cantik-cantik tumitnya jelek sih?
Waduh, malu banget sumpah dikatain gitu:) (menurut pengalaman pribadi :p)

Tapi emang kadang ilfeel sendiri jug sih sis kalo masalah yang keliatannya sepele ini tuh muncul.

Hhmmm.. terus solusinya apa dong?
Baiklah, mari kita bahas ya sis.

Pertama, mulai dari gejala. Gejala awal munculnya pecah-pecah di area tumit kaki ini emang hampir semua orang kadang ga ngeuh. Tiba-tiba kaki udah kering dan pecah aja ya! Dan biasanya gejala-gejala ini nih yang muncul:

– Kulit merah & bersisik. Seringkali hal ini jadi salah satu gejala awal tumit kering dan pecah-pecah. Kalo dibiarin, kondisi bisa makin memburuk. Kulit yang kering suka lebih rentan kena infeksi, dan ini penting banget segera diatasi.

– Kulit ngelupas. Pengelupasan kulit ini merupakan gejala umum yang ngikutin gejala awal. Kulit ngelupas dan pecah nandain banget kalo sista harus cepet ngobatin kulit yang pecah. Tapi jangan pernah coba narik potongan-potongan kulit yang kering ini ya, karena bisa ngerusak kulit yang masih nempel. Kalo sista emang ngerasa perlu ngebuangnya, bisa pakai gunting kuku kecil pelan-pelan dan harus hati-hati.

– Kulit gatel. Kulit yang gatel disebabin sama nyusutnya lapisan kulit atas yang kering. Penyusutan berlebih ini biasanya juga bakalan nyebabin terjadinya peregangan di kulit bawah dan sekitar area yang kena, jadi kulit suka gatel.

– Pendarahan. Pendarahan yang keluar dari retakan tumit udah jadi masalah yang serius banget sis. Karena itu pertanda kalo retakan udah nembus sampe lapisan bawah jaringan kulit. Celah-celah tumit yang ngelupas bakal ningkatin resiko kena infeksi kulit di area ini. Pakai sepatu yang ketutup tanpa kaos kaki juga percuma, karena tumit kering dan pecah yang ditutupin malah beresiko kena infeksi sama jamur dari kaos kaki.

Penyebab Umum Kulit Pecah-pecah dan Kering:

– Aktivitas kaki terlalu berlebihan.
– Berdiri terlalu lama.
– Kelebihan berat badan bisa ningkatin tekanan lemak normal dibawah tumit. Jadi kulit ga fleksibel, dan tumit jadi pecah-pecah.
– Penyakit kaki sama gangguan lain kayak eksim, diabetes, psoriasis, tiroid, sama beberapa kondisi lain bisa ngakibatin kulit pecah-pecah.
– Kaki keseringan kena air. Kulit kaki bakal kehilangan kandungan minyak alaminya kalo kaki keseringan basah, misalnya kelamaan berdiri di kamar mandi. Jadi kulit kaki bisa kasar dan kering.
– Kulit tebel, kering, bersisik, dan elastisitasnya berkurang akibat faktor U kayak yang tadi dijelasin.
– Kondisi kulit kurang bersih.
– Kulit kering dan bersisik akibat iklim ato penyakit.
– Kurang asupan mineral, vitamin, seng dan zat besi.

Cara Ngobatin Tumit Pecah-Pecah

– Olesin minyak sayur yang udah terhidrogenisasi setelah kaki yang pecah-pecah dicuci bersih. Terus pakai kaos kaki yang tebel. Lakuin ini tiap malem, semaleman juga gapapa sambil dibawa tidur.

– Olesin bubur pisang mateng ke area tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Biarin 10 menitan dan bilas sampe bersih. Sista juga bisa tambahin pasta daging buah alpukat sama kelapa setengah gelas aja yang udah diblender sebelumnya barengan pisang. Buah-buah ini emang banyak mengandung minyak essensial dan vitamin yang larut di dalam lemak yang bisa ngebantu supply minyak dan vitamin yang dibutuhiin kulit. Jadi kulit ga bakal pecah-pecah karena kejaga kelembutannya.

– Rendem kaki ke dalam jus lemon sekitar 15 menit. Lakuin terapi ini 1x seminggu sampe ada perubahan. Jus lemon ini mengandung asam alami yang bisa bantu ngilangin kulit kering.

– Ngebersihin dan ngelembapin kulit adalah obat terbaik buat ngatasin tumit kering dan pecah-pecah. Caranya, rendem kaki ke dalam air sabun selama 20 menitan. Ato bisa juga dengan bikin campuran satu sendok teh Vaseline dan jus lemon. Gosokkin campuran ini ke tumit yang kering dan area kaki yang lain sampe bener-bener nyeresep. Kalo hal ini rutin dilakuin, hasilnya bakalan cepet keliatan.

– Dengan campuran air tawar dan gliserin.

– Campuran lilin paraffin cair dan minyak mustard. Olesin campuran ini ke tumit yang kering dan pecah sebelum tidur, terus bilas besok paginya.

– Bisa dengan pengelupasan kulit secara teratur. Caranya, pakai scrub alami yang bisa dibikin sendiri. Bahan-bahannya: cuka sari apel, madu, minyak zaitun, sama tepung beras. Scrub dipijat-pijat ke area tumit yang kering setelah sebelumnya kaki direndem dulu. Cuka bisa bantu ngelarutin lapisan kulit mati yang makin tebel, sedangkan tepung beras bakal bantu proses pengelupasan lapisan kulit mati. Kalo madu sama minyak zaitun buat ngelembapinnya.

– Kalo sista emang ga mo repot bikin krim alami sendiri. Sista bisa pakai olesan krim tumit yang sekarang udah banyak dijual di pasaran. Krim ini emang mengandung bahan kimia, tapi setidaknya bisa bantu ngilangin problem tumit pecah-pecah dan kering sista

Tips Sederhana Ngerawat Kaki

– Bersihin kaki dan usahain kaki bebas dari kotoran.
– Rutin lakuin latihan kaki.
– Sering ngelembapin kaki.
– Hindarin jalan kaki tanpa alas.
– Jangan kelamaan di tempat basah ato lembap. Kalo lagi nyuci pastiin air sabun detergen ga kena kaki.
– Rendem kaki ke dalam air hangat minimal 1x seminggu biar sirkulasi darah ke kaki lancar.
– Setelah mandi, olesin sedikit pelembap ke tumit kaki biar tumit ga cepet kering.
– Sista bisa juga pakai sepatu yang dirancang khusus buat perawatan tumit kering, kalo misal ga puas sama metode perawatan alami ato pakai krim yang dijual di pasaran kayak yang dijelasin tadi.

Note:
*Kalo tumit yang pecah sampe infeksi ato sakit, lebih baik langsung rujuk ke dokter ya sis!

Gambar Hari Ini:

Partai Lama Partai Baru

Tumit Pecah-Pecah & Kering? Ikutin Deh Solusi Jitunya!

Tumit Pecah-Pecah & Kering? Ikutin Deh Solusi Jitunya!

Sumber: @kimdaoblog