Wah, Ternyata Deretan Makanan Sama Minuman Ini Bisa Ngerusak Kecantikan Kulit!

0 84

Wah, Ternyata Deretan Makanan Sama Minuman Ini Bisa Ngerusak Kecantikan Kulit!

Setiap wanita yang ngelakuin perawatan kulit tubuh sama wajah pada dasarnya punya satu tujuan, yakni pengen punya kulit tubuh sama wajah yang cantik, mulus, bersih, sehat dan kenceng. Perawatan kulit emang penting bhangat, tapi hal ini sia-sia aja kalo ga dibarengin sama pemilihan makanan dan minuman yang tepat.

Kita semua tau, kalo apa yang kita makan dan apa yang kita minum berperan penting bagi kesehatan kita. Sama halnya dengan kecantikan kulit, disaranin bhangat buat sering ngonsumsi makanan sama minuman yang punya nutrisi baik biar kulit bisa tetep keliatan cantik dan sehat.

Di sisi lain, diharepin para kaum wanita juga rajin-rajin ngejaga kecantikan kulitnya dengan cara ngehindarin ngonsumsi makanan sama minuman yang bisa ngerusak keindahan kulit tubuh dan wajah.

Tau ga sis, kalo makanan sama minuman yang masuk ke dalam tubuh kita itu bisa mengaruhin tampilan dari luar. Dan ternyata ga semua makanan itu baik buat kecantikan kulit kita. Ada beberapa makanan yang bisa ngelembapin, ngehalusin dan juga mencegah kulit dari kerusakan.

Tapi ada juga ternyata makanan yang bisa ngerusak kecantikan kulit. Meski efeknya ga terlalu signifikan, tapi dalam jangka panjang biasanya keliatan. Ngonsumsinya kalo bisa jangan terlalu banyak, dan jangan juga terlalu sedikit karena alesan diet. Karena diet juga bisa mengaruhin kondisi kulit kita.

Berikut beberapa deretan makanan sama minuman yang sebaiknya dihindarin para wanita supaya kulit tubuh dan wajahnya tetep kejaga kecantikannya.

Garam

Pernah ga sis pas bangun tidur mata keliatan sembap dan agak bengkak? Padahal sebelum tidur ga abis nangis. Biasanya hal ini kemungkinan terjadi karena pas siang ato malemnya sista terlalu banyak ngonsumsi garam. Kadar garam yang berlebih bisa nyebabin cairan menumpuk, dan akibatnya kulit di area mata yang tipis bhangat jadi bengkak. Selain itu, efek kelebihan garam ini dipengaruhin juga sama faktor usia.

Sea Food (Makanan Laut)

Makanan laut kayak kepiting, udang sama lobster kandungan iodinnya cukup tinggi. Kalo kita kelebihan iodin, nantinya jerawat bisa bermunculan. Tapi jangan khawatir, sista ga bakal serta merta jerawatan langsung setelah ngonsumsi sea food yang tinggi kadar iodinnya.

Timbulnya jerawat ini lebih disebabin sama iodin yang terakumulasi bertaun-taun. Jadi, kalo wajah sista cenderung gampang jerawatan, baiknya kurangin ngonsumsi sea food. Kalo emang doyan, usahain cukup 1-2 kali aja makannya dalam sebulan.

Susu

Beberapa produk susu olahan bisa bikin kulit bermasalah juga ternyata nih. Sebuah studi penelitian nyebutin, kalo terlalu banyak ngonsumsi susu krim, wajah bisa jerawatan. Dan biasanya gangguan jerawat akibat ngonsumsi susu ini dialamin sama orang yang menderita intoleransi laktosa. Bahkan ada beberapa orang yang alergi susu, kalo minum susu kulitnya suka gatel-gatel dan jadi kemerahan.

Makanan Dengan Kadar Glycemic Index Yang Tinggi

Roti putih, pasta, cake, sama sirop jagung merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat juga terutama bagi orang yang wajahnya berminyak. Makanan yang tinggi kadar glycemicnya bisa nyebabin gula darah naik. Dan studi di Australia juga ngebuktiin, kalo ngonsumsi glycemic index rendah bisa bantu ngurangin jerawat.

Gula

Makanan ato minuman manis emang bisa naikkin kadar gula dalam darah. Kondisi ini lama-lama bisa ngerusak jaringan kulit, salah satunya yaitu kolagen. Makanya, kalo kelebihan konsumsi gula, biasanya kulit suka lebih cepet keriputan.

Alkohol

Minuman beralkohol sifatnya diuretic, yaitu bisa memicu keluarnya urin lebih sering. Makin banyak minum, kita bakal makin dehidrasi. Alcohol juga nyerep kelembapan alami kulit, jadi bisa cepet muncul garis halus dan kerutan di kulit.

Lemak

Lemak bisa ditemuin juga didalem makanan kayak burger, kentang goreng, sama makanan cepet saji lainnya. Dampak yang ditimbulin sama makanan yang satu ini sama kayak gula, yaitu penuaan kulit. Cuma bedanya, lemak bakal bikin urat jadi kaku dan pembuluh darah jadi ngecilin.

Kopi

Meskipun katanya sering minum kopi itu bisa bikin mata tetep seger dan ga ngantuk. Tapi kopi itu efeknya ternyata ga bagus ke kulit. Kopi mengandung kafein yang bisa memicu tubuh ngalamin dehidrasi dan bisa ngerusak elastisitas kulit.

Permen

Makanan yang satu ini emang enak, tapi sista perlu tau, kadar gula di permen itu bisa nyebabin radang didalem tubuh dan bikin kulit jadi keliatan tua juga berkerut.

Pemanis Buatan

Kalo sering ngalamin sakit kepala ato nyeri sendi, bisa jadi itu tanda kalo sista kelebihan ngonsumsi pemanis buatan. Kandungan aspartame didalam pemanis buatan emang ga baik buat kinerja tubuh, karena bisa ngerusak jaringan epitel kulit.

Karbohidrat

Kelebihan ngonsumsi karbohidrat juga ga baik ternyata ke kulit. Karena nantinya kolagen bisa rusak dan munculin serat di kulit. Makanya, atur porsi nasi sama roti, jangan berlebihan.

Gorengan

Makanan berminyak ini emang paling gampang bhangat kita temuin dimana aja ya. Karena udah banyak bhangat stand-stand ato penjaja gorengan jualan bebas di jalanan ato pasar-pasar. Gorengan emang enak dan cepet juga penyajiannya. Tapi meskipun enak dan cukup ngenyangin perut, hati-hati loh!

Kadar minyak dari gorengan kan biasanya suka banyak tuh, kalo sampai masuk ke tubuh nanti kolagen di kulit kita bisa rusak.

Minuman Bersoda

Ngejaga kadar gula dalam darah biar tetep stabil itu penting buat kesehatan kulit. Gula didalam soda yang tinggi bisa nyebabin munculnya jerawat dan munculnya penuaan lebih cepet. Makanya, batesin asupan minuman bersoda, karena efeknya buruk bhangat ke kulit.

Daging Olahan

Jangan terlalu banyak makan daging olahan, kayak kornet, ham ato sosis. Daging olahan bisa memicu keriput lebih cepet, bahkan bahan kimia didalam daging olahan bisa nyebabin inflamasi.

Demikian sista. Have a nice day 🙂

Gambar Hari Ini:

Toko Elang

Toko Elang

Sumber: @kimdaoblog

Wah, Ternyata Deretan Makanan Sama Minuman Ini Bisa Ngerusak Kecantikan Kulit!