Yang Kakinya Sering Bau Tidak Sedap, Ayo Coba Tips Mengatasinya!

0 94

Yang Kakinya Sering Bau Tidak Sedap, Ayo Coba Tips Mengatasinya!

Bau kaki ga sedap adalah masalah paling umum yang sering dialamin sama orang-orang yang kebanyakan ngabisin waktu di luar rumah. Sama kayak bau badan, masalah bau kaki ini juga sering bikin si empunya ngerasa malu dan ga pede.

Bau kaki emang identic sama pemakaian sepatu. Mo musim hujan ato kemarau, masalah bau kaki ini tetep banyak nyerang orang-orang yang ngalaminnya. Kenapa? Karena di musim hujan, kaki jadi makin lembap dan bakteri ato jamur pun makin berkembang akibat sepatu yang kurang kering.

Sedangkan pas musim kemarau, kelenjar keringet biasanya makin banyak ngeproduksi keringet akibat tubuh ngalamin kegerahan.

Nah,, sista apa ada yang sering ngalamin bau kaki ga sedap? :p

Jangan salah lho sis, meski bau kaki ga sedap itu mungkin identiknya dialamin sama cowok. Tapi cewek juga nyatanya banyak juga yang sering ngalamin bau kaki ga sedap. Hehee… Makanya, ga usah minder sis kalo kaki sista suka bau. Mending cari tau yuk gimana cara ngatasinnya.

Well.. to the point aja.

Kira-kira apa aja sih penyebab bau kaki ga sedap?

Menurut informasi dari banyak sumber, bau kaki ga sedap itu umumnya disebabin sama 2 faktor, yakni hyperhidrosis dan bromhidrosis.

Hyperhidrosis adalah salah satu masalah kelebihan produksi keringet. Masalah kelebihan keringet yang dikeluarin sama kelenjar keringet di kaki ini juga bisa disebabin sama masalah sistem kerja tubuh yang ga seimbang, misalnya anemia, kelenjar gondok terlalu aktif, ato lembah jantung.

Sedangkan bromhidrosis adalah kelompok bakteri yang ngeproduksi aroma bau ga sedap yang biasanya ada di celah-celah kuku jari kaki.

Kalo bakteri sama masalah keringet ini bercampur, maka nantinya bisa muncuI Isovaleric acid, yakni salah satu jenis zat yang ngehasilin bau ga sedap dan bisa nimbulin infeksi jamur dan sel-sel kulit mati di kaki.

Gimana cara mencegah bau kaki?

Kebiasaan ngejaga kebersihan mulai dari hal sederhana biasanya bisa ngatasin masalah bau kaki. Dan berikut ini hal yang perlu diperhatiin guna mencegah munculnya bau ga sedap di kaki.

– Pakai sepatu yang ukurannya pas, jangan pakai sepatu tanpa kaos kaki.

– Pakai kaos kaki dari bahan katun supaya pori-pori kaki bisa nafas dengan baik.

– Jangan pakai kaos kaki yang sama selama beberapa hari, karena hal ini bisa nimbulin bau kurang sedap dan bikin penyebab bakteri bau kaki jadi lebih gampang berkembang.

– Jangan pakai sepatu dalam keadaan basah, sepatu dalam keadaan basah bisa bikin bakteri yang ada didalamnya ngalamin perkembangan, makanya kaki jadi bau.

– Jangan biarin kaki terlalu lama lembap di dalam sepatu. Tiap beberapa jam, buka sepatu, terus semprotin spray ato bedak anti bau khusus kaki.

– Rutin ngerawat kuku dan ngejaga kebersihan kaki.

Gimana cara ngilangin bau kaki secara alami?

Selain ngejaga kebersihan sepatu dan kaos kaki yang dipakai sehari-hari pas lagi beraktifitas di luar rumah. Bau kaki ga sedap di kaki ini juga harus diatasi dari akar penyebab baunya, yaitu gimana cara ngebunuh bakteri penyebab bau ga sedap di kaki. Tapi disaranin caranya yang alami aja yah, diantaranya:

– Rendem kaki ke dalam air hangat yang udah dicampur sama sabun anti bakteri (antiseptic). Sekarang ini kan udah banyak produk sabun antiseptic yang bisa dibeli di toko ato supermarket terdekat.

– Selain ngerendem kaki pakai air hangat yang udah dicampur sama sabun antiseptic, sista juga bisa ngerendem kaki didalam air hangat yang dicampur sama bahan-bahan alami kayak teh hijau, jeruk nipis ato bisa juga jeruk lemon. Bahan-bahan alami ini dipercaya bhangat ampuh bisa ngilangin bau kaki dan infeksi akibat jamur di kaki.

– Pakai air garam dan batu apung terus digosok-gosokkin ke kaki. Garam emang bisa ngontrol keringet berlebih. Air garam cukup digosokkin aja, dan nantinya infeksi jamur sama kulit mati di kaki bakal hilang.

– Cara terakhir yaitu dengan bubuk kopi murni yang ditaburin ke kaki. Lakuin tiap malem sebelum tidur dan pas pagi hari. Bubuk kopi ini emang terkenal ampuh bisa ngilangin bau, kayak bau bekas bangkai tikus sama bau-bau sedap lainnya.

Selain cara mencegah dan ngatasin bau kaki dari luar kayak yang udah disebutin diatas, sista juga bisa mencegah dan ngilangin bau kaki dengan rajin ngonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral. Contoh-contoh makanan yang banyak mengandung mineral penting (magnesium dan seng) yaitu, ikan salmon, yogurt, kacang hitam, beras merah, dan kacang almond.

Ada juga makanan yang harus dihindarin, yaitu makanan yang rasa dan aromanya kuat, misalnya bawang merah, bawang putih, daun bawang, sama paprika. Jenis makanan ini emang punya rasa dan aroma yang kuat bhangat, jadi bisa berkonsentrasi di dalam keringet dan bikin bau badan lama kelamaan bisa makin nyengat baunya.

Hehee kalo masih ga mempan juga dengan cara alami, berarti bau kaki sista udah kronis tuh! Mungkin sista bisa coba minta saran dokter cara efektif ngilanginnya gimana?

Gambar Hari Ini:

Interior Pesawat Saudi Arabia

Yang Kakinya Sering Bau Tidak Sedap, Ayo Coba Tips Mengatasinya!

Sumber: @kimdaoblog

Yang Kakinya Sering Bau Tidak Sedap, Ayo Coba Tips Mengatasinya!